Cara Membuat Pecahan Di Word


Cara Menulis Pecahan Di Word – Microsoft Word umumnya digunakan untuk mengetik tulisan, baik surat, cerita pendek, resume, karya tulis, naskah dan lain sebagainya. Karena Microsoft Word memang diciptakan untuk itu. Software ini tergolong mudah untuk dioperasikan bagi pemula sekalipun.

Akan tetapi yang menjadi tantangan adalah ketika kita harus mengetikkan angka dalam berbagai bentuk. Misalnya pecahan, akar, pangkat, maupun dalam rumus-rumus matematika. Mungkin tidak semua paham bagaimana cara melakukannya.



Sebenarnya tidak sulit untuk mengetikkan angka pecahan di Word. Kita bisa memanfaatkan Equation yang sudah disertakan oleh Microsoft pada software populernya itu.

Selain Equation kita juga bisa memanfaatkan cara-cara lain. Seperti menggunakan shortcut dari keyboard, hingga mengkopi langsung dari web. Berikut kami jelaskan satu per satu supaya Anda bisa dengan mudah mempelajarinya.

Baca juga: Cara Menulis Rumus Di Word

Membuat Pecahan di Word dengan Equation

Equation tersedia dalam banyak versi Microsoft Word. Mulai dari Word 2007, 2010, 2013, hingga yang lebih baru lagi. Equation adalah fasilitas pada Microsoft Word yang berguna untuk memasukkan rumus dan simbol yang tidak ada pada keyboard. Sehingga pengguna bisa membuat berbagai rumus dengan mudah dan cepat.

Jika ingin membuat pecahan di Microsoft Word, silakan ikuti panduan berikut:



  • Buka aplikasi Microsoft Word yang terinstal pada perangkat Anda.
  • Setelah Microsoft Word terbuka, klik tab atau ribbon Insert lalu klik menu Symbols, dan klik Equation. Anda juga bisa menggunakan shortcut dengan menekan tombol Alt + = pada keyboard. Maka menu Equation akan muncul secara otomatis.

  • Jika Anda menekan tombol dropdown Equation, maka Anda akan menjumpai beberapa rumus built-in yang bisa Anda gunakan. Untuk memasukkan rumus sendiri silakan klik Insert New Equation yang bisa Anda jumpai di sisi bawah.

  • Lalu pada tab Design silakan pilih Fraction. Pada menu ini kita bisa melihat ada beberapa macam pecahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Silakan pilih salah satu.

  • Pada lembar dokumen pecahan atau fraction yang kita pilih akan muncul. Langkah selanjutnya adalah memasukkan angka atau huruf di bagian pembilang dan penyebut. Caranya klik kotak di atas atau di bawah garis pembagi, lalu ketikkan angka atau huruf yang ingin dimasukkan.



  • Anda bisa mengatur posisi bilangan pecahan ini. Apakah di sisi kiri, tengah atau kanan. Selain itu Anda juga bisa mengatur ukuran, jenis, hingga warna font seperti huruf atau angka lain yang diketikkan pada Microsoft Word.
  • Baik secara manual ataupun dengan menggunakan shortcut, pada akhirnya hasilnya akan sama. Tinggal sesuaikan dengan diri Anda sendiri, lebih suka opsi manual atau dengan shortcut keyboard.

Membuat Pecahan dengan Shortcut

Cara pertama untuk membuat pecahan di word Anda bisa memanfaatkan fitur shortcut equation. Adapun caranya misalkan Anda mau membuat bilangan pecahan 1/6, 1/4, 1/2, maka :

  • Buka lembar kerja di Ms. Word
  • Tekan tombol ALT+(+) pada keyboard

Jadi dengan menekan tombol ALT dan dibarengi dengan tombol +, maka Anda akan secara otomatis di arahkan ke menu Equation.

  • Pilih Fraction > Stacked Fraction

Disini ada berbagai macam permodelan bilangan pecahan sesuai yang diinginkan. Pilih salah satu dan klik di bagian tersebut.



  • Isi Fraction dengan angka

Setelah dipilih faction pada langkah sebelumnya, nanti akan masuk ke lembar kerja dan Anda diminta untuk memasukkan angka yang di inginkan, baik angka untuk pembilang maupun angka penyebutnya.

Untuk mengisinya anda perlu meng-klik bagian atas dan bawah dengan menggunakan mouse.

Membuat Pecahan dengan Kombinasi Tombol Keyboard

Ada cara yang lebih cepat jika Anda ingin memasukkan pecahan di Microsoft Word. Yakni dengan kombinasi tombol Alt dan angka. Hanya saja ada kekurangan dari cara ini. Pecahan yang bisa dihasilkan dengan cara ini sangat terbatas. Antara lain ¾, ¼,  dan ½. Berikut cara yang bisa Anda coba:

  • ½ : tahan tombol Alt, lalu ketik angka 0189.
  • ¾ : tahan tombol Alt, dan ketik angka 0190.
  • ¼ : tahan tombol Alt lalu ketik angka 0188.

