Jaring Jaring Kubus Lengkap Dengan Gambar


Jaring Jaring Kubus – Dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali menjumpai barang atau benda yang memiliki bentuk kubus, seperti misalnya dadu. Nah, berbicara tentang kubus, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai jaring-jaring kubus secara lengkap.



Namun sebelum itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian bangun ruang kubus. Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KKBI), kubus merupakan sebuah bangun ruang yang berbatas enam bidang segi empat (bentuknya seperti dadu).

Jaring-Jaring Kubus

Pengertian kubus menurut berbagai sumber referensi yang penulis dapatkan adalah sebuah bangun ruang yang telah terbentuk dari enam sisi yang memiliki bentuk persegi. Sedangkan pengertian lain dari kubus adalah salah satu bangun ruang yang dimana semua sisinya memiliki bentuk persegi dan untuk rusuknya memiliki ukuran yang sama panjang.

Dari beberapa pengertian yang kami sampaikan diatas maka bisa diambil kesimpulan bahwa kubus merupakan sebuah bangun ruang yang mempunyai enam sisi, dimana semua sisinya tersebut berbentuk persegi dan mempunyai 12 rusuk yang semua rusuknya memiliki ukuran sama panjang.

Pengertian Jaring-Jaring Kubus

Jaring-jaring kubus merupakan gabungan dari 6 buah persegi yang saling terhubung dan bisa disusun atau menjadi suatu bangun ruang kubus. Jaring-jaring kubus bisa didapatkan dengan cara membongkar sebuah bangun ruang kubus, yakni dengan mengikuti semua rusuknya. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda perhatikan gambar di bawah ini.

Pada gambar di bawah ini bagian alasnya kami berikan warna merah. Sementara untuk bagian atap bangun ruang kubus kami beri warna biru.



Pengertian Jaring-Jaring Kubus

Pemberian warna diatas memiliki tujuan utama untuk bisa memudahkan Anda mengimajinasikan pada saat membentuk jaring-jaring menjadi sebuah bangun ruang kubus. Namun meski demikian bukan berarti hanya yang kami berikan warna saja yang bisa menjadi alas ataupun atap. Bidang yang lainnya juga dapat digunakan untuk alas dan juga atap.

Baca Juga: Rumus Volume Bangun Ruang

Pola Jaring-Jaring Kubus

Rentangan sisi bujur sangkar dari bangun ruang kubus dapat menghasilkan sebanyak 11 variasi yang dikelompokkan kedalam 4 macam pola.

  • Jaring-jaring kubus pola 1-4-1

Pola 1-4-1 adalah pola jaring-jaring kubus yang terdiri atas rangkaian 4 bidang sisi bujur sangkar dalam sebuah baris pada bagian tengah yang selanjutnya diisi dengan 1 sisi bujur sangkar pada sisi kiri dan kanan. Pola ini akan membentuk sebanyak 6 jenis variasi jaring seperti gambar berikut ini!



Jaring-jaring kubus pola 1-4-1

  • Jaring-jaring kubus pola 2-3-1

Pola 2-3-2 adalah pola rentangan kubus yang terdiri atas rangkaian 3 bidang sisi bujur sangkar dalam sebuah baris di bagian tengah lalu diikuti dengan dua bujur sangkar di bagian atas dan satu di bagian bawah. Pola ini bisa terbentuk dalam 3 jenis variasi seperti gambar berikut ini!

Jaring-jaring kubus pola 2-3-1



Leave a Comment