Cara Membuat Bingkai Di Word Termudah


Membuat Bingkai Di Word –  Membahas tentang microsoft office tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan microsoft word. Seperti yang kita tahu bahwa Microsoft Word  biasa digunakan untuk mengetik.

Namun tahukah Anda, selain digunakan untuk mengetik ternyata Microsoft Word masih memiliki banyak kegunaan lainnya, salah satunya bisa digunakan untuk membuat membuat Watermark atau mempercantik tampilan teks dengan bingkai.

cara membuat bingkai

Nah, langsung saja pada kesempatan kali kami akan membahas mengenai bingkai di word lengkap beserta tahapan caranya sehingga bisa Anda ikuti dengan mudah. Untuk  selengkapnya mari langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Bingkai dan Kegunaannya

Pengertian Bingkai dan Kegunaannya

Bingkai pada Microsoft Word tentunya berbeda jauh dengan bingkai pada foto. Bingkai yang kami maksud dalam hal ini adalah bingkai yang ada pada bagian kiri, kanan, atas dan juga bawah teks yang sudah ditulis.

Kegunaannya pun sangat beragam, ada yang menggunakan bingkai atau borders khusus untuk mempercantik tampilan teks dan ada pula yang menggunakan bingkai untuk kartu undangan. Karena memiliki fungsi utama untuk mempercantik tampilan teks di microsoft Word maka tak heran jika banyak sekali bentuk borders yang bisa Anda pilih.

Anda bisa memilih beberapa borders yang unik dan menarik di Microsoft Word sesuai dengan selera, kebutuhan dan keinginan. Ada yang memiliki bentuk seperti garis putus-putus dan bergerigi, jenis ini disebut dengan Style Borders.

Selain itu, Anda juga bisa membuat bingkai dengan beraneka macam gambar lucu dan berwarna-warni. Seperti misalnya dengan membuat bingkai menggunakan gambar hati, permen, bintang, pohon cemara, dan gambar-gambar lucu lainnya.

Nah, untuk membuat bingkai dengan model seperti ini maka Anda bisa menggunakan fitur Arts Borders.

Baca juga: Cara Mengubah Ukuran Foto

Cara Membuat Style Borders

Seperti yang sudah kami singgung diatas bahwa ada dua macam tipe yang digunakan untuk membuat bingkai di Word yaitu Style Borders dan Arts Borders. Namun kami akan membahas lebih dulu mengenai Style Borders.

Bingkai jenis ini mempunyai tampilan yang sangat sederhana. Hal ini dikarenakan tampilannya kebanyakan hanya berupa garis saja. Meski demikian tampilannya akan tetap menarik karena cukup banyak varian yang bisa Anda pilih.

Jika Anda menggunakan bingkai jenis ini maka Anda bisa membuat bingkai dengan garis putus-putus, hitam putih, gerigi, dan lain sebagainya. Disini kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat bingkai dengan menggunakan Microsoft Office Word 2016.

Bagi Anda yang menggunakan versi lain masih bisa disesuaikan karena langkah-langkahnya tidak jauh berbeda. Adapun cara membuat style borders adalah sebagai berikut:

  1. Pertama Anda harus membuka terlebih dahulu dokumen yang ingin diberi bingkai.
  2. Selanjutnya klik Design pada menu bar kemudian pilih Page Borders.
    Cara Membuat Style Borders
  3. Setelah itu, secara otomatis akan muncul tampilan beberapa borders atau bingkai pada layar monitor Anda. Untuk membuat Style Borders Anda bisa langsung memilih berbagai jenis style borders sesuai keinginan.
  4. Jika Anda sudah menentukan jenis Style Borders manakah yang diinginkan maka Anda tinggal klik.
    Cara Membuat Style Borders
  5. Kemudian bingkai secara otomatis akan langsung terpasang pada teks Word yang sudah dipilih. Bagaimana? Sangat mudah bukan?

Cara Membuat Style Borders

Cara Membuat Arts Borders

Apabila Anda tidak tertarik untuk menggunakan bingkai dengan garis maka Anda bisa memilih Arts Borders. Dengan Arts Borders maka Anda bisa membuat bingkai yang terlihat sangat unik dan menarik. Hal ini tentunya jauh berbeda dengan Style Borders yang terkesan sangat sederhana.

