Materi Dan Soal Peluang Kelas 9 SMP


Materi Dan Soal Peluang Kelas 9 SMP – Jika kalian pernah memainkan permainan monopoli pasti kalian menggunakan dadu untuk bermain. Dadu yang kita gunakan untuk bermain kemungkinan besar hanyalah keuntungan. Namun, dalam dunia matematika angka kemunculan dadu dapat diramal atau diprediksi dengan baik apabila kita dapat menghitungnya.



Kegiatan memprediksi kemunculan angka pada sebuah dadu dalam dunia matematika disebut sebagai peluang. Peluang sendiri memiliki beberapa cara untuk menghitungnya sehingga kemungkinan dapat keluar sesuai dengan keinginan kita. Jika ingin memiliki kesempatan menang dengan mendapatkan angka yang besar tentunya dengan peluang keinginan kalian akan terwujud.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan belajar mengenai peluang yang terdiri atas pengertian, istilah dalam peluang, hingga contoh soal.

Baca juga: Cara Menghitung Peluang Dadu (Matematika)

Baca juga: Rumus Dan Contoh Soal Frekuensi Harapan

Pengertian Peluang

Peluang dapat disebut sebagai probalitas yang dimaknai sebagai sebuah kesempatan. Dalam istilah matematika, peluang diartikan sebagai kemungkinan yang akan terjadi atau muncul dari sebuah peristiwa. Peluang biasanya identik dengan peristiwa melemparkan dadu untuk mengetahui angka yang keluar.

Kejadian tertentu dari peluang akan muncul dengan memanfaatkan matematika yang diukur dengan tingkatan angka. Kemunculan peluang biasanya berada di rentang nilai antara 0 sampai 1 dengan keterangan sebagai berikut 0 ≤ P(k) ≤ 1.



Nilai 0 pada bentuk di atas menunjukkaan kejadian peluang akan terjadi atau mungkin tidak terjadi. Hal ini pun juga terjadi pada angka 1 dengan menunjukkan peluang yang kejadiannya adalah pasti.

Baca juga: Contoh Contoh Himpunan Dan Penjelasannya

Baca juga: Macam Macam Bilangan Dalam Perhitungan Matematika

Istilah dalam Peluang

Peluang memiliki beberapa istilah yang memiliki makna masing-masing karena bergantung pada fenomena kemunculannya. Berikut penjelasannya.

1. Percobaan

Percobaan dalam peluang menjelaskan mengenai fenomena peluang yang sedang terjadi. Biasanya, pada pelemparan dua buah dadu atau satu keping uang koin. Peluang dari fenomena tersebut harus memenuhi dua sifat dasarnya, yaitu setiap kejadian kemungkinan akan terjadi dan hasil dari kejadian memiliki hasil yang sulit ditentukan.

Misalnya, 2 buah dadu yang dilempar kemungkinan hasilnya adalah perpaduan dari 36 pasangan. Lalu, pelemparan 1 keping uang koin menghasilkan antara kepala atau ekor yang muncul.



2. Ruang dan Titik Sampel

Ruang sampel adalah kumpulan dari beberapa titik sampel yang disimbolkan dengan n(s). Dengan begitu, titik sampel adalah bagian dari ruang sampel yang kemudian jika berkumpul akan membentuk kelompok sampel yang disebut sebagai kejadian.



Leave a Comment