Cara Menghitung Luas Lingkaran Yang Benar


Cara Menghitung Luas Lingkaran Yang Benar – Pada dasarnya cara menghitung luas lingkaran dan cara menghitung keliling lingkaran memang hampir sama. Maka tak heran jika banyak sekali orang yang terbalik ketika menggunakan rumus tersebut. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar teliti sebelum menggunakan rumus menghitung keliling dan luas lingkaran, sehingga nantinya Anda tidak akan terkecoh lagi oleh kedua rumus yang hampir mirip tersebut.

Cara Menghitung Luas Lingkaran Yang Benar

Nah, kini Anda tidak perlu khawatir ataupun salah dalam menggunakan rumus keliling atau luas lingkaran. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan secara rinci dan jelas mengenai cara menghitung luas lingkaran ini. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Lingkaran

Pengertian Lingkaran

Sebelum membahas mengenai cara menghitungnya, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian lingkaran. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bangun datar terdiri dari berbagai macam bentuk, mulai dari persegi, persegi panjang, trapesium, segitiga, layang-layang, lingkaran, belah ketupat dan lain sebagainya. Namun yang kita bahas pada kesempatan kali ini hanyalah lingkaran lengkap beserta cara menghitung luasnya.

Lingkaran merupakan suatu bangun datar yang terbentuk langsung dari himpunan banyak titik yang dimana jaraknya sama terhadap suatu titik. Sebuah titik tersebut dinamakan dengan pusat lingkaran. Apabila kumpulan titik-titik tersebut dihubungkan maka akan membentuk sebuah garis lengkung.

Jarak tersebut biasa disebut dengan r, yaitu radius atau jari-jari. Sementara diameter merupakan sebuah garis yang ditarik dari dua titik pada garis lengkung dan melalui titik pusat. Nah, diameter lingkaran ini memiliki panjang 2 x jari-jari. Mengapa bisa demikian? Coba Anda perhatikan gambar 2 lingkaran di bawah ini.

Pengertian Lingkaran

Nah, sekarang Anda sudah tahu mengapa diameter lingkaran memiliki panjang dua kali jari-jari. Begitu pula sebaliknya, jari-jari lingkaran memiliki panjang setengah kali diameter. Sekarang mari kita lanjut pembahasn ini dengan mempelajari rumus yang digunakan untuk menghitung luas lingkaran.

Perhitungan Luas Lingkaran

Perhitungan Luas Lingkaran

Tahukah Anda pengertian dari luas lingkaran? Saya pikir Anda semua sudah tau. Pengertian luas lingkaran sendiri adalah daerah yang ada di dalam suatu lingkaran yang juga dibatasi oleh keliling lingkaran.

Sebenarnya sama dengan perhitungan rumus pada umumnya, perhitungan rumus luas lingkaran tidak terlalu sulit. Hal ini dikarenakan lingkaran merupakan sebuah bangun datar yang terhingga sehingga bisa dihitung dengan rumus sederhana dan sangat mudah.

Berbeda halnya dengan perhitungan bangun datar lainnya yang mempunyai alas dan tinggi, bangun datar lingkaran ini merupakan bangun datar tak terhingga. Maka dari itu, rumus untuk menghitung luas ataupun kelilingnya memang sangat mudah tetapi dibutuhkan ketelitian.

Dalam melakukan perhitungan luas dari sebuah bangun datar lingkaran, maka Anda harus mengetahui jari-jari lingkaran atau diameternya terlebih dahulu. Apabila bangun datar lingkaran masih belum diketahui berapa jari-jari atau diameternya maka Anda tidak akan bisa menghitung luasnya.

Lalu bagaimana cara mengetahui jari-jari atau diameter sebuah lingkaran? Cara mengetahui diameter atau jari-jari lingkaran adalah dengan menarik garis dari pusat lingkaran untuk menuju bagian paling luar lingkaran. Sedangkan cara perhitungan diameter sebuah lingkaran adalah dengan menarik garis lurus di dua sisi bagian paling luar lingkaran.

Maksudnya adalah dengan menarik garis dari bagian luar sebuah lingkaran yang satu ke bagian luar lingkaran lainnya, setelah itu barulah diameter lingkaran dapat diketahui. Perlu Anda ketahui bahwa ada unsur penting dalam perhitungan luas lingkaran.

Adapun unsur penting yang saya maksud tersebut adalah π (phi). π  (phi) adalah konstanta matematika yang memiliki nilai 3,14 untuk ukuran diameter yang bukan merupakan kelipatan 7. Sedangkan untuk konstantan pada ukuran jari-jari atau diameter yang merupakan kelipatan dari 7 yaitu 22/7 untuk nilai π (phi).

Rumus Luas Lingkaran

Rumus Luas Lingkaran

Luas Lingkaran = π x r²

Keterangan :

π ( phi ) = 3,14 atau 22/7
r             = jari-jari dari lingkaran atau setengah diameter lingkaran, jika jari-jari satuannya meter (m), maka satuan luasnya m².

Baca juga: Cara Menghitung Diagram Lingkaran

Contoh Soal :

1. Jika di ketahui sebuah roda sepeda motor mempunyai diameter 42 cm. Tentukan luas lingkaran roda tersebut!

Jawab :
d = 42 cm
karena d = 2 kali r maka:
r = d/2
r = 50/2
r = 21 cm
Luas = π x r²
Luas = 22/7 x 21²
maka Luasnya = 1386 cm²

2. Hitunglah luas lingkaran yang memiliki jari-jari 20 cm !

Jawab :
r = 20 cm
Luas = π x r²
Luas = 3,14 x 20²
Luas = 1256 cm²

Perlu diingat dalam mengetahui rumus lingkaran ada beberapa tips yang harus anda lakukan seperti harus mengeluarkan jari-jarinya bukan diameternya kemudian perhatikan bahwa 3,14 hanya pendekatan. Namun sebenarnya ada banyak digit setelah tidak diterima sehingga lebih baik antar menggunakan kalkulator.

Tips berikutnya untuk mengingat semua rumus tersebut lebih baik tulis di buku catatan atau lembaran kertas kemudian jika anda tidak mampu menyelesaikan masalah tersebut coba meminta bantuan teman atau anggota keluarga yang sudah ahli.

Baca juga : Cara Menghitung Keliling Lingkaran Yang Benar

Itulah contoh soal mengenai menggunakan rumus dalam menghitung luas lingkaran dan bagaimana cara menghitung yang benar. Demikian informasi yang sudah saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai perhitungan keliling lingkaran yang benar secara lengkap. Semoga informasi yang sudah saya sampaikan pada pembahasan kali ini bermanfaat bagi pembaca semua terutama bagi Anda yang sedang mengalami kebingungan mengenai bagiamana cara menghitung rumus keliling lingkaran. Semoga bermanfaat.



Loading...

Leave a Comment