Sifat-Sifat Kubus Dan Balok


Sifat Kubus Dan Balok – Berbicara soal bangun ruang maka tidak akan lepas dari yang namanya kubus dan balok. Kedua bangun ruang ini memang terlihat lebih sederhana dibandingkan dengan bangun ruang lainnya. Sehingga rumus perhitungan luas, keliling, dan rumus-rumus lainnya tidak terlalu sulit.



Jika dilihat sekilas, kubus dan balok mempunyai bentuk yang tampak mirip. Walaupun sama-sama terdiri dari bangun datar segi empat, keduanya tetap saja berbeda. Maka dari itu untuk mengetahui perbedaan tersebut kita bahas sifat-sifat kubus dan balok. Mari kita pelajari dari pengertiannya terlebih dahulu.

Baca juga: Sifat Sifat Bangun Datar

Apa itu Kubus dan Balok

Baik kubus maupun balok tergolong dalam bangun ruang yang dibatasi oleh enam sisi. Karena tergolong bangun ruang, maka keduanya memiliki volume, atau juga bisa disebut dengan istilah bangun tiga dimensi. Kubus dan balok sama-sama masuk dalam kategori bangun ruang sisi datar. Sebab sisi-sisi keduanya merupakan bangun datar dua dimensi.

Jika diperhatikan sekilas keduanya memang mempunyai kemiripan. Kendati demikian keduanya tetap memiliki sejumlah perbedaan. Apa saja perbedaan kubus dan balok akan terlihat dari sifat-sifatnya.

Sifat-sifat Kubus



Sifat-sifat kubus ada cukup banyak. Sebagai gambaran kalian bisa lihat contoh bentuk kubus di atas. Dari gambar tersebut kita tahu sifat-sifat kubus sebagai berikut:

  1. Mempunyai 8 titik sudut. Titik sudut adalah titik potong antara 3 rusuk yang saling tegak lurus. Contohnya adalah sudut A merupakan titik potong rusuk AB, AD, dan AE. Sehingga titik A, B, C, D, E, F, G, dan H merupakan titik sudut.
  2. Dibatasi oleh 6 sisi kongruen berbentuk persegi. Selain itu terdapat 3 pasang sisi yang saling berhadapan dan sisi yang berhadapan saling sejajar. Antara lain ABCD // EFGH, BCGF // ADHE, dan ABFE // DCGH.
  3. Mempunyai 12 rusuk. Rusuk merupakan garis potong antara dua bidang yang saling tegak lurus. Contohnya rusuk AB merupakan garis potong bidang ABCD dengan bidang ABFE. Selain itu garis AB, AD, AE, BC, BF, CD, CG, DH, EF, EH, FG, dan GH juga merupakan rusuk dari kubus.
  4. Mempunyai 12 diagonal sisi. Diagonal sisi adalah garis yang menghubungkan dua buah titik sudut dan melewati titik tengah bidang sisi. Dari gambar di atas yang merupakan diagonal sisi adalah AC, AF, AH, BD, BE, BG, CF, CH, DE, DG, EG, dan FH.
  5. Mempunyai 6 bidang diagonal. Bidang diagonal merupakan bidang yang membelah ruang yang terbentuk oleh dua diagonal sisi dengan dua rusuk. Bidang diagonal dari kubus di atas contohnya adalah ABGH. Bidang diagonal ini dibentuk oleh diagonal sisi BG dan diagonal sisi AH, serta rusuk AB dan rusuk GH. Selain itu ABGH, CDEF, ADGF, ACGE, BDHF, dan BCHE juga merupakan bidang diagonal.

Sifat-sifat Balok



Leave a Comment