Sifat Besi Secara Kimia dan Secara Fisika


Sifat Besi Kimia dan Fisika – Besi dapat dilihat sebagai unsur kimia yang terdapat pada muka bumi. Jika dilihat dari tabel periodik, besi memiliki nama unsur kimia ferum atau FE. Massa jenis besi juga cukup tinggi jika dibandingkan dengan unsur kima lainnya. Dengan massa jenis besi yang tinggi membuatnya memiliki volume yang lebih kecil jika dibandingkan dengan unsur lain.



Berdasarkan massa jenisnya, besi memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Umumnya, sifat besi sebagai logam yang memiliki warna silver atau putih mengilap. Besi sebenarnya memiliki unsur yang elastis dan lunak sehingga besi dapat ditarik tanpa terancam putus. Besi juga mudah untuk ditempa agar dapat dibentuk.

Besi juga memiliki sifat yang sangat reaktif dan membuatnya dapat digunakan untuk bahan campuran dari paduan logam. Seperti contoh, besi dapat dicampurkan dengan elemen karbon untuk menciptakan logam baja.

Dengan sifat besi yang reaktif dan karbon sebagai unsur pengeras dengan mencegah dislokasi dan bergeser pada kisi kristal dari atom penyusun besi. Tanpa karbon ini maka struktur kristal dari besi murni tidak memiliki resistensi antar-atom dan akan saling melewati satu sama lain sehingga menjadi sangat lembek.

Baca juga: Massa Jenis Baja dan Material Lainnya

Baca juga: Penjelasan Bagian-Bagian Lingkaran



Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai sifat-sifat dari besi. Berikut pembahasannya.

Profil besi

Besi memiliki unsur ferum dengan simbol Fe. Besi merupakan kelompok logam transisi yang merupakan unsur alami yang terdapat pada kerak bumi. Manfaat besi baru diketahui ketika manusia dapat memisahkannya dari senyawanya.

Besi banyak digunakan untuk berbagai alat, seperti senjata, perabotan dan alat-alat rumah tangga, dan benda lainnya yang memanfaatkan besi sebagai komponennya.

Sifat besi

Sebagai benda padat, besi memiliki sifat yang melatarbelakanginya dan terdiri atas sifat fisika dan sifat kimianya. Berikut pembahasannya.



1. Sifat fisika besi

Sifat fisik besi bisa dilihat dari wujud luarnya yang berwarna putih keperakan dan mengkilap. Karakteristik besi salah satunya adalah elastis dan lunak.

Adapun yang dimaksud besi bersifat elastis adalah karena dapat ditarik tanpa terputus. Selain itu, besi juga termasuk logam lunak, yakni dapat ditempa menjadi bentuk-bentuk tertentu.

Kekuatan tarik besi juga sangat tinggi karena sifat elastisnya. Oleh karena itu, besi dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan.
Besi bisa dengan mudah dibentuk, dibengkokkan, dipotong, digulung, hingga dapat dipadukan dengan logam yang lainnya.

2. Sifat kimia besi

Jika dilihat dari sifat kimianya, besi merupakan logam yang tergolong sangat aktif. Unsur ini mudah sekali bereaksi dengan oksigen di udara.



Leave a Comment