Sudut Sehadap, Berseberangan, Sepihak, dan Contohnya


Sudut Sehadap, Berseberangan, Sepihak, dan Contohnya – Dalam pembahasan bangun datar, tentunya tidak akan terlepas mengenai sudut-sudut yang menyusunnya. Sudut sendiri memiliki beragam macam dan jenisnya dan dapat dijadikan sebagai patokan mencari bentuk suatu bangun.



Sudut yang ada pada suatu bangun akan saling berhubungan apabila sudut-sudut tersebut sehadap, berseberangan, dan sepihak. Sudut-sudut ini terbentuk dengan adanya garis yang memotong dan dapat menjadi beberapa garis yang sejajar.

Kali ini, kita akan mempelajari mengenai materi sudut yang berhubungan dengan sudut sehadap, berseberangan, dan sepihak yang akan dijelaskan melalui contohnya. Berikut pembahasannya.

Baca juga: Rumus Hubungan Antar Sudut Dan Contoh Soal

Baca juga: Rumus Sudut Segitiga Dan Contoh Soal

Sudut sehadap

Sudut sehadap dapat kita perhatikan pada gambar berikut.



Sudut sehadap pada gambar di atas ditunjukkan pada garis A dan B yang sejajar. Kemudian, garis ini dipotong oleh garis C dengan menciptakan titik potong oleh garis C terhadap garis A dan B.

Secara berurutan, gambar di atas nampak dengan adanya sudut D1 dan E1 yang menghadap ke arah yang sama. Hal ini juga berlaku pada sudut D2 dan E2, D3 dan  E3, serta D4 dan E5

Besarnya sudut sehadap sama dan dua buah garis yang sejajar ini dipotong akan menghasilkan empat pasang sudut yang sehadap. Untuk lebih jelasnya dapat ditulis seperti berikut.



∠D1 sehadap dengan ∠E1  sehingga besarnya sudut ∠D1 = ∠E1

∠D2 sehadap dengan ∠E2  sehingga besarnya sudut ∠D2 = ∠E2

∠D3 sehadap dengan ∠E3  sehingga besarnya sudut ∠D3 = ∠E3

∠D4 sehadap dengan ∠E4  sehingga besarnya sudut ∠D4 = ∠E4

Baca juga: Sudut Istimewa Trigonometri Lengkap



Baca juga: Rumus Titik Berat Segitiga Dan Contoh Soal

Sudut berseberangan

Sudut sehadap dapat kita perhatikan pada gambar berikut.

Jika kita lihat, sudut D3 memiliki letak yang berseberangan dalam dengan sudut E1. Hal ini juga terjadi pada sudut D4 dengan sudut E2. pasangan kedua sudut ini dikatakan berseberangan dengan besar sudutnya yang sama besar di dalam.

Lalu, ada sudut D1 yang letaknya berseberangan di luar dengan sudut E3. Hal ini juga terjadi pada sudut D2 dengan sudut E4. Pasangan kedua sudut ini dikatakan berseberangan luar dengan besar sudutnya yang sama besar di luar.

Sudut sepihak

Sudut sepihak dapat dibagi menjadi dua, yaitu sudut sepihak dalam dan luar.

1. Sudut sepihak dalam

Suhu sepihak dalam dapat dilihat pada gambar berikut.

Pada gambar di atas, terdapat garis A dan B yang letaknya sejajar dan dipotong garis C pada titik D dan E. Terlihat bahwa sudut D3 dan E2 berada di dalam garis dan sepihak di sebelah kanan. Begitu juga pada sudut D4 dan E1 yang terletak sepihak di sebelah kiri. Dengan begitu, pasangan sudut ini dapat ditulis berikut.



Leave a Comment