Materi Limit Fungsi Trigonometri


Limit Trigonometri – Bagi Anda yang sekarang ini duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) tentunya sudah mengenal teori limit trigonometri. Banyak sekali yang beranggapan bahwa limit fungsi trigonometri ini sebagai salah satu teori yang sangat sulit.



Teknik yang digunakan untuk mengerjakan soal limit fungsi trigonometri sudah pasti berbeda untuk setiap soalnya. Masing-masing tipe soal memiliki cara yang tertentu untuk mengerjakan. Namun meskipun berbeda teknik, Anda tidak perlu menguasai banyak teknik.

limit fungsi trigonometri

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa materi mengenai limit fungsi trigonometri ini penting sekali untuk dipelajari dan dipahami. Hal ini karean soal-soal pada bab ini biasa muncul pada soal-soal UAS, SBMPTN dan bahkan juga Ujian Mandiri Masuk Perguruan Tinggi lainnya.

Maka dari itu, disini kami akan mengulas secara lengkap mengenai limit fungsi trigonometri mulai dari pengertian, sejarah, cara menentukan limit fungsi, sampai dengan contoh soalnya. Dengan demikian kami harapkan bisa memudahkan Anda dalam mempelajari materi yang akan kami sampaikan kali ini. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Limit Fungsi Trigonometri

Limit fungsi trigonometri merupakan nilai terdekat sebuah sudut fungsi trigonometri. Untuk menghitung limit fungsi trigonometri bisa langsung Anda subsitusikan seperti halnya fungsi alajabar. Namun meski demikian ada pula fungsi trigonometri yang perlu diubah terlebih dahulu ke identitas trigonometri untuk limit yang tak tertentu yakni jika Anda langsung subsitusikan nilainya bernilai 0, atau bisa pula untuk limit yang tak tentu tidak harus menggunakan identitas namun menggunakan teorema limit trigonometri. Bahkan ada pula yang menggunakan identitas dan juga teorema.

Jadi, jika sebuah fungsi limit trigonometri di subtitusikan nilai yang paling mendekatinya menghasilkan  maka Anda harus menyelesaikannya dengan menggunakan cara lain. Berikut ini kami akan menjelaskan cara yang bisa digunakan untuk menentukan nilai limit suatu fungsi trigonometri:



  • Metode Numerik
  • Subtitusi
  • Pemfaktoran
  • Kali Sekawan
  • Menggunakan Turunan

Sedangkan untuk penulisannya bisa ditulis sebagai berikut ini: :lim f(x)x->c

Adapun cara untuk dapat membaca dari limit fungsi diatas adalah limit fungsi f(x) untuk x mendekati c.

Baca Juga: Rumus Identitas Trigonometri

limit fungsi trigonometri

Penemu Limit Fungsi Trigonometri

Karl Theodor Wilhelm Weierstrass merupakan seorang matematikawan dari yang berasal dari Prusia, dimana ia telah berhasil mengembangkan teori lengkap mengenai deret fungsi serta menyusun ligitimasi operasi-operasi yang demikian menjadi pengintegralan serta pendiferensialan suku demi suku.



Karena merupakan warga Prusia, Weierstrass pun belajar hukum di Universitas Bonn tetapi akhirnya ia gagal mendapatkan  gelar. Ia pun lulus ujian negara untuk menjadi seorang guru yang kemudian selama 15 tahun lamanya mengajar pelajaran seperti mengarang dan juga olahraga senam, sedangkan pada malam harinya ia biasanya mempelajari matematika.

Berasal dari sebuah kota yang kecil,  ia tetap berkarya mengenai matematika yang bisa dibandingkan dengan ilmuwan yang paling baik di Eropa.  Beberapa hasil yang telah berhasil diterbitkannya memberikannya kesempatan untuk mengajar di Universitas Teknik Berlin.

Dari sinilah pengaruhnya mengenai matematika mulai menyebar hingga ke seluruh dunia. Ia merupakan seorang pemikir metodis yang sangat cermat. Ia bersikeras pada ketepatan yang lengkap pada semua pelajaran matematika dan telah menetapkan pembakuan yang diakui dan juga ditiru sampai sekarang ini.



Leave a Comment