Di samping cara di atas Anda juga bisa langsung menuliskan pecahan yang diinginkan. Contohnya saat mengetikkan 1/2 maka akan otomatis berubah menjadi ½. Hanya saja pada cara ini pecahan yang bisa dihasilkan juga terbatas.

Membuat Pecahan dengan Superscript dan Subscript

Microsoft Word mempunyai banyak sekali fitur yang berhubungan dengan pengetikan huruf dan angka. Salah satunya adalah pengaturan superscript dan subscript. Anda mungkin belum terlalu familiar dengan keduanya. Sebagai gambaran, superscript merupakan teks atas garis. Sedangkan subscript adalah teks yang terletak di bawah garis.

Kita bisa memanfaatkannya untuk membuat sebuah pecahan. Bagaimana cara melakukannya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama-tama silakan ketikkan pembilang yang ingin dijadikan pecahan.
  • Lalu sorot angka tersebut. Klik kanan dan pilih menu Font. Pada jendela Font silakan centang opsi Superscript. Jika sudah klik tombol OK.

  • Tekan tombol Ctrl dan spasi pada keyboard untuk menghapus format.
  • Kemudian tahap selanjutnya ketikkan tanda garis miring (/).
  • Masukkan angka pembagi dan sorot atau blok angka tersebut. Klik kanan pada mouse dan pilih menu Font. Kemudian pada kotak dialog Font pilih opsi Subscript. Akhiri dengan menekan tombol OK. Maka hasilnya akan seperti berikut.

  • Untuk melanjutkan pengetikan Anda bisa kembali menekan tombol Ctrl + space atau spasi pada keyboard. Agar lebih cepat Anda bisa mengklik tab Home dan klik menu superscript dan subscript di kolom Font yang dilambangkan dengan huruf X dan angka 2 yang ada di sisi bawah dan atas.

Baca juga: Cara Menghitung Pecahan Campuran

Membuat Pecahan dengan Copy-Paste

Kita juga bisa membuat pecahan dengan cara menyalin dan menempel pecahan dari dokumen lain. Baik dokumen yang Anda miliki maupun dokumen yang ada di internet. Atau juga bisa menyalin dari artikel yang ada di blog atau situs lain. Kita bahas caranya satu per satu.

Dari Dokumen Lain

  • Jika Anda memiliki dokumen yang mengandung pecahan yang diinginkan, maka tinggal sorot atau blok pecahan tersebut dengan kursor.
  • Klik kanan pada pecahan tersebut dan klik opsi Copy.
  • Tahap selanjutnya kembali ke dokumen Anda sebelumnya. Letakkan kursor pada tempat yang diinginkan, lalu klik kanan dan klik Paste.

  • Pada Microsoft Word versi terbaru ada tiga format paste yang bisa dipilih. Antara lain Keep Source Formatting, Merge Formatting, dan Keep Text Only. Untuk opsi Keep Source Formatting akan membuat teks pecahan yang kita tempel akan sama persis dengan sumbernya. Sedangkan opsi Merge Formatting dan Keep Text Only akan membuat font teks pecahan disesuaikan dengan dokumen di mana Anda menempelkannya.
  • Anda bisa menyesuaikan font pecahan yang di copy-paste tadi. Seperti mengganti jenis font, ukuran, hingga warnanya.

Dari Internet

  • Cara yang dilakukan relatif sama. Hanya awalnya saja yang berbeda. Jika Anda ingin mencari pecahan di internet maka Anda perlu membuka web browser terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, Microsoft Edge dan browser lainnya.
  • Buka situs mesin pencari yang biasa Anda gunakan. Sebagai contoh kita buka google.co.id. Atau Anda bisa langsung mengetikkan pecahan yang ingin dicari pada kolom isian saat kita membuka web browser pertama kali. Contohnya kita cari pecahan ½.
  • Setelah itu tekan tombol Enter untuk mulai mencari di internet.
  • Silakan cari pecahan yang diinginkan. Jika sudah blok pecahan tersebut, klik kanan dan pilih Copy.
  • Tahap selanjutnya buka dokumen Anda. Kemudian klik kanan dan klik Paste.

Pada Microsoft Word kita juga bisa menambahkan kode tertentu untuk mengubah pecahan biasa menjadi simbol. Sehingga Anda bisa memilih format untuk semua pecahan saat mengetik. Silakan klik tab File lalu klik Options.



Leave a Comment