Pidato Perpisahan Kelas 6 Yang Mengharukan


Pidato Perpisahan Yang Mengharukan – Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara yang pada umumnya dilakukan di depan umum. Pidato juga biasa disebut dengan orasi yang memiliki tujuan untuk menyampaikan suatu pendapat atau suatu hal.

Sebenarnya pidato dapat dilakukan oleh siapapun itu, tetapi biasanya pidato akan dibawakan oleh seseorang yang berperan penting untuk menyampaikan sebuah hal pada acara tertentu. Nah, contoh pidato yang akan kami sampaikan pada pembahasan kali hanya khusus untuk anak kelas 6 SD yang tidak lama lagi akan segera lulus.

Pidato Perpisahan Kelas 6

Acara perpisahan sendiri sudah menjadi acara rutin yang selalu diadakan dalam setiap tahunnya. Tidak hanya di tingkat Sekolah Dasar saja, acara perpisahan juga diadakan di tingkat sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Acara ini tentunya akan menjadi momen yang paling mengharukan bagi siswa siswi kelas 6, karena mereka akan segera berpisah dengan teman-teman dan juga guru yang mereka cintai di sekolah tersebut, yang sudah bersama selama 6 tahun lamanya baik itu dalam suka ataupun duka.

Pada acara perpisahan tersebut, siswa kelas 6 atau perwakilan yang sudah dipilih diharuskan untuk menyampaikan pidato perpisahan yang ditujukan kepada semua guru dan juga seluruh adik kelas sebagai ucapan rasa terimakasih.

Nah, bagi kalian yang sekarang ini sedang mendapat tugas untuk segera menyampaikan pidato perpisahan maka usahakan untuk membuat pidato tersebut menjadi sesuatu yang berkesan dan mengharukan.

Caranya cukup mudah dan kalian tidak perlu bingung lagi. Untuk bisa berpidato dengan baik maka kalian akan membutuhkan sebuah contoh teks pidato perpisahan sekolah yang bisa disimak pada artikel ini.

Baca juga: Kata Baku Dan Tidak Baku

Pengertian Teks Pidato

Pengertian Teks Pidato

Sebelum membahas lebih jauh, kami akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian teks pidato. Teks pidato merupakan sebuah bentuk komunikasi satu arah berupa pengungkapan sebuah gagasan atau pikiran mengenai beberapa hal kepada khalayak umum dan tidak mendapatkan respon secara langsung dari pendengarnya. Sementara itu, seseorang yang telah melakukan pidato disebut dengan orator.

Pidato yang baik sudah pasti akan memberikan kesan yang positif kepada orang-orang yang telah mendengarnya. Kemampuan melakukan pidato atau berbicara yang baik dan benar di khalayak umum bisa membantu kalian untuk mencapai jenjang karir yang lebih baik.

Karakteristik dari Pidato

Karakteristik dari Pidato

Secara umum, pidato mempunyai beberapa ciri khusus yang bisa digunakan untuk membedakannya dengan proses komunikasi yang lainnya. Adapun ciri-ciri dari pidato adalah sebagai berikut:

  • Setiap pidato yang disampaikan sudah pasti mempunyai tujuan yang jelas, yakni untuk menyampaikan suatu gagasan, ide, atau hal penting lainnya di khalayak umum.
  • Isi dari pidato yang disampaikan bisa disesuaikan sendiri dengan tema tertentu yang sedang atau akan berlangsung. Untuk menyampaikan isi dari pidato sudah pasti harus menggunakan bahasa yang lebih mudah untuk dipahami oleh para pendengarnya nanti.
  • Untuk cara dalam menyampaikan pidato bisa disesuaikan dengan audiens atau para pendengarnya.
  • Pidato yang ingin disampaikan harus benar-benar jelas, objektif, mengandung kebenaran, dan yang paling penting tidak akan menimbulkan pertentangan.

Tujuan Pidato

Tujuan Pidato

Setiap orang yang membawakan pidato sudah pasti mempunyai tujuan. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari pidato yang perlu diketahui:

  • Untuk memberikan pengaruh kepada orang lain supaya mau mengikuti apa yang telah disampaikan dengan suka rela.
  • Pidato dilakukan untuk memberikan suatu informasi atau pemahaman kepada para pendengar.
  • Untuk membuat para pendengar senang dengan pidato yang telah disampaikan. Dengan demikian pendengar akan lebih mudah untuk memahami apa yang telah disampaikan.

