Sifat-Sifat Semua Bangun Datar Lengkap


Sifat-Sifat Bangun Datar – Ada cukup banyak hal yang bisa kita bahas dari materi bangun datar. Selain rumus luas atau keliling, kita juga bisa membahas sifat atau ciri-ciri dari bangun datar itu sendiri. Sebab seperti yang diketahui masing-masing bangun datar memiliki bentuk yang berbeda. Hal tersebut membuatnya memiliki sifat-sifat tertentu yang mungkin tidak dimiliki bangun datar lainnya.

Sekilas tentang Bangun Datar

Bangun datar adalah bangun dua dimensi yang mempunyai keliling dan luas, namun tidak mempunyai isi atau volume. Ada cukup banyak definisi dari bangun datar. Ada pula yang mengartikan bangun datar sebagai bangun dua dimensi atau sebuah bidang datar yang dibatasi \garis lurus atau garis lengkung.



Ada cukup banyak jenis bangun datar yang bisa kita pelajari. Antara lain persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, dan lain sebagainya. Pada kesempatan ini kita bahas mengenai sifat-sifat bangun datar tersebut. Langsung saja berikut pembahasan selengkapnya.

Baca juga: Rumus Luas Dan Keliling Bangun Datar

Sifat-sifat Bangun Datar

Sifat-sifat Persegi

Kalian tentu sudah tidak asing dengan bangun datar yang satu ini. Persegi merupakan sebuah bangun datar yang mempunyai empat titik dan sisi, dimana sisi-sisi tersebut sama panjang. Sifat bangun datar persegi adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki empat sudut siku-siku
  2. Mempunyai empat sisi yang sama panjang
  3. Memiliki dua diagonal yang sama panjang
  4. Mempunyai simetri lipat yang berjumlah empat
  5. Memiliki empat simetri putar

Sifat-sifat Persegi Panjang

Persegi panjang merupakan sebuah bangun datar segi empat sama seperti persegi. Yang membedakan keduanya terletak pada sisinya. Persegi panjang mempunyai dua pasang sisi sejajar yang sama panjang. Artinya dua sisi bisa lebih panjang dari dua sisi lainnya. Berikut adalah sifat dari persegi panjang:



  1. Memiliki dua pasang sisi yang panjangnya sama
  2. Mempunyai empat sudut siku-siku
  3. Memiliki dua diagonal yang sama panjang dan saling berpotongan
  4. Memiliki dua simetri putar
  5. Mempunyai simetri putar tingkat dua

Sifat-sifat Belah Ketupat

Belah ketupat merupakan bangun datar yang tampak seperti persegi. Bisa diartikan bahwa belah ketupat adalah bangun datar dua dimensi yang terbentuk oleh empat segitiga siku siku, yang masing-masing segitiga tersebut sama besar dengan sudut di hadapannya. Sifat dari belah ketupat adalah:

  1. Mempunyai empat sisi yang sama panjang
  2. Setiap sudut yang berhadapan sama besar
  3. Mempunyai simetri putar tingkat dua
  4. Memiliki simetri lipat sebanyak dua
  5. Diagonal pada bangun datar ini menjadi sumbu simetrinya
  6. Diagonal yang berpotongan memiliki panjang yang sama
  7. Kedua diagonalnya saling tegak lurus

Sifat-sifat Layang-layang

Layang-layang adalah bangun datar segi empat yang terbentuk dari gabungan dua segitiga sama kaki yang alasnya memiliki panjang yang sama dan berimpit. Layang-layang mempunyai beberapa sifat, di antaranya:



  1. Memiliki empat titik sudut
  2. Mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
  3. Terdapat diagonal yang saling tegak lurus
  4. Satu diagonal membagi layang-layang menjadi dua bangunan
  5. Mempunyai satu simetri lipat

Sifat-sifat Jajar Genjang

Jajar genjang merupakan bangun segi empat yang mempunyai 2 pasang sisi sejajar dan sama panjang, serta memiliki sudut yang berhadapan dan sama besar. Beberapa sifat dari jajar genjang adalah:

  1. Mempunyai sepasang sisi yang sejajar
  2. Sisi yang berhadapan sama besar
  3. Memiliki dua pasang sudut yang berhadapan dan sama besar
  4. Tidak memiliki simetri lipat
  5. Memiliki simetri putar tingkat dua

Sifat-sifat Lingkaran

Lingkaran merupakan kumpulan titik–titik yang membentuk sebuah lengkungan dan mempunyai panjang yang sama terhadap satu titik tertentu. Sifat-sifat lingkaran adalah:

  1. Memiliki satu sisi
  2. Tidak mempunyai sudut
  3. Jumlah simetri lipat lingkaran tidak terhingga
  4. Simetri putarnya tak terhingga

Sifat-sifat Segitiga



Segitiga merupakan bangun datar yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Segitiga bisa dibagi menjadi beberapa macam, seperti menurut sudutnya atau berdasarkan bentuknya. Beberapa jenis segitiga yang kita kenal adalah segitiga siku-siku, tumpul, lancip, sama sisi, sama kaki, hingga segitiga sembarang. Sebelumnya sudah kami bahas mengenai sifat bangun datar ini. Secara garis besar sifat segitiga adalah:

  1. Memiliki tiga sudut
  2. Mempunyai tiga sisi
  3. Jika tiga sudut dijumlahkan maka akan menghasilkan 180 derajat

Sifat-sifat Trapesium

Trapesium adalah salah satu jenis bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat rusuk, dimana dua di antaranya saling sejajar namun tidak sama panjang. Di bawah ini adalah beberapa sifat trapesium:

  1. Mempunyai dua sudut siku-siku, khusus untuk trapesium siku-siku
  2. Mempunyai dua sisi sejajar, namun panjangnya tidak sama
  3. Mempunyai dua sudut yang sama besar khusus untuk trapesium siku-siku
  4. Sudut di antara sisi sejajar memiliki besar 180 derajat.

Baca juga: Rumus Luas Lingkaran Dan Contoh Soal

Itulah beberapa sifat dari masing-masing jenis bangun datar. Seperti yang sudah diketahui, masing-masing bangun datar tersebut mempunyai sifat yang berbeda-beda. Oleh karenanya bentuknya pun juga tidak sama.

Mempelajari rumus keliling dan luas masing-masing bangun datar itu penting. Akan tetapi jangan lupa untuk mempelajari apa saja sifat-sifat dari bangun datar tersebut. Sebab memahami sifat masing-masing bangun datar dua dimensi akan memudahkan kita ketiak mengerjakan soal ulangan seputar bangun datar.



Leave a Comment