Cara Membuat Pecahan Di Word


Cara Menulis Pecahan Di Word – Microsoft Word umumnya digunakan untuk mengetik tulisan, baik surat, cerita pendek, resume, karya tulis, naskah dan lain sebagainya. Karena Microsoft Word memang diciptakan untuk itu. Software ini tergolong mudah untuk dioperasikan bagi pemula sekalipun.



Akan tetapi yang menjadi tantangan adalah ketika kita harus mengetikkan angka dalam berbagai bentuk. Misalnya pecahan, akar, pangkat, maupun dalam rumus-rumus matematika. Mungkin tidak semua paham bagaimana cara melakukannya.

Sebenarnya tidak sulit untuk mengetikkan angka pecahan di Word. Kita bisa memanfaatkan Equation yang sudah disertakan oleh Microsoft pada software populernya itu.

Selain Equation kita juga bisa memanfaatkan cara-cara lain. Seperti menggunakan shortcut dari keyboard, hingga mengkopi langsung dari web. Berikut kami jelaskan satu per satu supaya Anda bisa dengan mudah mempelajarinya.

Baca juga: Cara Menulis Rumus Di Word

Membuat Pecahan di Word dengan Equation

Equation tersedia dalam banyak versi Microsoft Word. Mulai dari Word 2007, 2010, 2013, hingga yang lebih baru lagi. Equation adalah fasilitas pada Microsoft Word yang berguna untuk memasukkan rumus dan simbol yang tidak ada pada keyboard. Sehingga pengguna bisa membuat berbagai rumus dengan mudah dan cepat.

Jika ingin membuat pecahan di Microsoft Word, silakan ikuti panduan berikut:



  • Buka aplikasi Microsoft Word yang terinstal pada perangkat Anda.
  • Setelah Microsoft Word terbuka, klik tab atau ribbon Insert lalu klik menu Symbols, dan klik Equation. Anda juga bisa menggunakan shortcut dengan menekan tombol Alt + = pada keyboard. Maka menu Equation akan muncul secara otomatis.

  • Jika Anda menekan tombol dropdown Equation, maka Anda akan menjumpai beberapa rumus built-in yang bisa Anda gunakan. Untuk memasukkan rumus sendiri silakan klik Insert New Equation yang bisa Anda jumpai di sisi bawah.

  • Lalu pada tab Design silakan pilih Fraction. Pada menu ini kita bisa melihat ada beberapa macam pecahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Silakan pilih salah satu.

  • Pada lembar dokumen pecahan atau fraction yang kita pilih akan muncul. Langkah selanjutnya adalah memasukkan angka atau huruf di bagian pembilang dan penyebut. Caranya klik kotak di atas atau di bawah garis pembagi, lalu ketikkan angka atau huruf yang ingin dimasukkan.



  • Anda bisa mengatur posisi bilangan pecahan ini. Apakah di sisi kiri, tengah atau kanan. Selain itu Anda juga bisa mengatur ukuran, jenis, hingga warna font seperti huruf atau angka lain yang diketikkan pada Microsoft Word.
  • Baik secara manual ataupun dengan menggunakan shortcut, pada akhirnya hasilnya akan sama. Tinggal sesuaikan dengan diri Anda sendiri, lebih suka opsi manual atau dengan shortcut keyboard.

Membuat Pecahan dengan Shortcut

Cara pertama untuk membuat pecahan di word Anda bisa memanfaatkan fitur shortcut equation. Adapun caranya misalkan Anda mau membuat bilangan pecahan 1/6, 1/4, 1/2, maka :

  • Buka lembar kerja di Ms. Word
  • Tekan tombol ALT+(+) pada keyboard



Leave a Comment