Contoh Soal Satuan Panjang Kelas 3 SD


 Contoh Soal Satuan Panjang Kelas 3 SD – Tentunya kalian sudah sering mendengar istilah benda-benda yang mempunyai ukuran panjang. Benda-benda yang mempunyai ukuran panjang tentu saja memiliki satuan panjang. Satuan dalam sebuah benda dapat bermakna besaran pokok benda tersebut.



Terdapat banyak hal di sekitar kalian yang memiliki satuan panjang dan dapat diukur. Misalnya, tinggi badan kalian dapat diukur dengan satuan cm. Selain itu, jika kalian pernah melihat rambu lalu lintas mengenai jarak sebuah kota pasti kalian melihat ada satuan km yang mengikutinya. Hal-hal tersebut merupakan bagian dari satuan panjang.

Satuan panjang dapat berbeda-beda bergantung pada benda apa yang akan diukurnya. Dengan begitu, satuan panjang yang umumnya kita kenal terdiri atas beberapa ukuran. Kali ini kalian akan belajar mengenai satuan panjang. Agar lebih memahami lebih lanjut, mari simak materi berikut.

Baca juga: Contoh Soal Pembagian Kelas 3 Puluhan, Ratusan, Ribuan

Definisi Dan Pengertian

Satuan panjang dalam Satuan Internasional atau SI memiliki standar, yaitu meter (m). Satuan panjang masuk pada bagian besaran pokok dan menjadi satuan umum karena sering digunakan pada kehidupan sehari-hari.

Biasanya, satuan panjang digunakan sebagai alat untuk membandingkan besaran pada sebuah benda. Satuan panjang dapat juga dijadikan ukuran jarak dari satu titik ke titik yang lain. Operasi dari satuan panjang dapat memberikan informasi secara detail dan dapat memudahkan untuk mengukur suatu benda atau jarak.

Benda yang dapat diukur dengan satuan panjang dapat berupa dimensi sebuah benda. Misalnya, tinggi benda, lebar benda, jarak antar-kota, keliling bangun datar, dan lain sebagainya.



Baca juga: Contoh Soal Perkalian Kelas 3 Dan Jawabannya

Satuan panjang juga dapat diukur dengan menggunakan alat. Misalnya, meteran pita dapat digunakan untuk mengukur panjang kain dan penggaris mengukur panjang garis yang dibuat di buku. Meteran pita dan penggaris biasanya mengukur dengan satuan cm. Jika ingin mengukur sesuatu yang lebih panjang seperti kayu, kalian dapat menggunakan meteran saku.

Baca juga: Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Kelas 2 SD

Cara Mengukur Satuan Panjang

Di Indonesia, satuan panjang yang umum digunakan terdiri atas 7 satuan. Dalam menghitungnya, dapat menggunakan tangga konversi satuan panjang. Dengan memperhatikan letak satuannya, kalian dapat mengukur dan membandingkan panjang suatu benda.



Kunci:

  1. Setiap satuan turun ke bawah atau turun tangga satu kali harus dikali 10.
  2. Setiap satuan naik ke atas atau naik satu tangga harus dibagi 10.

Kunci di atas menjelaskan mengenai cara mengonversi sebuah satuan. Konversi adalah proses perubahan dari sebuah satuan ke satuan lain.Dalam mengkonversi atau mengubah satuan ukuran panjang dari suatu tingkat menjadi satu tingkat di bawahnya adalah dikalikan dengan 10, sedangkan untuk konversi satu tingkat di atasnya dibagi dengan angka 10. Lebih mudahnya jika naik dibagi banyaknya tangga satuan. Untuk satu tangga nilainya 10. Jika turun dikali banyaknya tangga satuan. Untuk satu tangga nilainya 10.

Baca juga: Tangga Satuan Panjang (Konversi Dan Contoh Soal)

Contoh Soal

Setelah memahami sekilas mengenai materi satuan panjang, coba lakukan latihan dengan soal-soal berikut untuk mengasah pemahaman kalian.

  1. 3 km = … m.
  2. Hitunglah operasi penjumlahan 40 hm + 2 km – 400 m = … dm.
  1. Sebuah lapangan memiliki panjang 300 meter. Apabila setiap orang yang harus mengelilingi lapangan bisa sampai 20 putaran. Dengan begitu, panjang lintasan yang dilalui setiap orang adalah … km
  2. Isyana berkeinginan bisa sampai menuju ke atas tebing yang memiliki ketinggian sekitar 60 m. Kemudian, sesudah ia berhasil mencapai sekitar 2,4 dam ia berhenti sejenak untuk bersantai. Selanjutnya, ia akan meneruskan lagi 1200 cm. Berapa meter lagi Isyana akan mencapai puncak tebing tersebut?
  3. Sebuah taman kota akan dipasang sebuah pagar besi yang akan digunakan sebagai penutup seluruh bagian taman. Jumlah besi yang terpasang diperkirakan sebanyak 1200 batang dengan ketinggian 72cm. Panjang besi yang diperlukan untuk menutupi seluruh taman kota tersebut adalah … m.

Pembahasan:



Leave a Comment