Jaring Jaring Balok Lengkap Dengan Gambar


Jaring Jaring Balok – Balok merupakan salah satu bentuk dari sebuah benda yang biasa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak sekali bentuk balok dalam kehidupan nyata, seperti misalnya kardus, lemari, dan kulkas yang mempunyai bentuk kotak panjang.

Seperti halnya dengan kubus, bangun ruang balok ini juga terdiri dari beberapa ruang yang kemudian disatukan menjadi suatu bentuk atau yang sering disebut sebagai jaring-jaring.

Jaring Jaring Balok

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai jari-jaring balok lengkap beserta gambarnya yang tentunya akan memudahkan Anda dalam mempelajarinya. Namun sebelum itu mari simak terlebih dahulu mengenai pengertian bangun ruang balok dibawah ini.

Lebih Mengenal Apa Itu Balok

Balok adalah sebuah bangun ruang yang merupakan gabungan antara beberapa persegi dan persegi panjang. Jika dibandingkan dengan jaring-jaring kubus, bangun ruang balok memiliki jaring-jaring yang lebih bervariasi. Hal tersebut dikarenakan bangun ruang balok memiliki sisi-sisi yang terdiri dari bangun datar persegi panjang.

Sama halnya dengan jaring-jaring kubus, jaring-jaring balok bisa diperoleh dengan cara membuka bangun ruang balok sampai didapat seluruh bagian permukaan balok.

Ciri-Ciri Balok

Balok memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan bangun ruang yang lainnya. Adapun ciri-ciri bangun ruang balok adalah sebagai berikut:

  • Bangun ruang balok memiliki sebanyak 12 rusuk
  • Mempunyai sebanyak 8 titik sudut
  • Bangun ruang balok mempunyai 6 buah sisi
  • Sudut bangun ruang balok mempunyai bentuk siku-siku
  • Mempunyai 12 diagonal dan juga 4 diagonal dalam bentuk bangun ruang

Baca Juga: Rumus Bangun Ruang

Sifat-Sifat Balok dan Bagian Balok

Selain memiliki beberapa ciri-ciri tertentu, bangun ruang balok juga memiliki sifat-sifat umum.  Sifat-sifat bangun ruang balok ini tidak jauh berbeda dengan bangun ruang kubus jika diamati secara seksama. Adapun sifat-sifat yang dimiliki oleh bangun ruang balok adalah sebagai berikut:

  • Bangun ruang balok tersusun dari 3 pasang sisi yang sama (jumlah total sebanyak 6 sisi)
  • Masing-masing sisi memiliki bentuk segiempat yakni persegi atau persegi panjang.
  • Bangun ruang balok paling tidak harus memiliki satu pasang sisi dengan bentuk yang berbeda.
  • Bangun ruang balok memiliki sebanyak 12 rusuk.
  • Rusuk-rusuk yang saling sejajar memiliki ukuran yang sama.
  • Bangun ruang balok memiliki 4 diagonal bidang.
  • Diagonal bidang yang saling sejajar memiliki ukuran yang juga sama.
  • Memiliki 4 diagonal ruang dengan ukuran yang hampir sama semua.
  • Masing-masing bidang diagonal memiliki bentuk persegi panjang.

Pengertian Jaring-Jaring Balok

Contoh Jaring Jaring Balok Dan Cara Membuatnya

Jaring-jaring balok adalah suatu sisi-sisi bangun balok yang direntangkan sesudah dipotong dengan cara mengikuti semua rusuknya. Seperti misalnya 6 buah persegi panjang yang terdiri atas 3 pasang persegi panjang yang kongruen jika disusun maka belum tentu akan membentuk jaring-jaring balok.

Untuk karakteristik yang dimiliki oleh jaring-jaring balok sebenarnya dapat dilihat jika bentuknya Anda lipat dan akan membentuk sebuah bangun ruang balok. Anda pun bisa mengetahui bentuk dari jaring-jaring balok yakni dengan cara memotong model balok pada bagian rusuk yang tertentu. Dengan demikian maka bisa menghasilkan suatu jaringan balok.

Sementara untuk masalah pemotongannya juga sama, jika misalnya dimulai dari bagian sisi yang berbeda maka dipastikan akan menghasilkan suatu bentuk yang juga berbeda. Jaring-jaring balok memang tidak berbeda jauh dengan jaring-jaring kubus. Perbedaannya hanya ada pada bagian bentuk sisi dari keduanya.

Pada jaring-jaring kubus umumnya membentuk sisi hanya berupa bangun persegi saja. Sementara itu, pada sisi jaring-jaring balok memiliki banyak sekali bentuk persegi dan juga persegi panjang.

