Ukuran Kertas A4 Di Photoshop


Ukuran Kertas A4 Di Photoshop – Seperti yang diketahui, ukuran kertas sangat beragam. Mungkin orang awam hanya mengenal ukuran kertas A4 atau F4 saja. Padahal sebenarnya ada banyak sekali jenis kertas berdasarkan ukurannya.

Berbicara soal kertas A4, sudah tahukah Anda berapa ukuran dari kertas ini? Mengetahui ukuran kertas A4 bisa dibilang cukup penting. Apalagi jika Anda sering mencetak dokumen, poster, foto dan lain sebagainya dengan memakai kertas ini.

Kertas A4 menjadi salah satu ukuran dari kertas seri A yang sudah berstandar internasional (ISO 216). Dan kertas ini menjadi salah satu yang paling banyak digunakan di Indonesia. Mulai dari cetak materi, karya ilmiah, skripsi dan lain sebagainya. Bahkan kertas foto atau kertas glossy juga banyak yang berukuran A4.

Mengatur kertas pada aplikasi seperti Microsoft Word, Adobe Photoshop sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Sebab masing-masing software sudah memberikan opsi kertas A4 pada menu pengaturan kertas. Akan tetapi supaya lebih paham berikut akan kami bahas lebih jauh seputar ukuran kertas A4 di Adobe Photoshop.

Baca juga: Membuat Tulisan Melingkar Di Photoshop

Ukuran Kertas A4

Kertas A4 memiliki ukuran 21 x 29,7 cm. Tentu saja ukuran tersebut jika dinyatakan dalam satuan centimeter. Lalu bagaimana jika satuannya berbeda? Berikut adalah ukuran kertas A4 dalam beberapa jenis satuan.

Jenis Kertas Satuan cm Satuan mm Satuan inci
A4 21,0 x 29,7 210 x 297 8,27 × 11,69

Selain satuan di atas, ukuran A4 juga tersedia dalam satuan pixel atau px. Di samping itu ukuran kertas A4 juga bisa dikonversikan ke satuan point ataupun picas.

Satuan pixel biasanya dipakai dalam desain grafis. Seperti desain poster, brosur, flyer, dan lain sebagainya. Di samping itu juga biasa digunakan dalam editing foto.

Berikut adalah ukuran kertas A4 dalam satuan pixel:

Ukuran Kertas Lebar (pixels) Tinggi (pixels)
A4 – 72 PPI 595 842
A4 – 200 PPI 1.654 2.339
A4 – 300 PPI 2.480 3.508
A4 – 400 PPI 3.307 4.677
A4 – 600 PPI 4.961 7.016
A4 – 1200 PPI 9.921 14.031

Untuk diketahui, PPI atau Pixel per Inch adalah satuan yang menyatakan kepadatan piksel suatu layar. Baik layar ponsel, PC, notebook, dan perangkat lainnya. Semakin besar nilai PPI maka kerapatan piksel dalam satuan area inci juga semakin besar. Sehingga membuat kualitas gambar akan lebih jernih dan jelas.

Membuat Kanvas A4 di Photoshop

Seperti yang sudah disinggung di atas, kebanyakan software pengolah angka, kata, desain grafis, maupun edit foto yang ada saat ini sudah menyediakan beberapa ukuran kertas yang bisa dipilih, termasuk kertas A4. Pada bagian ini kita bahas bagaimana mengatur kanvas Photoshop dengan ukuran A4.

Sebelumnya pastikan PC atau notebook Anda sudah terinstal Adobe Photoshop. Anda bisa menggunakan versi berapa saja, tinggal sesuaikan dengan spesifikasi PC. Baik, langsung saja berikut langkah-langkahnya:

  • Silakan buka Adobe Photoshop yang terinstal pada perangkat Anda. Pada contoh ini kami gunakan Adobe Photoshop CC 2018. Pada versi yang lebih lama akan tampak perbedaan dari segi tampilan. Akan tetapi langkah-langkah yang perlu dilakukan pada dasarnya sama saja.
  • Setelah aplikasi terbuka, silakan buat project baru. Caranya klik menu File dan pilih New. Anda juga bisa menekan tombol kombinasi Ctrl + N pada keyboard. Akan tetapi pada beberapa versi Anda bisa menjumpai menu tersebut di tampilan awal saat software dibuka pertama kali.
  • Setelah itu kotak dialog New Document akan muncul. Pada menu ini Anda bisa memberi nama dokumen Anda. Selain itu Anda juga bisa menentukan beberapa hal lainnya. Seperti width atau lebar, height atau panjang, orientation, resolution, color mode, hingga background contents. Anda juga bisa menjumpai opsi lanjutan di bawahnya.

