Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Cara Mencari Barisan Dan Deret Geometri


Cara Mencari Barisan Dan Deret Geometri

Cara Mencari Barisan Dan Deret Geometri – Di pelajaran matematika yang pernah kita alami di bangku SMA ada dua jenis barisan dan deret yaitu aritmetika serta geometri. Barisan ini bisa dibilang sangat penting sekali untuk dipelajari.

Namun sayangnya, masih banyak sekali orang yang belum banyak tahu apa itu aritmatika dan geometri. Perlu Anda ketahui bahwa kedua jenis barisan bilangan ini tentunya mempunyai ciri-ciri dan juga rumus yang tidak sama.



rumus barisan aritmetika dan geometri

Sebelum membahas lebih jauh mengenai rumus barisan aritmatika dan geometri, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai perbedaan dari kedua jenis barisan tersebut yang mungkin bisa bermanfaat bagi Anda nantinya.

Dalam barisan aritmatika, susunan bilang yang telah dibentuk antara satu bilangan ke bilangan lainnya mempunyai beda yang sama. Atau bisa dibilang merupakan selisih antar dua buah suku yang berurutan. Apabila sebuah barisan mempunyai beda yang lebih dari nol (b > 0 ) maka untuk barisan aritmetika tersebut termasuk barisan naik. Demikian pula sebaliknya, apabila bedanya kurang dari nol (b > 0) maka barisan aritmatika tersebut adalah barisan turunan.

Sementara pada barisan geometri, susunan bilangan yang telah dibentuk antara satu bilangan ke bilangan selanjutnya mempunyai rasio yang sama. Rasio sendiri merupakan perbandingan antara dua suku secara berurutan pada barisan geometri.

Apabila rasionya lebih dari nol (r > 0) maka barisan tersebut merupakan barisan naik. Namun jika misalnya rasio kurang dari nol (r < 0 ) maka barisan tersebut adalah barisan turun. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Geometri

Pengertian Geometri

Tahukah Anda pengertian barisan geometri secara umum? Pengertian geometri merupakan salah satu ilmu matematika yang membahas mengenai hubungan antara titik-titik, garis-garis, bidang-bidang, bangun datar dan juga bangun ruang. Ini merupakan ilmu matematika yang penting sekali untuk dipelajari karena sering berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari.

Semua unsur bangunan ataupun yang lainnya tentunya tak terlepas dari yang namanya geometri. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa ilmu matematika sangat terkenal dan wajib untuk dipelajari.

Penting untuk diketahui, seseorang yang ahli matematika dan bekerja dalam bidang geometri disebut dengan ahli ilmu ukur. Ilmu geometri muncul secara independen pada sejumlah budaya awal sebagai ilmu pengetahuan yang sangat praktis mengenai panjang, luas, dan volume serta unsur-unsur dari matematika formal.

Baca juga : Materi Barisan Dan Deret Aritmatika

Unsur-Unsur Geometri

Unsur-Unsur Geometri

Geometri sebenarnya memiliki banyak sekali unsur. Namun setidaknya ada 3 macam unsur yang tidak dapat didefinisikan, yaitu:

  1. Titik

Titik adalah sebuah latek yang berada di dalam ruang. Titik ini selalu memiliki bentuk panjang tetapi tidak mempunyai tebal. Bentuk dari titik geometri ini umumnya digambarkan dengan noktah atau dot.