Jaring Jaring Kubus Lengkap Dengan Gambar


Jaring Jaring Kubus – Dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali menjumpai barang atau benda yang memiliki bentuk kubus, seperti misalnya dadu. Nah, berbicara tentang kubus, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai jaring-jaring kubus secara lengkap.

Namun sebelum itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian bangun ruang kubus. Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KKBI), kubus merupakan sebuah bangun ruang yang berbatas enam bidang segi empat (bentuknya seperti dadu).

Jaring-Jaring Kubus

Pengertian kubus menurut berbagai sumber referensi yang penulis dapatkan adalah sebuah bangun ruang yang telah terbentuk dari enam sisi yang memiliki bentuk persegi. Sedangkan pengertian lain dari kubus adalah salah satu bangun ruang yang dimana semua sisinya memiliki bentuk persegi dan untuk rusuknya memiliki ukuran yang sama panjang.

Dari beberapa pengertian yang kami sampaikan diatas maka bisa diambil kesimpulan bahwa kubus merupakan sebuah bangun ruang yang mempunyai enam sisi, dimana semua sisinya tersebut berbentuk persegi dan mempunyai 12 rusuk yang semua rusuknya memiliki ukuran sama panjang.

Pengertian Jaring-Jaring Kubus

Jaring-jaring kubus merupakan gabungan dari 6 buah persegi yang saling terhubung dan bisa disusun atau menjadi suatu bangun ruang kubus. Jaring-jaring kubus bisa didapatkan dengan cara membongkar sebuah bangun ruang kubus, yakni dengan mengikuti semua rusuknya. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda perhatikan gambar di bawah ini.

Pada gambar di bawah ini bagian alasnya kami berikan warna merah. Sementara untuk bagian atap bangun ruang kubus kami beri warna biru.

Pengertian Jaring-Jaring Kubus

Pemberian warna diatas memiliki tujuan utama untuk bisa memudahkan Anda mengimajinasikan pada saat membentuk jaring-jaring menjadi sebuah bangun ruang kubus. Namun meski demikian bukan berarti hanya yang kami berikan warna saja yang bisa menjadi alas ataupun atap. Bidang yang lainnya juga dapat digunakan untuk alas dan juga atap.

Baca Juga: Rumus Volume Bangun Ruang

Pola Jaring-Jaring Kubus

Rentangan sisi bujur sangkar dari bangun ruang kubus dapat menghasilkan sebanyak 11 variasi yang dikelompokkan kedalam 4 macam pola.

  • Jaring-jaring kubus pola 1-4-1

Pola 1-4-1 adalah pola jaring-jaring kubus yang terdiri atas rangkaian 4 bidang sisi bujur sangkar dalam sebuah baris pada bagian tengah yang selanjutnya diisi dengan 1 sisi bujur sangkar pada sisi kiri dan kanan. Pola ini akan membentuk sebanyak 6 jenis variasi jaring seperti gambar berikut ini!

Jaring-jaring kubus pola 1-4-1

  • Jaring-jaring kubus pola 2-3-1

Pola 2-3-2 adalah pola rentangan kubus yang terdiri atas rangkaian 3 bidang sisi bujur sangkar dalam sebuah baris di bagian tengah lalu diikuti dengan dua bujur sangkar di bagian atas dan satu di bagian bawah. Pola ini bisa terbentuk dalam 3 jenis variasi seperti gambar berikut ini!

Jaring-jaring kubus pola 2-3-1

  • Jaring-jaring kubus pola 2-2-2

Pola 2-2-2 adalah bentuk pola rentangan kubus yang terdiri dari rangkaian dua bidang sisi dalam sebuah baris yang berada di bagian tengah kemudian diikuti oleh dua bidang sisi yang memiliki bentuk bujur sangkar di bagian atas dan juga dua buah lagi di bagian bawah.

Jaring-jaring kubus pola 2-2-2

  • Jaring-jaring kubus pola 3-3

Pola 3-3 adalah pola rentangan kubus yang terdiri atas 3 buah bidang sisi bujur sangkar dalam sebuah barisan yang diikuti oleh tiga buah bujur sangkar di bagian atas.

