Tabel Konversi 1 Ton Berapa Kg Dan Sebaliknya


Tabel Konversi 1 Ton Berapa Kg Dan Sebaliknya – Seperti yang sudah dibahas pada kesempatan sebelumnya, dalam perhitungan matematika kita mengenal ada begitu banyak satuan ukuran dengan beragam kegunaan. Jika ingin menyatakan berat, maka biasanya kita menggunakan satuan kilogram, gram, atau ton.

Untuk Diketahui, gram (g) dan kilogram (kg) merupakan satuan berat dari Sistem Internasional (SI) yang paling sering digunakan. Maka dari itu penting bagi kita untuk mempelajarinya sehingga kita bisa mengetahui hasil konversi dari kg ke ton ataupun ke satuan-satuan lainnya.

Pada artikel ini kita akan bahas lebih jauh seputar konversi ton ke kg. Selain itu juga ada penjelasan singkat dan contoh soal untuk memudahkan pembaca dalam memahami materi yang kami sampaikan.

Baca juga: 1 Hektar Berapa Meter Persegi

Apa itu Ton?

Sebelum membahas bagaimana cara mengubah satuan ton ke kg dan sebaliknya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu ton. Satuan ton merupakan satuan resmi yang digunakan secara internasional untuk menyatakan berat.

Ton dipakai untuk banyak hal, seperti untuk menyatakan satuan massa. 1 ton nilainya setara dengan 1000 kg. Biasanya satuan ini dipakai dalam berbagai bidang dalam ilmu fisika.

Di Indonesia ton lebih sering digunakan untuk satuan benda yang memiliki bobot yang berat. Misalnya baja, besi, batu, mesin peti kemas, pesawat, truk, kapal, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa berat benda yang dinyatakan dalam ton:

  1. Alat besar bermesin seperti mobil, pesawat, kapal, mesin, alat berat, dan lain-lain.
  2. Wadah atau kemasan besar seperti tangki kontainer, peti kemas, dan tongkang.
  3. Benda yang dimuat dalam jumlah besar seperti tanah, air, pasir, kerikil, batu bara, sampah, dan lain sebagainya.
  4. Benda yang memiliki massa jenis atau densitas tinggi, misalnya baja, besi, batu, dan lain-lain.

Apa itu Kilogram

Kilogram atau kerap disingkat kg merupakan satuan unit SI yang dipakai untuk menerangkan massa. Di mana 1 kg sama dengan 1000 gram dan 1 gram sama nilainya dengan 1/1000 kg.

Perlu diketahui bahwa kilogram ini memiliki massa yang sama dengan kilogram standar yang disimpan di Sevres, Perancis. Di samping itu massa kilogram ini hampir sama atau bahkan sama persis dengan 1 liter air.

Di atas sudah dapat diketahui bahwa baik ton maupun kilogram digunakan untuk menyatakan massa. Bagi orang awam biasanya menganggap bahwa massa sama dengan berat. Meskipun keduanya terlihat mirip, sebenarnya berat dan massa adalah dua hal yang berbeda dilihat dari segi nilai dan konsepnya.

Dalam dunia sains massa berarti seluruh jumlah partikel pada suatu objek. Sedangkan berat adalah suatu gaya yang dialami suatu benda karena adanya gaya gravitasi. Sebagai gambaran, suatu objek yang memiliki massa 1 kilogram akan mempunyai berat antara 9,78 newton dan 9,83 newton. Hal tersebut dipengaruhi gaya gravitasi di tempat tersebut.

Dalam penggunaannya kilogram sering dipakai sebagai satuan ukuran barang yang tidak terlalu besar. Misalnya beras, gula, garam, pupuk, daging hewan, dan lain-lain. Dari sini kita sudah tahu bagaimana perbedaan kilogram dan ton jika ditinjau dari penggunaannya dalam kehidupan kita.

Berikut benda atau barang yang beratnya dinyatakan dalam kilogram:

  1. Buah-buahan, misalnya jeruk, mangga, apel, atau rambutan.
  2. Sembako, seperti beras, gula, minyak, beras, dan lain-lain.

Konversi Ton ke Kilogram

Di atas sudah dijelaskan secara singkat seputar ton dan kilogram, termasuk kegunaannya. Ton lazimnya dimanfaatkan untuk menunjukkan satuan berat dari muatan yang berjumlah banyak. Yang menjadi pertanyaan 1 ton setara dengan berapa kilogram?

Sebelumnya perlu dijelaskan bahwa di beberapa negara istilah ton ini berbeda. Misalnya di Amerika ton disebut dengan short ton. Sementara Inggris disebut long ton. Keduanya ini memiliki perbedaan signifikan jika dikonversikan ke dalam satuan kilogram.

1 short ton yang berlaku di Amerika setara dengan 907 kg. Sedangkan 1 long ton setara dengan 1016 kg. Lalu mana yang menjadi standar baku?

Dalam standar internasional 1 ton memiliki nilai sama dengan 1000 kg. Itu artinya 1 kg mempunyai nilai sama dengan 0,001 ton. Rumus perhitungannya adalah sebagai berikut:

Ton x 1000 = kg

Kg : 1000 = ton

Di atas adalah rumus untuk mengkonversi ton menjadi kilogram dan kilogram menjadi ton. Lalu bagaimana contoh perhitungannya? Berikut kami berikan beberapa contoh yang bisa Anda jadikan tambahan wawasan.

Contoh Soal

Contoh 1

Pak Amir memiliki seekor sapi yang beratnya mencapai 1,35 ton. Berapa kilogram berat sapi tersebut?

Jawab:

Berat sapi = 1,35 ton x 1000 kg = 1350 kg

Dapat diketahui bahwa berat sapi tersebut adalah 1350 kg.

Contoh 2

Dari panen tahun ini pak Ridwan memperoleh 5350 kg beras. Hitung berat beras tersebut dalam satuan ton.

Jawab:

Berat beras = 5350 kg : 1000 = 5,35 ton

Jadi beras pak Ridwan dari panen tahun ini mencapai 5,35 ton.

Baca juga: Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Tabel Konversi Ton ke Kg

Supaya lebih jelas pembaca bisa melihat tabel konversi dari ton ke kilogram. Silakan simak tabel berikut ini.

TON KILOGRAM
1 ton 1000 kilogram
2 ton 2000 kilogram
3 ton 3000 kilogram
4 ton 4000 kilogram
5 ton 5000 kilogram
6 ton 6000 kilogram
7 ton 7000 kilogram
8 ton 8000 kilogram
9 ton 9000 kilogram
10 ton 10000 kilogram

Di atas sudah kami terangkan bagaimana konversi ton ke kilogram dan begitu juga sebaliknya. Kami juga sudah jelaskan perbedaan dari keduanya dalam penggunaannya. Konversi satuan ukuran ini sebenarnya sudah diajarkan saat sekolah dasar. Karena konversi satuan ini terbilang sangat mudah.

Akan tetapi bukan sebuah kesalahan untuk membahasnya. Mengingat satuan ton dan kilogram sangat sering digunakan dalam kehidupan manusia.



Leave a Comment