Variasi Gambar Jaring-Jaring Balok

Berikut ini adalah gambar variasi dari bentuk jaring-jaring balok yang bisa Anda gunakan untuk membentuk suatu bangun ruang balok.

Variasi Gambar Jaring-Jaring Balok

Variasi Gambar Jaring-Jaring Balok

Variasi Gambar Jaring-Jaring Balok

Variasi Gambar Jaring-Jaring Balok

Variasi Gambar Jaring-Jaring Balok

Cara Membuat Jaring-Jaring Balok

  • Pertama Anda harus mencetak sebuah pola gambar yang memiliki ukuran lebih besar.
  • Selanjutnya Anda bisa menggunting kertas karton tersebut dengan mengikuti ruas garis yang nampak.
  • Anda bisa melipat setiap jaring balok tersebut berdasarkan ruas garis hingga membentuk sebuah bangun ruang balok yang hampir sempurna.
  • Bangun ruang balok tersebut merupakan hasil dari melipat serta mengelem lidang jaring-jaringnya, dan dengan persegi panjang bawah untuk menjadi sisi depannya.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan memberikan contoh gambar yang merupakan hasil dari percobaan diatas:

Cara Membuat Jaring-jaring Balok

Elemen Balok

  • Panjang : rusuk panjang dari bagian alas sebuah balok.
  • Lebar : rusuk yang memiliki ukuran paling pendek dari sisi alas balok.
  • Tinggi : rusuk tegak lurus pada panjang dan juga lebar balok.

Baca Juga: Jaring Jaring Kubus

Rumus untuk Menghitung Luas Jaring Jaring Balok

Mengukur luas dari jaring-jaring balok bisa dibilang sama seperti mengukur luas permukaan atau bidang sisi yang terdapat pada balok. Hal ini karena jika sisi-sisi pada bagian permukaan balok kita gambarkan secara mendatar maka akan nampak bentuk yang juga sama.

  • Rumus Luas Balok

Misalnya saja p adalah panjang dari bangun ruang balok, adalah lebar baloknya, dan untuk t merupakan tinggi balok seperti yang dilihat pada gambar diatas, dan untuk perhitungan luas permukaan bagian baloknya bisa Anda bayangkan lebih dahulu dengan membuka selimut balok menjadi suatu jaring-jaring balok.

Untuk memudahkan Anda dalam membayangkannya, misalnya saja Anda memiliki sebuah bangun ruang balok dengan panjang 7 satuan, lebar 4 satuan dan untuk tingginya 2 satuan. Maka bisa digambarkan bentuk dari jaring-jaring bangun ruang balok tersebut adalah seperti gambar dibawah ini:

Rumus Luas Balok

Dari gambar diatas bisa dilihat dengan jelas bahwa masing-masing sisi mempunyai pasangan (ada 2 buah sisi yang sama, 2 sisi dengan warna biru, 2 sisi yang berwarna dan untuk 2 sisi lainnya berwarna hijau). Nah sekarang kita dapat menghitung luas balok tersebut dengan menggunakan cara sebagai berikut:

Luas balok = 2 x ( p x l ) + 2 x ( p x t ) + 2 x ( l x t )

Sementara itu,  cara menghitung luas permukaan balok yang disimbolkan dengan L bisa dilakukan dengan menggunakan rumus sebagai berikut ini:

Rumus Luas Balok

Contoh Soal Menghitung Luas Jaring-jaring Balok

Soal

Contoh Soal Menghitung Luas Jaring-jaring Balok

  • Volume Balok

Proses penurunan rumus balok mempunyai cara yang tidak jauh berbeda seperti kubus. Adapun caranya adalah dengan menentukan satu balok satuan yang dijadikan sebagai acuan untuk balok lainnya. Untuk proses ini akan digambarkan pada gambar 8.18.

Volume Balok

Gambar 8.18 telah menunjukkan pembentukan berbagai balok dari balok satuan. Gambar 8.18(a) merupakan balok satuan. Untuk dapat membuat bangun ruang balok seperti pada gambar 8.18(b) maka dibutuhkan 2 x 1 x 2 = 4 balok satuan. Sementara untuk membuat balok seperti pada gambar 8.18 (c) maka dibutuhkan 2 x 2 x 3 = 12 balok. Hal tersebut menunjukkan bahwa volume sebuah balok bisa didapatkan dengan cara mengalikan ukuran panjang, lebar dan juga tinggi balok itu sendiri.

Volume Balok

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai jaring-jaring balok lengkap beserta gambar. Semoga apa yang telah kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semua atau setidaknya dapat menambah sedikit wawasan Anda semua mengenai bangun ruang balok. Semoga bermanfaat.



Loading...

Leave a Comment