Pada tipe Arts Borders Anda bisa memilih sendiri bingkai menarik sesuai keinginan seperti gambar pohon, sayuran, bunga dan masih banyak lagi lainnya. Bingkai ini akan sangat cocok sekali bagi Anda yang sedang membuat undangan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat bingkai Arts Borders:

  1. Silahkan Anda buka dokumen atau teks Word yang ingin diberikan bingkai Arts Borders.
  2. Selanjutnya Anda bisa memilih design dan kemudian klik Page Borders seperti gambar di bawah ini.
    Cara Membuat Arts Borders
  3. Setelah itu pada layar monitor Anda akan tampil beberapa pilihan bingkai menarik. Nah, jika sebelumnya Anda memilih Style Borders maka kali ini bisa memilih Arts Borders. Silahkan Anda pilih sendiri dan kemudian klik langsung jenis Arts Borders yang diinginkan.
  4. Apabila Anda sudah menentukan jenis arts borders-nya maka bisa langsung di klik.
    Cara Membuat Arts Borders
  5. Kemudian secara otomatis bingkai yang sudah dipilih akan terpasang langsung di teks Word Anda.Cara Membuat Arts Borders
  6. Selesai, dokumen atau teks Word Anda akan terlihat semakin menarik dengan bingkai yang sudah diterapkan.

Baca juga: Cara Print Bolak Balik Yang Rapi

Cara Mengedit Bingkai

Tidak hanya sekedar membuat bingkai saja, kehadiran page borders juga bisa digunakan untuk mengedit bingkai yang telah dibuat. Dalam hal ini Anda bisa mengatur tata letak bingkai, tingkat ketebalan, dan bahkan bisa mengedit bingkai menjadi efek 3D.

Berbagai macam fitur tersebut bisa Anda dapatkan di Page Borders. Menariknya lagi Anda bisa menggonta-ganti warna bingkai sesuai selera dan kebutuhan.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan menjelaskan mengenai tahapan cara dalam mengedit bingkai:

  1. Sama dengan langkah awal sebelumnya, silahkan Anda buka dokumen atau teks Word yang ingin diberi bingkai. Kemudian pilih Design dan klik Page Borders.
  2. Selanjutnya bisa Anda pilih tipe bingkai yang Anda inginkan. Sebagai contoh kami disini akan menggunakan tipe Style Borders dengan jenis garis biasa.
  3. Jika Anda ingin mengganti warna bingkai maka silahkan klik Color. Dengan demikian Anda bisa langsung memilih warna manakah yang diinginkan.
    Cara Mengedit Bingkai
  4. Nah, apabila Anda tertarik untuk mempertebal bingkainya maka langsung saja klik Width. Silahkan Anda pilih ketebalan sesuai dengan selera dan kebutuhan.
    Cara Mengedit Bingkai
  5. Kemudian jika Anda masih belum merasa puas karena hanya mengedit warna dan ketebalannya saja maka Anda bisa menambahkan efek 3D pada bingkai dengan cara klik 3D yang berada di bagian samping kiri.
    Cara Mengedit Bingkai
  6. Penting untuk diketahui bahwa Word tidak hanya menyediak efek 3D saja. Adapun beberapa efek lainnya yang bisa Anda pilih adalah efek shadow, 3D, box, atau untuk efek custom. Dalam hal ini Anda sudah bisa menentukan bingkai hanya di bagian samping kanan, kiri, atas, atau bawah dengan klik simbol yang ada pada bagian priview.
    Cara Mengedit Bingkai
  7. Setelah dirasa editan Anda sudah cukup maka silahkan klik langsung OK untuk dapat mengaplikasikan bingkainya pada teks Word.
    Cara Mengedit Bingkai
  8. Untuk hasil akhir dari editan bingkainya bisa Anda lihat seperti contoh gambar di bawah ini. Bagaimana, sangat mudah bukan?

Cara Mengedit Bingkai

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali mengenai cara membuat bingkai dengan mudah di Word. Borders atau bingkai yang telah disediakan oleh perangkat lunak pengolah kata ini memang cukup banyak, sehingga bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing.

Dengan memberikan suatu bingkai atau borders maka sudah pasti halaman Word Anda akan terlihat semakin cantik. Sekian, selamat mencoba!



Loading...

Leave a Comment