Sifat Unsur Dalam Tabel Periodik dan Urutannya


Baca Juga: Rumus Gas Ideal, Pembahasan dan Contoh Soal



Baca Juga: Rumus Pegas Hukum Hooke dan Contoh Soal

Baca Juga: Rumus Gaya Pegas, Konsep dan Pembahasannya

Semua unsur golongan utama mempunyai afinitas elektron bertanda negatif. Hal ini karena unsur golongan terbesarnya dimiliki oleh golongan halogen. Semakin negatif nilai afinitas elektron maka semakin besar kecenderungan atom atau ion menerima elektron (afinitas terhadap elektron semakin besar).

4. Elektronegativitas

Elektronegativitas atau keelektronegatifan dapat dikatakan sebagai kecenderungan suatu atom menarik pasangan elektron dalam membentuk ikatan. Unsur yang memiliki energi ionisasi dan afinitas elektron yang besar, akan membuat keelektronegatifan semakin besar.

5. Logam dan Non-logam

Logam dan non logam menjadi suatu kecenderungan atom untuk melepas elektron dan membentuk ion bermuatan positif (tergantung dengan energi ionisasi). Sifat logam berkaitan dengan keelektropositifan yang diartikan apabila semakin besar energi ionisasinya maka sifat logamnya akan berkurang. Hal ini karena sulit melepas elektron. Sementara itu, sifat non logam berkaitan dengan keelektronegatifan, yakni kecenderungan atom untuk menyerap elektron.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat kita simpulkan keteraturan sifat-sifat umum unsur dalam tabel periodik adalah



Jari-jari atom

  • Segolongan, semakin besar
  • Seperiode, semakin kecil

Energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan

  • Segolongan, semakin kecil
  • Seperiode, semakin besar

Demikian pembahasan mengenai sifat keteraturan tabel periodik. Semoga materi kali ini dapat bermanfaat, ya.



Leave a Comment