Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Zat Makanan yang Tidak Perlu Dicerna Oleh Tubuh


Daging dan ikan bisa memakan waktu hingga 2 hari untuk sepenuhnya dicerna. Protein dan lemak yang dikandungnya adalah molekul kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk terpisah.  Sebaliknya, buah-buahan dan sayuran, yang kaya serat, dapat bergerak melalui sistem pencernaan dalam waktu kurang dari sehari.

Pada kesempatan kali ini akan diuraikan mengenai nutrisi yang menjadi zat makanan yang tidak mengalami proses pencernaan. Berikut penjelasannya.



Nutrisi

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi, seperti vitamin dan mineral untuk dapat bekerja sebagaimana mestinya serta juga menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin dan mineral adalah zat gizi yang masuk ke kategori mikronutrien. Tubuh memerlukan kadar vitamin dan mineral dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Keduanya tentu merupakan nutrisi penting karena keduanya saling berhubungan dalam melakukan berbagai peran dalam tubuh.

Meski hanya butuh sedikit, penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bersamaan. Selain vitamin D, vitamin dan mineral lain hanya bisa didapatkan dari makanan karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri.

Beberapa jenis vitamin yang sering kita kenal, di antaranya vitamin A, C, D, E, K, vitamin B, termasuk thiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), asam pantotenat (B5), piridoksal (B6), kobalamin (B12) , biotin, dan asam folat/folat.

Sementara, jenis mineral dapat terdiri atas kalsium, fosfor, kalium, klorida, magnesium, zat besi, seng atau zinc, yodium, kobalt, tembaga, fluorida, mangan, dan lain sebagainya.

Fungsi Nutrisi

Dalam tubuh, nutrisi memiliki peran penting dan mempunyai fungsi yang tanpanya tubuh akan tidak sehat. Berikut beberapa fungsi nutrisi.