Contoh Soal Jarak Dan Kecepatan Kelas 5 SD


Contoh Soal Jarak Dan Kecepatan – Tentunya rumah dan sekolah kalian memiliki letak yang berbeda, berjarak, dan membutuhkan kecepatan untuk sampai, bukan? Nah, rumah dan sekolah kalian memiliki batasan panjang dan biasanya disebut sebagai jarak. Ketika menempuh sebuah jarak kalian pasti perlu kecepatan. Besaran yang diperoleh dari jarak ini disebut sebagai kecepatan.



Pada kesempatan kali ini kalian akan mempelajari materi jarak dan kecepatan. Mari simak pembahasan berikut ini ya.

Jarak

Ketika kalian sedang berkendara, tentunya kalian sering melihat rambu lalu lintas seperti ini bukan?

Rambu tersebut merupakan jenis rambu penunjuk lokasi dan memberikan informasi mengenai jarak tempuh. Jarak merupakan batasan panjang yang didasari dari satuan panjang tertentu. Pada rambu di atas disebut sebagai jarak tempuh yang dimaknai sebagai panjang jalan yang diukur dari titik berangkat sampai titik tujuan.

Jarak tempuh pada rambu di atas diwujudkan dengan adanya satuan jarak, yaitu km.  Tahukah kamu satuan jarak apa saja yang bisa digunakan dan bagaimana cara mengukurnya?



Baca juga: Konversi Satuan Jarak (Rumus Dan Contoh Soal)

Pengukuran Jarak

Sebuah jarak tentunya dapat diukur dengan menggunakan alat yang disesuaikan dengan panjang jarak tersebut. Misalnya, pada jarak dengan skala cm kalian bisa menggunakan alat penggaris atau mistar, lalu jika mengukur jarak skala meter kalian bisa menggunakan meteran rol.

Selain alat pengukuran secara langsung seperti penggaris dan meteran rol, kalian bisa mengukur sebuah jarak menggunakan spidometer. Jarak pada spidometer dapat dilihat dengan mencari selisih angka ketika berangkat dengan angka saat tiba di tujuan. Spidometer biasanya terdapat pada kendaraan bermotor, seperti sepeda motor atau mobil. Dengan alat ini, kalian akan mudah untuk melihat kecepatan kendaraan saat di jalan yang menggunakan satuan km/jam.

Berdasarkan alat pengukurannya, jarak memiliki satuan yang sama dengan satuan panjang, yaitu kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), meter (m), desimeter (dm), centimeter (cm), dan milimeter (mm). Saat kelas 4, kalian tentu mempelajari satuan panjang yang apabila turun satu tingkat maka harus dikalikan 10 dan apabila naik satu tingkat maka harus dibagi 10.



Baca juga: Tangga Satuan Panjang (Konversi Dan Contoh Soal)

Kecepatan

Ketika kalian menempuh sebuah jarak, kalian pasti menggunakan kecepatan untuk menyesuaikan ketetapan sampai di tempat tujuan. Kecepatan dapat diartikan sebagai jarak yang ditempuh suatu benda dalam suatu waktu. Dengan begitu, sebuah kecepatan memiliki satuan jarak dan jam, seperti km/jam, m/detik, atau m/menit.

Sebuah satuan kecepatan dapat diubah-ubah dengan menyesuaikan kebutuhan. Misalnya, 1 km/jam dapat memiliki makna 1 km setiap 1 jam. Apabila satuan km diubah menjadi satuan meter menjadikan satuan jam harus diubah ke satuan detik.



Leave a Comment