Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Komponen Dan Contoh Sequence Diagram


Sequence Diagram

Selanjutnya lifeline tersebut nantinya digambarkan menjadi kota jika objeks melakukan sebuah operasi, kotak tersebut biasa disebut dengan activation box. Objek bisa dibilang memiliki live activation ketika tersebut.

Sementara untk message yang dipertukarkan antar objek digambarkan sebagai suatu anak panah antara activation box pengirim dan penerima. Lalu dibagian atasnya akan diberikan label pesan.



Contoh Sequence Diagram Login

Contoh sequence diagram login

Setiap program yang ingin dibuat tentunya ada sebuah login, dimana login tersebut berfungsi untuk membatasi para pengguna dalam mengaksesnya. Dengan adanya login maka program akan menjadi lebih aman. Selain itu, login juga akan membuat pengguna menjadi lebih terprivasi.

Biasanya login akan menggunakan sebuah username dan kata sandi. Jika username dan kata sandi sudah sesuai atau match maka user sudah bisa masuk untuk membuka program. Apabila suatu login digambarkan dengan sequence diagram maka akan nampak seperti pada gambar berikut ini.

Dari contoh sequence digram login diatas maka bisa disimpulkan bahwa program mempunyai dua aktor, yakni admin dan pegawai. Baik itu user ataupun pegawai mempunyai proses yang sama untuk login.

  1. Admin atau pegawai diharuskan untuk memasukkan username dan kata sandi kedalam program dengan melalui form yang sudah disediakan.
  2. Secara otomatis sistem akan langsung mengecek username dan kata sandi yang sudah dimasukkan.
  3. Jika sudah benar maka user atau admin bisa langsung mengakses sistem. Namun jika salah maka harus kembali lagi ke halaman login.

Kesimpulan