Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Tangga Satuan Berat Lengkap Dengan Tabel Konversi


Urutan Satuan Berat Lengkap – Saat duduk di sekolah dasar kita dihadapkan dengan banyak materi seputar matematika. Dari yang paling mudah sampai yang sulit bagi kita sudah diajarkan saat SD. Salah satu dari sekian materi yang diajarkan adalah perhitungan konversi satuan ukuran.

Seperti yang diketahui ada cukup banyak satuan ukuran yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk satuan berat kita bisa menggunakan satuan kilogram (kg), gram (g), ton, dan lain sebagainya. Satuan ukuran berat ini bisa digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari untuk mengetahui berat beras, gula, besi, baja, kendaraan bermotor, dan muatan-muatan lainnya.



Tak terkecuali untuk orang yang berkecimpung dalam bisnis jual beli barang online. Maka kita akan sering berurusan dengan satuan berat saat akan mengirim pesanan pembeli. Maka dari itu pada kesempatan ini kita bahas lebih jauh mengenai satuan berat.

Baca juga: Perhitungan 1 Ton Berapa Kg

Apa itu Satuan Berat?

Sebagai pembuka kita bahas mengenai pengertian satuan berat. Perlu diketahui satuan berat adalah standar ukuran yang dipakai untuk menyatakan massa atau berat suatu benda. Menurut satuan internasional satuan berat standar yang digunakan adalah kilogram.

Selain kilogram ada beberapa satuan berat yang sering digunakan oleh masyarakat. Seperti gram, ons, kwintal, ton, ataupun lbs. Penerapannya tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya satuan berat kilogram, atau ons biasa digunakan saat kita akan membeli sembako, atau ke toko bangunan untuk membeli material bangunan seperti pasir, semen, dan lain-lain. Sementara satuan ton biasanya dipakai untuk mengukur suatu benda yang sangat berat.

Penerapan Satuan Berat

Beberapa satuan berat sering digunakan untuk suatu keperluan. Sehingga penerapannya pun bisa berbeda-beda. Sebagai gambaran satuan gram biasanya dimanfaatkan untuk mengukur berat benda yang tidak berat. Misalnya bahan makanan, atau emas.

Satuan kilogram biasanya juga memiliki kegunaan yang mirip dengan gram. Lalu untuk kwintal sering dimanfaatkan untuk menyatakan berat jagung, karton, galon, popok, dan lain sebagainya.

Lalu untuk ton umumnya dipakai untuk mengukur barang yang berat atau barang curah berjumlah banyak. Misalnya tongkang, peti kemas, batu bara, pasir, dan lain sebagainya.

Alat Ukur Satuan Berat

Sangat sulit untuk mengetahui secara persis berat suatu barang atau benda hanya dengan mengangkat benda tersebut. Terlebih jika kita harus mengukur secara tepat. Oleh karenanya kita membutuhkan alat untuk mengukur berat dari barang yang ingin kita ketahui berapa beratnya.

Ada beberapa alat yang dapat digunakan untuk mengetahui satuan berat. Berikut kami jabarkan secara singkat:

  1. Timbangan barang atau duduk: timbangan ini berfungsi untuk mengukur berat benda seperti gula, terigu, berat, ataupun buah-buahan dalam jumlah yang banyak.
  2. Timbangan badan: timbangan yang satu ini dibuat khusus untuk mengukur berat badan. Kita bisa menjumpai timbangan badan ini di berbagai fasilitas kesehatan, dan seringkali beberapa rumah juga memiliki timbangan ini.
  3. Neraca: neraca digunakan untuk mengukur massa dari suatu benda. Timbangan ini dapat dibagi menjadi beberapa macam, antara lain neraca dua lengan, neraca elektronik, neraca duduk, neraca pegas, dan lain sebagainya.
  4. Timbangan gantung: sesuai dengan namanya, timbangan ini digunakan dengan cara digantung. Fungsinya adalah untuk mengukur berat suatu benda. Caranya benda yang akan diukur beratnya digantungkan ke pengait yang ada pada timbangan ini.
  5. Timbangan kodok: timbangan jenis ini dapat dengan mudah ditemui di pasar atau warung. Biasanya digunakan untuk mengukur berat sembako, seperti gula, beras, telur, dan lain-lain. Kita juga bisa memakainya untuk mengukur berat benda lainnya yang berukuran kecil namun berjumlah banyak. Timbangan ini dilengkapi anak batu yang mempunyai beberapa ukuran. Antara lain 50 gram (½ ons), 100 gram (1 ons), 200 gram (2 ons), 500 gram (½ kg), sampai 1000 gram (1 kg).
  6. Timbangan digital: seiring dengan berkembangnya teknologi sekarang kita bisa menjumpai timbangan digital dalam berbagai macam bentuk. Timbangan ini dipakai untuk mengukur berbagai macam benda. Bahkan juga ada yang dipakai untuk mengukur berat badan. Cara memakainya cukup dengan diletakkan di atas plat timbangan dan kita bisa membaca hasilnya pada layar.

Tangga Satuan Berat dan Cara Konversi

Setelah mengetahui beberapa hal seputar satuan berat, sekarang kita bahas tentang tangga satuan berat. Silakan simak gambar berikut.