Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Contoh Soal Jarak Dan Kecepatan Kelas 5 SD


3. Sebuah kota memiliki jarak 175 km dengan kota lainnya dan dapat ditempuh menggunakan sepeda motor selama 3,5 jam. Dengan begitu, berapa kecepatan yang dibutuhkan sepeda motor untuk menempuh perjalanan tersebut?

Pembahasan:



Kecepatan = Jarak : waktu
= 175 km : 3,5 jam
= 50 km/jam.

4. Rumah Pratama dengan swalayan toko memiliki jarak 90 km. Suatu hari ia ingin berbelanja ke swalayan dengan mengendarai mobil dan berangkat pada pukul 08.30. Ia sampai di swalayan pada pukul 10.00. Jadi berapa kecepatan rata-rata mobil yang dikendarai Pratama?

Pembahasan:

Kecepatan = Jarak : waktu
= 90 : 3/2
= 90 x 2/3
= 60 km/jam.

5. Andi adalah seorang pelari dan ia pernah menempuh jarak 180 km dengan waktu 9 jam. Agar menyelesaikan garis finish, berapa kecepatan rata-rata yang dibutuhkan untuk berlari?

Pembahasan:

Kecepatan = Jarak : waktu
= 180 km : 9 jam
= 20 km/jam.

Baca juga: Cara Menghitung Matematika Dengan Cepat

Materi mengenai jarak dan kecepatan di kelas 5 ini memiliki dasar mengenai materi satuan panjang di kelas 4. Oleh karena itu, kalian harus selalu berlatih mengenai materi satuan panjang karena akan memudahkan kalian untuk mengerjakan soal jarak dan kecepatan.

Jangan patah semangat dan selalu belajar karena semuanya tidak akan sulit dengan banyak latihan. Semoga selalu dilimpahi rasa semangat untuk belajar ya.