Cara Membuat Peta Konsep Menarik Di Word


Membuat Peta Konsep Di Word – Anda pernah mendengar istilah peta konsep? Peta konsep adalah sebuah bagan skematis atau ilustrasi grafis yang digunakan untuk mewakili hubungan yang bermakna antara satu konsep dengan konsep lainnya. Dengan begitu bagan ini menjelaskan suatu pengertian konseptual seseorang dalam suatu rangkaian pernyataan.

Atau juga bisa diartikan bahwa peta konsep merupakan sebuah cara yang dimanfaatkan untuk menyajikan informasi dalam bentuk konsep-konsep yang saling terhubung dalam suatu rangkaian. Peta konsep ini dikembangkan oleh Novak dan tim di tahun 1972.

peta konsep

Peta konsep memakai pengingat visual sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yang berhubungan untuk belajar, mengorganisasikan dan juga merencanakan. Peta konsep ini bisa membangkitkan ide-ide orisinal dan memicu ingatan dengan lebih mudah dibandingkan pencatatan secara tradisional. Peta konsep biasanya digunakan sebagai metode utama pada bidang-bidang tertentu, seperti bidang pendidikan, bisnis dan bidang lain sejenis.

Lalu bagaimana cara membuat peta konsep ini?

Untuk membuat peta konsep atau mind mapping kita bisa menggunakan software Microsoft Word yang biasanya sudah terinstal pada PC. Berikut langkah-langkah membuat peta konsep yang bisa Anda praktikkan.

Baca juga: Cara Membuat Struktur Organisasi

Membuat Peta Konsep di Word dengan SmartArt

Seperti yang sudah disinggung di atas, peta konsep adalah gabungan dari beberapa ide yang biasanya dibuat dari grafis hirarki sehingga dapat membantu proses pemahaman. Untuk membuat peta konsep di Word kita bisa memanfaatkan SmartArt pada software tersebut. Lalu menambahkan sub topik yang saling terhubung secara spesifik.

Berikut tahap-tahap membuat peta konsep di Microsoft Word:

  • Buka software Microsoft Word yang ada pada PC atau laptop Anda.
  • Klik tab Insert dan klik menu SmartArt yang ada di kolom Illustrations.

  • Anda akan dihadapkan pada jendela SmartArt Graphic. Silakan pilih bentuk grafis Hierarchy. Selanjutnya pilih bentuk grafis yang diinginkan dan akhiri dengan klik tombol OK.

  • Sebuah grafis hirarki akan muncul pada dokumen sesuai dengan yang kita pilih sebelumnya. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan judul dan bagian dari peta konsep ke dalam grafis.

  • Anda juga bisa menambahkan sub bagian lain. Caranya klik Design yang ada pada SmartArt Tools, lalu klik Add Shape dan pilih opsi Add Shape…. Atau pada bagian Type your text here silakan klik enter untuk menambahkan sub bagian otomatis.
  • Selain menambahkan sub bagian, Anda juga bisa mengubah tampilan grafis sehingga lebih menarik. Caranya klik tab Design yang ada pada SmartArt Tools, lalu klik Change Colors untuk mengubah warna. Sementara untuk menyesuaikan gaya silakan klik menu SmartArt Style. Anda juga bisa mengatur hal lainnya pada tab Format.

  • Sebagai contoh berikut adalah peta konsep yang kami buat.

Membuat peta konsep bisa dilakukan di Microsoft Word versi berapa saja. Anda juga bisa membuatnya di versi 2007 ataupun 2010. Hanya saja cara membuatnya yang bisa berbeda.

Membuat Peta Konsep di Word dengan Shape

Kita juga bisa membuat peta konsep dengan shape. Hal ini juga berlaku jika Anda ingin membuat mind mapping. Hanya saja pada cara ini sebagian besar harus dilakukan secara manual. Mulai dari membuat bentuk, hingga memasukkan kata-kata ke dalamnya. Sebagai gambaran berikut cara membuat peta konsep dengan fitur Shape:

  • Buka Microsoft Word. Anda bisa mengubah orientasi halaman menjadi landscape jika ingin.
  • Buat shape dengan cara klik tab Insert dan pilih Shapes.

  • Pada menu ini Anda bisa melihat ada banyak sekali bentuk yang bisa Anda buat. Silakan pilih salah satu. Misalnya lingkaran atau persegi. Kemudian masukkan pada dokumen dengan cara tekan dan tahan tombol kiri mouse pada lembar dokumen Anda, lalu geser ke sembarang arah hingga bentuk yang kita pilih terbuat. Jika ingin memasukkan kata, klik kanan pada shape atau bentuk tersebut dan pilih menu Add text. Sebagai contoh lihat gambar berikut.

