Sifat Sifat Kerucut Dan Gambar Jaring-Jaringnya


Kita bisa gambar dengan jangka, piring, atau benda berbentuk lingkaran lainnya. Atau juga bisa dengan pensil yang diikatkan pada benang. Ketika menggambar setengah lingkaran pastikan sisi lurusnya sejajar dengan pinggir kertas, sehingga tidak perlu memotong atau menggambar terlalu banyak.

Potong Setengah Lingkaran

Setelah menggambar setengah lingkaran, selanjutnya potong garis tersebut dengan memakai gunting. Bagian tersebut akan menjadi pinggiran alas kerucut.



Rekatkan Kedua Ujung Sisi Lurus

Agar terbentuk sebuah kerucut, rekatkan kedua ujung sisi lurus dengan memakai lem, stapler, maupun selotip. Perlu diingat, saat menempelkan kedua ujung sisi lurus setengah lingkaran kita bisa menentukan seberapa besar atau kecil kerucut yang ingin dibuat. Jika semakin banyak bagian yang tumpang tindih maka akan membuat kerucut semakin kecil, begitu juga sebaliknya. Untuk membuat alas kita tinggal menyesuaikan ukurannya dengan kerucut yang sudah kita buat.

Baca juga: Rumus Volume Dan Luas Permukaan Tabung

Sekian yang bisa kami sampaikan mengenai kerucut. Semoga pembahasan di atas membuat kalian lebih paham dengan bangun ruang kerucut. Termasuk bagaimana cara membuat kerucut.



Leave a Comment