Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Simetri Lipat Bangun Datar pada Matematika


Simetri Lipat Bangun Datar pada Matematika – Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan sering melihat benda atau hal-hal di sekitar yang terlipat. Misalnya, kertas pada sebuah buku berbentuk persegi dan apabila dilipat dengan sudut yang tepat kertas tersebut akan membentuk sebuah garis lipatan. Hal ini karena kertas tersebut memiliki simetri lipat karena berbentuk persegi.

Persegi sendiri merupakan salah satu bidang datar geometri dan menjadi suatu bentuk geometris dua dimensi dengan beberapa sifat serta  ciri-cirinya. Pada bidang datar sendiri mengenal berbagai macam istilah pula untuk mengetahui aspek pada masing-masing sebuah bangunan. Misalnya, aspek simetri dalam sebuah bangun datar.



Simetri pada bangun datar merupakan hal dasar yang memberikan keterangan lebih lanjut mengenai masing-masing bidang datar. Namun, bidang datar yang memiliki berbagai jenis belum tentu memiliki hal-hal yang bersifat simetri. Salah satunya adalah konsep simetri lipat pada sebuah bangun datar. Bahkan, ada beberapa bangun datar yang tidak memiliki sama sekali sebuah simetri di setiap aspeknya.

Baca juga: Perbedaan Simetri Lipat dan Simetri Putar