Rumus Terbilang Excel Manual Semua Versi


Rumus Excel Terbilang Excel –  Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang rumus terbilang excel semua versi mulai dari 2007, 2010, 2016, dan 2003 dengan sangat mudah dan lebih cepat tanpa formula yang panjang yaitu dengan menggunakan plugins dari microsoft excel.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk membuat terbilang di microsoft excel. Akan tetapi, sudah banyak yang telah kami coba dan cara yang akan kami berikan kali inilah yang dijamin pasti akan sangat mudah untuk Anda gunakan.

Rumus Terbilang Excel Manual Semua Versi

Hal tersebut karena Anda hanya perlu download addins terbilang kemudian bisa langsung menggunakannya dengan sangat mudah. Anda cukup ketikan kata terbilang (letak cell), setelah itu akan segera muncul tulisan dari cell yang sudah dipilih.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai rumus terbilang, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian microsoft excel beserta rumus terbilang supaya nantinya bisa memudahkan Anda dalam memahami rumus terbilang. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Microsoft Excel

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft excel adalah program aplikasi Microsoft Office yang biasa digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).  Microsoft excel ini merupakan sebuah aplikasi yang digunakan khusus untuk pengolah angka, dimana aplikasi ini dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.

Spreadsheet Microsoft Excel 2004 pada umumnya dijalankan di Mac OS X 10.5. Microsoft Office Excel atau yang bisa disebut dengan Microsoft Excel ini adalah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang telah didistribusikan secara khusus oleh Microsoft Corporation serta bisa dijalanan pada Microsoft Windows dan juga Mac OS.

Lalu Apa Itu Rumus Terbilang Excel?

Pada dasarnya, rumus terbilang merupakan sebuah fungsi dalam aplikasi microsoft excel yang telah dikembangkan oleh Microsoft dan memiliki banyak sekali fitur yang dapat digunakan. Adapun beberapa fitur yang bisa Anda gunakan pada rumus terbilang excel adalah grafik, kalkulasi, tabel dan juga lain sebagainya.

Sedangkan pengertian dari rumus terbilang adalah sebuah rumus atau cara yang pada umumnya digunakan khusus untuk mengubah angka menjadi huruf namun dalam bahan Indonesia yang terbilang baku. Rumus ini banyak digunakan dalam dunia keuangan untuk dapat memastikan nilai sesuatu. Hal ini bertujua untuk mengantisipasi supaya tidak salah ketik. Seperti misalnya angka “100.000”  maka untuk terbilangnya cukup “seratus ribu” dan bukan “satu nol nol nol nol”.

Baca Juga: Belajar Rumus Excel Lengkap

Rumus Terbilang Excel

Berbeda halnya dengan fungsi excel yang umumnya sudah tersedia dalam paket standar, rumus terbilang excel ini bisa dibilang merupakan metode yang sangat unik. Hal ini karena Anda nantinya akan membutuhkan unsur tambahan yang didapatkan dari sumber diluar.

Agar bisa merubah sebuah angka menjadi huruf, seperti misalnya angka 100.000 menjadi seratus ribu tentunya Anda akan membutuhkan sebuah Add-Ins. Nah, supaya fitur tambahan ini nantinya bisa berjalan maka Anda harus mematikan security macro terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa langkah dalam membuat angka terbilang pada aplikasi Microsoft Excel. Sebenarnya cara ini juga dapat Anda terapkan pada versi lain hanya saja akan ada sedikit perbedaan.

Pertama, Anda harus menon-aktifkat terlebih dahulu securitu macro dengan cara sebagai berikut ini:

  • Silahkan Anda klik menu pada Microsoft Excel dan pilih Options.
  • Jika jendela Excel Options sudah tampil, klik Trust Center, lalu Anda klik Trust Center Settings.
  • Setelah itu Anda akan melihat Macro Setting. Silahkan Anda klik Enable all macros dan juga OK hingga 2 kali

Kedua, silahkan Anda instal Add-ins Terbilang Excel dengan cara sebagai berikut:

Namun sebelum itu Anda harus download terlebih dahulu add-ins terbilang pada tombol di bawah ini:

DOWNLOAD ADD-INS TERBILANG

  • Silahkan Anda klik menu file pada Microsoft Excel kemudian klik Options.
  • Jika jendela Excel Options sudah muncul maka Anda bisa klik add-ins.

