Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Tips Menyelesaikan Soal GLBB dengan Cepat dan Mudah


Cara Menyelesaikan Soal GLBB – Dalam pembahasan materi gerak dalam Fisika, terdapat pembahasan mengenai GLBB. GLBB dapat diartikan sebagai gerak lurus berubah beraturan  yang memiliki lintasan di garis lurus sehingga kecepatannya dapat berubah dan beraturan. Pada gerak lurus berubah beraturan  dapat diartikan sebagai gerak lurus suatu obyek. Hal ini karena kecepatannya berubah terhadap waktu karena adanya percepatan yang konstan atau tetap.

GLBB memiliki beberapa rumus dasar yang berhubungan dengan kecepatan, waktu, hingga percepatan. Dengan begitu, beberapa persamaan yang menjadi dasar penghitungan GLBB memiliki pembahasan masing-masing. Untuk itu, pemahaman mengenai rumus dasarnya dapat dijadikan sebagai kunci pengerjaan permasalahan yang berhubungan dengan GLBB.



Baca Juga: Rumus GLBB atau Gerak Lurus Berubah Beraturan

Baca Juga: Rumus GGL Induksi dan Contoh Soal

Baca Juga: Rumus Periode Getaran dan Frekuensi Getaran

Beberapa persamaan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan disampaikan tips-tips ketika menyelesaikan permasalaah yang berhubungan dengan GLBB.  Berikut pembahasannya.

Definisi GLBB

Gerak lurus berubah beraturan atau GLBB merupakan sebuah gerak yang lintasannya di garis lurus dan dengan kecepatan yang berubah beraturan. Gerak lurus berubah beraturan juga diartikan sebagai gerak lurus suatu obyek. Hal ini karena kecepatannya berubah terhadap waktu karena adanya percepatan yang konstan atau tetap. Akibat adanya percepatan rumus jarak yang ditempuh tidak lagi linier, tetapi kuadratik.

Selain itu, gerak lurus berubah beraturan dapat dijelaskan sebagai gerak lurus pada benda dengan arah mendatar dengan kecepatan v yang berubah-ubah setiap saat dikarenkan adanya percepatan yang konstan atau tetap.

Kecepatan yang terjadi pada GLBB akan mempengaruhi gerak benda yang berubah terhadap waktu karena adanya percepatan yang konstan atau tetap. Dengan begitu, terdapat beberapa persamaan-persamaan yang menjadikan konsep GLBB dapat dihitung dengan beberapa rumus terkait.

Tips menyelesaikan soal GLBB

Ketika membahas mengenai soal GLBB, tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami mengenai konsepnya. Beberapa pembahasan mengenai konsep atau definisi GLBB sudah diterangkan sebelumnya.

Perlu diingat, dalam pembahasan mengenai kelajuan terdapat kata kunci yang dapat membantu kita lebih memahami mengenai konsep dasar GLBB. Kelajuan umumnya terjadi pada gerak lurus berubah beraturan ini dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu gerak lurus dipercepat beraturan: bila kelajuan benda bertambah dengan nilai yang sama setiap sekonnya dan gerak lurus diperlambat beraturan: bila kelajuan benda berkurang dengan nilai yang sama setiap sekonnya.

Baca Juga: Proses Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan

Baca Juga: Rumus Periode Bandul dan Pegas

Baca Juga: Rumus Gas Ideal, Pembahasan dan Contoh Soal

Selain memahami mengenai konsepnya, lakukan beberapa hal berikut agar memudahkan kalian menyelesaikan permasalahan GLBB.

  1. Dari semua informasi yang diketahui dari soal atau permasalahan yang ada, tulis kembali poin pentingnya.
  2. Lakukan identifikasi soal. Apabila bentuknya berupa fungsi maka selesaikan dengan differensial/integral. Apabila soal tersebut berupa bangun ruang maka selesaikan dengan mencari luasan soalnya. Apabila soal tersebut mencari variabel yang tidak diketahui maka dapat digunakan persamaan-persamaan dasar GLBB.
  3. Apabila soal sukar dipahami, buatlah sketsa soal tersebut agar lebih memudahkan.

Video

Rumus Dasar GLBB

Keterangan:

  • v = kecepatan (m/s)
  • v0 = kecepatan awal (m/s)
  • a = percepatan (m/s2)
  • t = waktu (s)
  • s = jarak (m)
  • tanda (+) digunakan jika glbb dipercepat
  • tanda (-) digunakan jika glbb diperlambat

Contoh Soal GLBB

Contoh Soal 1

Sepeda motor bergerak dengan kecepatan awal 5 m/s kemudian digas dengan percepatan tetap sebesar 5 m/s2. Kecepatan sepeda motor setelah 5 s adalah…

A. 10 m/s
B. 20 m/s
C. 30 m/s
D. 40 m/s
E. 50 m/s

Pembahasan / penyelesaian soal

Pada soal ini diketahui:

  • v = 5 m/s
  • a = 5 m/s2
  • t = 5 s

Cara menjawab soal ini sebagai berikut:

  • v = v0 + a . t
  • v = 5 m/s + 5 m/s2 . 5 s = 5 m/s + 25 m/s = 30 m/s

Jadi soal ini jawabannya C.

Contoh Soal 2

Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan awal 10 m/s lalu dipercepat sehingga kecepatannya menjadi 30 m/s dalam waktu 4 detik. Percepatan mobil adalah…

A. 2 m/s2
B. 5 m/s2
C. 10 m/s2
D. 15 m/s2
E. 20 m/s2

Pembahasan / penyelesaian soal

Pada soal ini diketahui:

  • vo = 10 m/s
  • v = 30 m/s
  • t = s

Cara menghitung percepatan mobil sebagai berikut: