Tabel Chi Square Tutorial Lengkap


Tabel Chi Square Tutorial Lengkap – Dalam ilmu statistika, kita akan menemukan berbagai cara dalam menentukan uji hipotesis yang salah satunya adalah dengan cara metode chi-square atau dapat dikenal dengan istilah kai kuadrat. Chi-square menjadi salah satu kunci yang dapat kita terapkan dalam mencari nilai jenis uji komparatif non-parametris dan dengan dua variabel.

Pada dua variabel dalam sebuah uji hipotesis dapat berupa skala nominal. Apabila dari 2 variabel terdapat 1 variabel dengan skala nominal dapat menerapkan uji chi-square yang merujuk pada uji derajat terendah. Biasanya, uji non-parametris paling banyak digunakan dengan mengetahui beberapa syarat frekuensi responden atau sampel yang digunakannya.



Baca juga: R Tabel dalam Statistika dan Contohnya

Tabel chi-square sendiri merupakan salah satu jenis tabel dalam statistika yang didasarkan pada distribusi kai kuadrat (chi-square). Tabel ini digunakan untuk menentukan daerah kritis di dalam pengujian kesesuaian /kecocokan (goodness of fit test), uji homogenitas, dan uji independensi.



Leave a Comment