Add-ins

Add-ins

  • Silahkan klik tomboll go kemudian akan tampil jendela Add-ins. Setelah itu klik Browse…….

Add-ins.

Pilih browser

  • Cari letak dimana file Add-ins Terbilang yang telah Anda download tadi lalu klik OK.

Cari letak file Add-ins

Anda harus memilih file yang sudah didownload tadi klik OK

  • Anda bisa memberikan anda ceklist pada terbilang klik OK. Nah, sekarang Anda sudah bisa menggunakan rumus terbilang excel

Ceklis-Terbilang

Selanjutnya Ceklis-Terbilang

Ketiga, langkah-langkah dalam menggunakan rumus terbilang untuk dapat merubah angka menjadi huruf :

  • Silahkan Anda ketik angka berapapun itu di sebuah cell, misalnya saja A1. Selanjutnya bisa Anda arahkan kalimat terbilangnya pada B1. Sebagai contoh, bisa Anda ketik angka 1324567 pada A1.

rumus terbilang

  • Supaya mendapatkan hasil pada B1, Anda bisa mengetikkan rumus =terbilang (A1) pada cell tersebut. Selanjutnya Anda bisa tekan tombol enter. Dengan menggunakan cara yang terbilang sangat mudah ini Anda sudah bisa mendapatkan hasil berupa kalimat bilangan “Satu juta tiga ratus dua puluh empat ribu lima ratus enam puluh tujuh” tanpa harus repot-repot mengetiknya secara manual.

terbilang angka ke huruf

  • Jika Anda ingin menambahkan kata rupiah di bagian belakangnya, cukup Anda tambahkan bagian rumus yaitu “& rupiah”.

Menambahkan nominal rupiah

  • Disamping itu, Anda juga bisa merubah huruf kecil menjadi besar dengan sangat mudah. Caranya adalah dengan menambahkan kata “UPPER” pada bagian depan.

Fungsi UPPER

  • Ada juga variasi penulisan lainnya seperti huruf kapital pada setiap awal kata, dengan cara menambahkan kata “PROPER” pada bagian depan.

Fungsi PROPER

 

Baca Juga: Rumus Excel Vlookup Dan Hlookup

Pemakaian Add-ins Terbilang pada Microsoft Excel merupakan salah satu alternatif cara yang paling tepat bagi Anda yang masih belum terbiasa dalam mengoperasikan visual basic application (vba). Rumus ini bisa dibilang cukup panjang dan sangat rumit. Ini dikarenakan Anda harus menyusun rumus sendiri.

Disamping itu, untuk penerapan script hanya dapat digunakan secara terbatas pada worksheet dimana Anda bisa meletakkan rumus terbilang tersebut. Sementara model add-ins merupakan model yang sudah tersedia dalam bentuk file sehingga bisa langsung Anda download dan di install secara langsung.

Kapan pun itu Anda membuka Microsoft Excel dan sedang membutuhkan fungsi terbilang, pengerjaan bisa dilakukan secara otomatis, tanpa perlu bersusah payah untuk menyusun scriptnya kembali.

Seperti yang kita tahu bersama bahwa efisiensi waktu dan juga tenaga sangat penting dalam operasional kerja, apalagi ketika Anda sedang dikejar deadline. Maka dari itu, kami sarankan untuk tetap memanfaatkan fungsi terbilang excel dalam bentuk Add-ins daripada Anda harus menggunakan script yang sudah pasti panjang dan sangat rumit sebagai alat untuk dapat merubah tulisan angka menjadi huruf.

Demikian pembahasan dari kami pada kesempatan kali ini mengenai rumus fungsi terbilang pada Excel yang sudah kami ulas secara lengkap dan jelas sehingga bisa dipahami dengan baik. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan kali ini bisa memberikan manfaat atau setidaknya dapat menambah wawasan pembaca semua. Terima kasih sudah mengunjungi website kami.



Loading...

Leave a Comment