  • Ulangi langkah di atas jika Anda ingin menambahkan bentuk lain sebagai bagian atau sub bagian dari peta konsep.
  • Anda juga bisa mengganti warna bentuk yang Anda buat tadi. Caranya klik dua kali pada bentuk tersebut, lalu pada tab Format klik Shape Fill dan pilih warna yang diinginkan. Pada tab ini Anda bisa memilih shape styles yang tersedia atau mengaturnya secara manual.

  • Sedangkan untuk menghubungkan bagian satu dengan bagian lain Anda bisa menggunakan garis menu Shapes yang ada di tab Insert.

Jenis Peta Konsep

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat peta konsep di Microsoft Word, selanjutnya kita bahas apa saja jenis peta konsep yang biasa dipakai. Menurut Nur (2000), ada empat jenis peta konsep yang bisa kita gunakan. Antara lain peta konsep pohon jaringan, rantai kejadian, siklus dan laba-laba. Berikut kami jelaskan secara singkat satu per satu.

Peta Konsep Pohon Jaringan (Network Tree)

Pohon jaringan menjadi peta konsep yang paling sering digunakan. Peta konsep ini memiliki bentuk persegi dan saling terhubung satu sama lain dengan sebuah garis.

peta konsep pohon

Peta Konsep Rantai Kejadian (Events Chain)

Events chain atau rantai kejadian merupakan salah satu jenis peta konsep yang dimanfaatkan untuk menjelaskan langkah-langkah secara berurutan. Jika Anda ingin membuat sebuah panduan atau tutorial, Anda bisa menggunakan peta konsep ini untuk menyimpulkan ide apa saja yang akan dituliskan nanti.

peta konsep kejadian

Peta Konsep Siklus (Cycle Concept Map)

Peta konsep ketiga adalah cycle concept map. Peta konsep ini digunakan untuk menjelaskan suatu siklus yang berulang-ulang dan tidak memiliki akhir. Misalnya adalah siklus hari atau bulan yang selalu berulang dalam periode tertentu.

peta konsep siklus

Peta Konsep Laba-laba (Spider Concept Map)

Peta konsep laba-laba adalah jenis peta konsep yang biasa dipakai untuk menjelaskan suatu pendapat. Pendapat itu berasal dari ide-ide yang berkaitan dengan ide utama saja. Akan tetapi ide turunannya belum tentu saling terhubung.

peta konsep laba laba

Manfaat dan Fungsi Peta Konsep

Peta konsep digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pendidikan. Dengan peta konsep pembuat maupun pembaca akan lebih mudah untuk memahami ide yang dituangkan. Lebih jelasnya berikut beberapa fungsi dan manfaat dari peta konsep.

Fungsi Peta Konsep

  1. Untuk membuat proses rencana
  2. Sebagai pemecah masalah sehingga dapat memberikan solusi alternatif
  3. Memberikan kesimpulan berupa ringkasan ide yang logis

Manfaat Peta Konsep

  1. Meningkatkan kreativitas
  2. Membantu otak untuk memahami sebuah ide dengan lebih cepat
  3. Merangsang pikiran untuk memperoleh ide yang lebih kompleks
  4. Untuk menemukan konsep baru

Contoh Peta Konsep Sederhana

Baca juga: Cara Membuat Pivot Tabel Excel

Ciri-ciri Peta Konsep

Ada beberapa ciri-ciri dari peta konsep menurut Dahar (2006). Berikut adalah beberapa ciri tersebut:

  1. Pemetaan konsep, yakni sebuah cara untuk menunjukkan konsep-konsep dan proposisi-proposisi suatu bidang. Dengan begitu seorang siswa bisa melihat bidang studi dengan lebih jelas.
  2. Suatu peta konsep merupakan gambaran dua dimensi dari suatu bidang studi atau suatu bagian dari suatu bidang studi.
  3. Tidak semua konsep memiliki bobot yang sama, sehingga dapat diartikan bahwa ada konsep lain  yang lebih inklusif.
  4. Jika dua atau lebih konsep digambarkan di bawah suatu konsep yang lebih inklusif, maka terbentuk suatu hirarki pada peta konsep itu.



Loading...

Leave a Comment