Rumus-Rumus pada Segitiga Siku-Siku dan Contoh Soal


Rumus Segitiga Siku-Siku – Segitiga adalah bentuk bangun datar dua dimensi yang memiliki konsep poligon. Segitiga memiliki berbagai macam bentuk yang memiliki ciri khas tersendiri di masing-masing bangunnya. Salah satu bangun segitiga yang memiliki ciri khas tersendiri adalah segitiga siku-siku.



Segitiga siku-siku menjadi bagian dari bangun segitiga yang memiliki keistimewaan dan membedakannya dengan segitiga lainnya. Penamaan segitiga ini berasal dari salah satu sudutnya yang memiliki bentuk siku-siku dan menjadi dasar sehingga dapat membuat segitiga siku-siku memiliki ciri khas.

Tentunya, dalam pembahasan segitiga siku-siku akan ditampilkan beberapa rumus dasarnya yang menjadikan segitiga sebagai bangun datar. Selain itu, rumus-rumus yang ditampilkan terdapat pembahasan khusus yang berhubungan dengan teorema Phytagoras.

Baca Juga: Rumus Titik Berat Segitiga Dan Contoh Soal

Baca Juga: Simetri Lipat Segitiga, Segi Lima, Bintang, dan Persegi

Baca Juga: Cara Mencari Panjang Sisi Segitiga Lengkap



Pada kesempatan kali ini kalian akan mempelajari mengenai rumus-rumus dari segitiga siku-siku. Berikut pembahasannya.

Konsep segitiga siku-siku

Secara sederhana, segitiga siku-siku dapat dimaknai sebagai bagian dari bangun segitiga yang salah satu sudutnya mempunyai sudut 90  derajat yang siku-siku dan tegak lurus. Sifat umum dari segitiga siku-siku di antaranya, memiliki 2 sisi yang saling tegak lurus, memiliki 1 sudut 90o pada sisi-sisi yang tegak lurus, dan memiliki 1 sisi miring. Selain sifat umum tersebut, terdapat beberapa sifat yang harus ada dalam segitiga siku-siku sebagai berikut.

  1. Segitiga siku siku memiliki dua sisi yang saling tegak lurus.
  2. Segitiga siku siku memiliki satu sisi miring dan salah satu sudutnya adalah sudut siku siku atau 90°.
  3. Segitiga siku siku tidak memiliki simetri putar dan simetri lipat.

Rumus-rumus segitiga siku-siku

Pembahasan mengenai konsep segitiga siku-siku di atas akan mempermudah dalam mempelajari rumus-rumusnya. Berikut akan disajikan beberapa rumus mendasar yang dipelajari ketika terdapat bangun segitiga siku-siku.

1. Rumus keliling segitiga siku siku

K = sisi a + sisi b + sisi c



2. Rumus luas segitiga siku siku

L = ½ x alas x tinggi

Baca Juga: Sifat-Sifat Segitiga Secara Umum

Baca Juga: Rumus Sudut Segitiga Dan Contoh Soal

Baca Juga: Menghitung Luas Dan Keliling Segitiga

3. Rumus Phytagoras

Rumus Phytagoras dapat diterapkan apabila salah satu sisi segitiga siku siku tersebut belum diketahui. Penggunaan rumus ini digunakan untuk mendapatkan panjang sisi yang belum diketahui tersebut dan harus diperhatikan bagian mana yang perlu dimasukkan pada rumusnya. Berikut merupakan rumus Phytagoras.



c2 = a2 + b2  atau  c = √a2 + b2

a2 = c2– b2  atau  a = √c2 – b2

b2 = c2 – a2  atau  b = √c2 – a2



Leave a Comment