Isi Pokok Pidato Perpisahan

Isi Pokok Pidato Perpisahan

Setelah memahami pengertian, karakteristik, dan juga tujuan pidato, kami akan membahas isi pokok pidato perpisahan. Pada umumnya isi pokok dari sebuah pidato perpisahan kelas 6 akan memuat tentang:

  • Salam pembukaan
  • Ucapan rasa terimakasih kepada semua pihak terutama guru
  • Ucapan rasa bahagia
  • Tekat selanjutnya yang ingin dilakukan
  • Nasehat untuk adik kelas
  • Kata perpisahan

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Bagi kalian yang merupakan siswa kelas 6, kalian harus benar-benar untuk menata hati agar kuat menghadapi perpisahan ini. Kalian nantinya akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tingi untuk dapat mewujudkan semua cita-cita yang diimpikan selama ini.

Maka dari itu, sebelum perpisahan usahakan untuk membuat momen yang istimewa. Pidato perpisahan kelas 6 yang sedang kalian buat harus mengharukan dan menyentuh hati. Jangan sampai perpisahan yang datang sekali ini nantinya justru hanya akan menggoreskan kenangan yang memalukan seumur hidup. Berikut ini kami akan memberikan contoh pidato perpisahan yang menyentuh hati:

Assalamualaikum Warrahmattuloh Wabarakatuh

Yang kami hormati,

Bapak Kepala Sekolah Bapak H. Suroto SDN Ngasem Kediri

Para guru SDN Ngasem Kediri

Bapak/Ibu wali murid sekalian

Dan teman-temanku sekalian

Puji dan syukur mari kita ucapkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya bagi kita semua. Pada hari ini kita bisa berkumpul untuk merayakan suatu acara perpisahan yang sangat indah. Pertama-tama kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua guru yang selama ini telah mendidik, membimbing dan mengajari kami ilmu pengetahuan. Tanpa peran Bapak/Ibu guru kami bukanlah apa-apa.

Pada kesempatan ini kami memohon maaf yang sebesar-besarnya atas semua kesalahan yang telah kami lakukan baik yang disengaja ataupun tidak disengaja. Mungkin tingkah laku kami sering membuat Bapak/ibu guru kesal atau marah. Kami berharap Bapak/Ibu guru selalu memaafkan semua kesalahan kami selama 6 tahun ini.

Untuk adik-adik yang masih meneruskan pendidikan di SDN Ngasem, kami ingin berpesan kepada kalian semua untuk terus menuntut ilmu, rajin belajar, dan selalu hormat kepada Bapak/Ibu guru di sekolah ini. Patuhlah pada semua nasihat-nasihat baik mereka.

Dan terakhir, untuk Orang Tua yang selalu kami cintai, terima kasih telah mencintai kami, terima kasih karena bersedia untuk menyelohkan kami sampai lulus di SDN Ngasem Kediri dan terima kasih atas pendidikan terbaik yang sudah diberikan kepada kami.

Demikian saya akhiri pidato perpisahan ini, Wassalum’alaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat

Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat

Assalamualaikum Warrahmattuloh Wabarakatuh

Yang terhormat kepala sekolah dan Bapak/Ibu guru.

Yang terhormat para orang tua siswa dan tamu undangan, dan adik-adik kelas dan teman-teman sekalian

Puji syukur mari kita panjatkan atas kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena rahmatNya kita bisa berkumpul pada hari ini dalam rangka untuk melaksanakan acara perpisahan. Saya mewakili kelas 6 mengucapkan banyak rasa terima kasih kepada guru yang memberikan kesempatan terbaik kepada saya untuk berpidato.

Hadirin yang saya hormati, kami siswa kelas 6 merasa sangat lega karena kami sudah berhasil menempuh ujian dengan hasil yang cukup memuaskan.

Pada kesempatan terbaik ini kami ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu guru atas bimbingannya selama 6 tahun ini. Kami memohon doa restu supaya kami bisa diterima disekolah favorit.

Kepala sekolah dan Bapak/Ibu guru yang saya hormati, kami mohon maaf atas semua kesalahan yang telah kami lakukan selama belajar di SD. Kami akan selalu mengenang jasa Bapak/Ibu guru.

Untuk adik-adik kelas yang saya cintai, saya berpesan supaya belajar lebih giat lagi, selalu disiplin, sehingga nantinya bisa meraih cita-cita setinggi langit.

Demikian saya akhiri pidato ini. Wassalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



Loading...

Leave a Comment