Rumus Volume Tabung Dan Luas Permukaan Tabung


Rumus Volume Tabung Dan Luas Permukaan Tabung Pada kesempatan kali ini kita bahas lebih lanjut mengenai rumus volume dan luas permukaan tabung. Seperti yang diketahui, tabung atau silinder merupakan salah satu bidang ruang yang sangat sering dijumpai di sekitar kita. Bentuknya memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dari bangun ruang lainnya. Begitu juga dengan rumus volumenya.



Mengetahui rumus volume dan luas permukaan tabung ini adalah hal yang penting. Tidak sebatas untuk menyelesaikan soal matematika saja. Akan tetapi juga untuk memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan kita jika suatu saat nanti harus menghitung volume suatu benda berbentuk tabung. Baik, langsung saja kita awali dari apa itu tabung.

Pengertian Tabung

Dalam mata pelajaran matematika kita diperkenalkan dengan beberapa macam bangun ruang. Masing-masing bangun ruang ini mempunyai bentuk yang berbeda, sehingga untuk mencari luas, keliling, volumenya harus memakai rumus tertentu mengikuti karakteristik dari bangun ruang tersebut. Hal ini juga berlaku pada tabung.

Tabung merupakan salah satu bangun ruang yang sangat familiar di tengah masyarakat. Sebab ada banyak benda yang dibuat berbentuk tabung. Mulai dari kaleng, tangki, tabung oksigen, wadah, botol minuman, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui bahwa tabung adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua sisi yang kongruen dan sejajar dengan bentuk lingkaran dan sebuah sisi lengkung. Dua bidang berbentuk lingkaran tersebut menjadi sisi alas dan sisi atas. Sementara bidang lengkung merupakan sisi tegak atau juga sering disebut selimut tabung.

Baca juga: Rumus Volume Dan Luas Permukaan Bola

Unsur-unsur Tabung

Jika diperhatikan tabung terdiri dari beberapa unsur atau bagian. Dan hal inilah yang membuatnya tampak berbeda dari bangun ruang lainnya. Apa saja unsur dari tabung? Berikut penjelasan selengkapnya yang bisa Anda perhatikan:



  1. Sisi tabung. Sisi tabung merupakan bidang yang membentuk tabung. Sisi ini terdiri dari dua lingkaran dan sebuah selimut.
  2. Selimut tabung. Salah satu sisi dari tabung adalah selimut. Untuk diketahui, selimut tabung adalah bagian yang menutupi bentuk tabung. Jika dibentangkan, selimut ini mempunyai bentuk persegi panjang.
  3. Diameter. Selain selimut tabung juga mempunyai dua lingkaran yang terletak di bagian atas dan bawah atau alas. Jika salah satu lingkaran ini dipotong di tengah-tengah dengan ukuran yang sama, maka jarak potongan dari lingkaran tersebut merupakan diameter dari tabung.
  4. Jari-jari. Seperti yang diketahui, jari-jari adalah setengah dari diameter. Dengan kata lain setengah dari diameter tabung merupakan jari-jari tabung.

Sifat-sifat Tabung



Leave a Comment