Simetri Putar Persegi Panjang Matematika


Simetri Putar Persegi Panjang – Dalam kehidupan sehari-hari pasti kalian pernah melihat atau memiliki sebuah benda yang berbentuk persegi panjang, seperti papan tulis atau meja belajar kalian. Jika ditelisik melalui bidang geometri, persegi panjang merupakan salah satu bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh dua pasang sisi yang sama panjang dan sejajar. Dengan adanya dua pasang sisi yang sama panjang ini, persegi panjang memiliki ukuran panjang dan lebar untuk mencari luasnya.



Bidang datar persegi panjang tentunya memiliki perbedaan yang menjadikan suatu benda memiliki ciri-ciri sebagai persegi panjang. Salah satu karakteristik yang mencolok dari sebuah bangun datar adalah adanya aspek simetri. Pada persegi panjang memiliki dua karakteristik simetri, salah satunya adalah simetri putar.

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai simetri putar pada persegi panjang yang menjadi karakteristiknya menjadi sebuah bangun datar. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Perbedaan Simetri Lipat dan Simetri Putar

Baca juga: Simetri Putar Bangun Datar pada Matematika

Bangun Datar Persegi Panjang

Persegi panjang merupakan sebuah bangun datar dua dimensi yang dibentuk berdasarkan dua pasang sisi yang masing-masing memiliki panjang dengan kesamaan ukuran dan sejajar dengan pasangannya. Persegi panjang memiliki empat buah sudut yang dilengkapi dengan sudutnya yang siku-siku.

Persegi panjang menjadi turunan pada bidang datar segi empat dengan ciri khusus yang memiliki sisi yang sejajar dan sama panjang serta memiliki sudut 90 derajat. Persegi panjang memiliki rusuk terpanjang yang dapat digunakan sebagai panjang (p) dan rusuk terpendek yang disebut sebagai lebar (l). Dengan adanya rusuk tersebut, persegi panjang dapat ditemukan luasnya dengan rumus panjang x lebar dan kelilingnya dengan rumus 2 (p + l).

Persegi panjang sebagai sebuah bangun datar juga memiliki sifat-sifat sebagai berikut.



  1. Persegi panjang memiliki sisi yang berhadapan sama panjang.
  2. Sudut pada sebuah persegi panjang terdiri atas empat dengan besar 90 derajat sehingga membentuk sudut siku-siku.
  3. Persegi panjang memiliki diagonal-diagonal yang memiliki panjang sama dan dapat membagi dua.

Jika dilihat pada gambar di atas, kita dapat mengetahui bahwa persegi panjang ABCD memiliki 20 persegi yang terdiri atas 5 persegi satuan panjang dan 4 persegi satuan lebar. Dengan begitu dapat kita ambil luas persegi panjang di atas dengan panjang x lebar = 5 x 4 = 20.

Baca juga: Jumlah Simetri Putar Persegi, Segi Lima, dan Segi Enam

Baca juga: Jumlah Simetri Putar Segitiga Sama Kaki

Simetri Putar Persegi Panjang

Setiap bangun datar dapat memiliki sebuah simetri putar yang dapat disesuaikan dengan bentuk bangunannya. Bangun datar yang memiliki panjang yang sama biasanya dapat memiliki simetri putar yang sesuai dengan sisi-sisinya. Sebuah bangun datar dapat memiliki simetri putar jika bangun datar tersebut memiliki titik pusat dan ketika diputar kurang dari satu putaran dapat kembali ke bentuk semula. Titik pusat pada sebuah bangun memberikan gambaran sebuah bingkai sehingga dapat kita lihat bayangan bangun datar yang yang menempati bingkainya.



Leave a Comment