Jaring-jaring kubus pola 3-3

Cara Membuat Jaring-Jaring Kubus

Cara Membuat Jaring-Jaring Kubus

Selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat jaring-jaring kubus. Adapun tahapan cara membuat jaring-jaring kubus adalah sebagai berikut:

  • Pertama siapkan beberapa alat yang diperlukan seperti pensil, penggaris, dan juga gunting.
  • Jika sudah silahkan Anda gambar jaring-jaring kubus sesuai dengan gambar diatas pada kardus atau bisa juga kertas karton.
  • Setelah gambar sudah jadi sekarang Anda tinggal menggunting gambar jari-jaringnya.
  • Jika sudah digunting, sekarang bagian yang memiliki garis harus ditekuk.
  • Setelah Anda tekuk maka sekarang tinggal Anda hubungkan saja masing-masing tekukannya. Dengan demikian akan terbentuk bangun ruang kubus.
  • Jaring-jaring kubus yang sudah terjadi maka akan terlihat seperti gambar diatas.

Unsur-Unsur Bangun Ruang Kubus

Sebelumnya kami sudah menjelaskan mengenai pengertian bangun ruang kubus, yang disimpulkan bahwa kubus merupakan salah satu bangun ruang yang mempunyai 6 sisi dengan bentuk persegi dan mempunyai 12 buah rusuk yang ukuran panjangnya sama.

Selanjutnya untuk memudahkan Anda dalam mempelajari bangun ruang kubus ini, kami akan menjelaskan secara detail mengenai unsur-unsur dari bangun ruang kubus. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai unsur-unsur kubus.

Unsur-Unsur Kubus Dan Penjelasannya

  • Sisi atau Bidang

Sisi kubus merupakan sebuah bidang yang telah membatasi kubus. Silahkan Anda perhatikan gambar bangun ruang kubus ABCD.EFGH secara seksama, dari gambar tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa kubus merupakan sebuah bangun ruang yang mempunyai 6 sisi yang dimana semua sisinya memiliki bentuk persegi.

Baca Juga:  Jaring Jaring Balok

Adapun sisi dari bangun ruang kubus diatas adalah sebagai berikut:

Sisi-sisi dari kubus tersebut adalah

  1. Sisi bawah (ABCD)
  2. Sisi atas (EFGH)
  3. Sisi depan (ABFE)
  4. Sisi belakang (DCGH)
  5. Sisi samping kiri (BCGF)
  6. Sisi samping kanan (ADHE)
  • Rusuk

Rusuk kubus merupakan garis potong antara dua sisi bidang kubus dan nampak seperti sebuah kerangka yang menyusun bangun kubus. Perhatikan gambar kubus diatas yang dimana bangun ruang kubus ABCD.EFGH mempunyai 12 rusuk, yakni AB, BC, CD, DA, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, dan HE.

  • Titik sudut

Titik sudut merupakan titik potong antara dua atau tiga buah rusuk. Masih pada gambar kubus yang sama, yakni kubus ABCD.EFGH terlihat jelas bahwa bangun ruang kubus tersebut mempunyai sebanyak 8 buah sudut, yaitu A, B, C, D, E, F, G, dan H.

  • Diagonal bidang atau diagonal sisi

Perhatikan lagi gambar bangun ruang kubus ABCD.EFGH diatas, jika Anda ingin menarik garis pada setiap sudut yang saling berhadapan pada masing-masing sisi atau bidang maka Anda bisa menemukan garis yang membentuk bangun segitiga sama kaki, garis diatas biasa disebut dengan diagonal bidang atau diagonal sisi. Pada bangun ruang kubus ABCD.EFGH mempunyai sebanyak 12 diagonal bidang atau diagonal sisi, yakni  AF, BE, BG, FC, CH, DG, AH, DE, BD, AC, EG dan HG.

  • Diagonal ruang

Diagonal ruang merupakan suatu garis yang menjadi pengubung antara dua titik sudut yang saling berhadapan dalam sebuah ruang. Pada bangun ruang kubus ABCD.EFGH diatas ada 4 diagonal ruang, yakni garis BH, DF, AG dan juga EC.

  • Bidang diagonal

Bidang diagonal merupakan suatu bidang yang telah dibentuk dari dua garis diagonal bidang dan juga dua buah rusuk kubus yang saling sejajar. Pada bangun ruang kubus ABCD.EFGH diatas mempunyai sebanyak 4 buah bidang diagonal, yakni bidang diagonal ACGE, DBFH, ABGH, dan juga EFCD.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jaring-jaring kubus yang sudah kami ulas secara lengkap beserta pengertian, cara membuat, dan juga unsur-unsurnya. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada pembahasan kali ini bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih sudah berkunjung.



Loading...

Leave a Comment