Menentukan Nilai Limit X Mendekati 0


Menentukan Nilai Limit X Mendekati 0 – Pembahasan mengenai limit nol biasanya dapat diselesaikan dengan penyelesaian limit pada umumnya. Biasanya, limit dapat dihitung dengan cara substitusi. Cara ini dapat menghasilkan bentuk tentu atau tak tentu. Untuk itu, pada pembahasan limit nol angka x harus dapat mendekati nol agar dapat mendapatkan hasilnya.



Pada dasarnya, limit fungsi adalah perilaku dari suatu fungsi yang mendekati suatu nilai tertentu. Jika suatu fungsi memetakan hasil f(x) untuk setiap nilai x menjadikan fungsi tersebut memiliki limit dimana x mendekati suatu nilai untuk f(x).

Baca juga: Contoh Soal Limit Aljabar: Nilai Limit X

Baca juga: Materi Limit Fungsi Trigonometri

Rumus limit fungsi umumnya memiliki 8 jenis rumus yang dapat diterapkan dalam perhitungannya. Salah satu rumus yang dapat diterapkan adalah limit x mendekati nol. Untuk itu, kali ini kalian akan mempelajari mengenai cara penentuan nilai x mendekati 0. Berikut pembahasannya.

Limit X Mendekati 0

Cara yang paling sering digunakan untuk menentukan nilai limit x mendekati 0 adalah cara substitusi. Cara ini dapat diterapkan pada contoh soal berikut.



Substitusi di atas dapat dilihat dengan menganti x = 0 dan langsug dimasukkan pada soal tersebut. Kemudian, limit x = 0 dapat diketahui hasilnya yaitu -3.

Selain menggunakan substitusi, dapat menggunakan cara lain untuk menyelesaikan limit x yang mendekati 0 seperti berikut.

Baca juga: Mencari Nilai Maksimum Dan Minimum Fungsi Trigonometri



Baca juga: Rumus Dan Contoh Soal Faktorial

Lalu, ada beberapa soal yang menjadi penjabaran dari limit x = 0 yang dapat diterapkan berdasarkan rumus fungsi. Untuk itu, dalam penghitungannya harus menyelesaikan rumus fungsi terlebih dahulu seperti pada contoh soal berikut.

Berdasarkan soal tersebut diketahui f (x) = x2 + 3x dan perlu dijabarkan bentuknya terlebih dahulu dari f (x + h). pencarian fungsi f (x) ini dapat dilakukan dengan menambahkan h pada variabel x menjadi seperti berikut.



Fungsi f (x) di atas dapat kita bentuk menjadi pembilangnya menjadi f (x + h) – f (x) menjadi 2xh + h2 + 3h. Kemudian, masukkan rumus limit x mendekati 0 seperti berikut.

Baca juga: Rumus Integral Trigonometri dan Contoh Soal

Baca juga: Rumus Integral Tertentu dan Tak Tentu

Demikian pembahasan mengenai penghitungan limit x yang mendekati nol. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk senantiasa belajar terus, ya.



Leave a Comment