Cara Membuat Poster Di Microsoft Word


Membuat Poster Di Microsoft Word – Poster merupakan salah satu alat yang biasa digunakan sebagai media promosi sebuah bisnis, brand atau acara tertentu. Pembuatan poster sendiri bisa dibilang sangat mudah, bisa dibuat dengan menggunakan komputer melalui situs desain grafis atau bahkan bisa juga dibuat hanya dengan menggunakan HP.



Umumnya poster dibuat dengan menggunakan beberapa software editing seperti CorelDraw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan lain sebagainya. Namun tahukah Anda bahwa sekarang ini Anda sudah bisa membuat poster dengan sangat mudah, yaitu menggunakan Microsoft Word. Membuat poster menggunakan Microsoft Word tentunya tidak serumit jika Anda menggunakan Adobe Photoshop atau yang lainnya.

Cara Membuat Poster Di Microsoft Word

Pengertian Poster

Secara umum, pengertian poster adalah suatu karya yang dituangkan dalam sebuah kertas yang berisi tulisan dan juga gambar dengan tujuan sebagai media informasi. Pada umumnya, poster akan ditempelkan di tempat-tempat umum supaya nantinya bisa dibaca oleh banyak orang.

Sementara itu, menurut KBBI atau kamus besar bahasa Indonesia, pengertian poster adalah suatu benda yang ditempelkan di tempat-tempat umum yang memiliki fungsi sebagai pengumuman atau promosi.

Poster memiliki bentuk yang sangat beragam, namun yang paling sering dijumpai adalah poster dengan bentuk seperti kertas lembaran. Desain dan konsep poster memang harus dibuat semenarik mungkin, ini karena hal paling penting yang dijual dari poster adalah desainnya. Apabila sebuah poster di desain dengan semenarik mungkin maka orang akan semakin tertarik untuk membacanya. Dengan demikian konten atau isi yang tersampaikan akan semakin efektif.

Baca juga: Cara Membuat Poster Dengan Photoshop

Ciri-Ciri Poster

Poster memiliki beberapa ciri khusus yang perlu Anda ketahui, diantaranya:



  • Poster berisi sebuah informasi yang disampaikan dalam bentuk gambar dan tulisan.
  • Memiliki ukuran yang cukup besar dan mudah untuk dibaca dari jarak jauh.
  • Umumnya poster akan ditempelkan di permukaan dinding atau permukaan yang vertikal.
  • Desain poster biasanya dibuat secara mencolok untuk semakin menarik perhatian.
  • Mempunyai slogan atau kalimat dengan tulisan besar.
  • Dibuat dari bahan kertas supaya lebih mudah untuk ditempel.
  • Isi sebuah poster sangat meyakinkan para pembaca.

Manfaat Poster

Poster dibuat tentu bukan tanpa alasan, ini karena poster memiliki banyak fungsi. Adapun fungsi poster adalah sebagai berikut:

  • Memudahkan penyebaran informasi kepada masyarakat secara luas.
  • Poster merupakan salah satu alat promosi yang mudah untuk digunakan.
  • Dapat memberikan motivasi.
  • Poster merupakan sebagai alat demokrasi yang digunakan untuk menyampaikan pendapat dan kritikan.

Cara Membuat Poster Menggunakan Microsoft Word

Seperti yang sudah kami singgung diatas bahwa sebenarnya ada banyak sekali software yang bisa digunakan untuk membuat poster. Namun kali ini kami hanya akan menjelaskan bagaimana cara membuat poster dengan menggunakan Microsoft Word yang sudah pasti jauh lebih mudah dan tidak terlalu rumit.



Leave a Comment