  • Selanjutnya adalah menentukan ukuran kanvas. Anda bisa menjumpai ukuran kanvas yang disediakan oleh Photoshop pada tab Print. Di bagian ini Anda akan melihat ada cukup banyak ukuran kertas. Mulai dari Letter, Legal, Tabloid, A4, A6 dan lain sebagainya.

  • Karena kita ingin memilih ukuran kertas A4, maka silakan klik opsi A4. Secara otomatis width dan height kanvas akan menyesuaikan dengan ukuran kertas yang kita pilih. Anda bisa mengganti satuan di sebelah kanan width untuk memudahkan Anda membaca ukurannya.

  • Anda juga bisa mengatur orientasi kanvas, apakah ingin dibuat landscape atau portrait. Jika sudah selesai, silakan klik tombol Create atau OK. Dokumen baru akan terbuat secara otomatis pada Photoshop sesuai dengan yang Anda atur sebelumnya. Anda sudah bisa melakukan pekerjaan Anda, baik edit foto, membuat desain dan lain sebagainya.

Sebagai catatan, selain memilih ukuran kanvas dari tab Print Anda juga bisa memasukkannya secara manual dengan mengatur width dan height. Misalnya jika ingin mengatur ukuran kanvas menjadi A4, maka atur width menjadi 21 dan height 29,7 dalam satuan centimeter. Sedangkan jika dalam ukuran lain tinggal menyesuaikan dengan tabel di atas.

Untuk Photoshop versi yang lebih lama, misalnya seperti versi CS6, alur untuk membuat kanvas dan mengatur ukurannya menjadi A4 adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Photoshop
  • Klik menu File dan pilih New.
  • Kotak dialog New akan terbuka. Pada bagian Preset silakan klik International Paper.
  • Kemudian klik menu dropdown Size dan pilih A4. Width dan height kanvas akan menyesuaikan secara otomatis.
  • Jika sudah klik tombol OK.

Baca juga: Membuat Tulisan Melingkar Di CorelDraw

Gramatur Kertas

Jika Anda pernah mengamati bungkus kertas yang dijual dalam 1 rim, Anda akan menjumpai istilah GSM. Misalnya 70 Gsm atau 80 Gsm. Lalu apa itu GSM?

Untuk diketahui, GSM merupakan singkatan dari Gram per Square Meter. Satuan GSM ini dijadikan sebagai acuan baku untuk mengukur dan menghitung berat kertas.

Sebenarnya gramatur kertas terbagi menjadi empat macam. Berikut akan kami jelaskan secara singkat:

  1. Gramatur 70-80 gsm: kertas dengan gramatur ini biasanya dipakai untuk mencetak dokumen. Seperti naskah, buku, skripsi, tugas akhir, laporan, dan lain sebagainya. Contoh ukuran kertas yang tersedia dalam gramatur ini adalah A4, A3, F4, dan Q4 atau kuarto.
  2. Gramatur 100-150 gsm: kertas ini biasanya dipakai untuk mencetak isi majalah. Selain itu juga sering dipakai untuk dokumen, brosur ataupun kop surat. Macam-macam kertas yang memiliki gramatur 100-150 gsm adalah art paper, matt paper, HVS, Concorde, dan Coronado.
  3. Gramatur 190-260 gsm: kertas ini umumnya dipakai untuk mencetak undangan, sertifikat, poster, hingga sampul buku. Ada cukup banyak contoh kertas dengan berat ini. Di antaranya Kertas Art Carton 190 gr, 210 gr, dan 260 gr, Concorde 220gr, Coronado 270 gr, dan Blues White 250gr.
  4. Gramatur 270-310 gsm: kertas ini biasa dipakai untuk membuat poster, undangan, atau kartu nama. Yang masuk dalam kategori ini adalah kertas art coronado dan kertas carton.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kertas A4 yang dijual di pasaran kebanyakan memiliki berat atau gramatur 70 GSM atau 80 GSM. Dan masih ada hal menarik lainnya. Ukuran kertas A4 merupakan sama dengan setengah kertas A3 dan dua kali lipat ukuran kertas A5.

Sekian informasi mengenai ukuran kertas A4 di Photoshop yang bisa kami sampaikan. Semoga website ini dapat membantu Anda.



Loading...

Leave a Comment