Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Kumpulan Soal Aritmatika Sosial Dan Jawaban


Kumpulan Soal Aritmatika Sosial Dan Jawaban – Jika membahas mengenai aritmatika, tentunya kalian akan terfokuskan pada tampilan matematika yang berupa angka. Namun, apakah kalian mengetahui bahwa aritmatika dapat berhubungan dengan kehidupan sosial kalian sehari-hari. Misalnya, saat kalian berkunjung ke pasar kalian akan melihat harga barang yang diskon, atau barang yang terkena pajak, dan lain sebagainya.

Aritmatika menjadi pengkajian dalam bilangan matematika. Aritmatika biasanya diterapkan melalui penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, selanjutnya kalian akan mengenai istilah aritmatika sosial.



Aritmatika sosial merupakan salah satu materi dalam matematika yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti bidang ekonomi, geografi, hingga sosiologi. Biasanya, aritmatika dapat diterapkan untuk memecahkan masalah dalam dunia perdagangan, perbankan, dan lain sebagainya. Hal ini akan memberikan dampak yang baik seperti dapat melihat harga jual, keuntungan atau kerugian, hingga diskon.

Dalam penerapannya, aritmatika sosial dapat menggunakan berbagai konsep matematika seperti penggunaan aljabar. Agar lebih memahami konsep aritmatika sosial lebih lanjut, pahami pembahasan berikut dengan saksama ya.

Baca juga: Materi Barisan Dan Deret Aritmatika

Harga Pembelian dan Harga Penjualan

Di kehidupan sehari-hari, kalian pasti pernah mendatangi atau hanya sekadar mengetahui tentang pasar. Pasar merupakan sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan sebuah kegiatan transaksi. Kegiatan transaksi yang dilakukan adalah jual dan beli barang atau jasa.

Jual beli menjadi kegiatan yang selalu diterapkan ketika di pasar. Hal ini terjadi ketika penjual memberi barang ke pembeli sehingga pembeli harus menyerahkan uang untuk mengganti barang yang dijual oleh penjual. Uang yang diserahkan merupakan simbol dari pembelian harga sebuah barang.

Dari barang yang dijual, terdapat istilah harga pembelian dan harga penjualan. Harga pembelian memiliki makna harga yang dibeli pedagang dari pabrik atau modal kemudian ia jual kembali di pasar. Lalu, harga pembelian selanjutnya yang dibeli oleh pembeli disebut sebagai harga penjualan dari sang penjual di pasar.

Akan ada situasi tertentu yang menjadikan suatu harga pembelian atau modal diakumulasikan dengan biaya pengangkutan, transportasi, atau ongkos biaya lainnya. Dengan begitu, harga penjualan harus ditetapkan berdasarkan jumlah uang yang keluar untuk membeli suatu barang.

Agar lebih memahami mengenai harga pembelian dan penjualan, perhatikan masalah berikut.