Belajar Rumus Excel Dan Fungsinya Lengkap


Kumpulan Rumus Dasar Excel – Sebagian besar orang tentunya sudah tidak asing lagi jika mendengar kata Microsoft Excel. Hal ini karena Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang akan selalu dibutuhkan oleh kebanyakan orang.



Dengan adanya Microsoft Excel maka akan memudahkan pengguna dalam melakukan perhitungan, sehingga tak heran jika  aplikasi ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan terutama pelajar dan pekerja kantoran.

rumus excel

Meskipun sekarang ini software spreadsheet lainnya sudah semakin bertambah, tetapi Excel tetap tak pernah tergoyahkan dan bahkan sudah menjadi standar software spreadsheet. Tetapi karena Microsoft Excel mempunyai banyak rumus yang masih belum diketahui oleh kebanyakan orang, maka disini kami akan menjelaskan mengenai Microsoft Excel beserta rumusnya secara lengkap.

Tentang Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi lembar kerja atau spreadsheet software. Microsoft Excel atau yang saat ini biasa disebut dengan office excel merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office. Jika di dalam PC atau komputer yang Anda miliki sudah dilengkapi dengan Office Word (Powerpoint) tentunya Microsoft Excel juga sudah terinstall.

Microsoft Excel memiliki fungsi utama sebagai aplikasi pengolah angka, dimana aplikasi ini sudah tersedia untuk dekstop ataupun mobile. Dapat dikatakan bahwa Microsoft Excel merupakan sebuah kalkulator cerdas dan modern. Selain digunakan untuk melakukan perhitungan, excel juga dapat digunakan untuk automatisasi pekerjaan-pekerjaan yang tertentu.

Dalam Microsoft Excel ada banyak sekali fitur yang tersedia dan bisa digunakan seperti tabel, kalkulasi, grafik dan lain sebagainya. Jelas saja aplikasi menarik yang satu ini menjadi pilihan bagin kebanyakan orang karena memang manfaat Microsoft Excel dari berbagai bidang sangat banyak.



Kegunaan Microsoft Excel  Di Berbagai Bidang

Manfaat Microsoft Excel

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan Microsoft Excel, yaitu:

  • Bidang Akutansi

Penggunaan Microsoft Excel dalam bidang akutansi bisa dibilang cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah memudahkan dalam melakukan perhitungan jumlah laba atau rugi sebuah perusahaan, menghitung gaji karyawan, mencari besar keuntungan dalam satu periode, dan masih banyak lainnya.

  • Pengelolaan Data

Manfaat yang didapatkan dari pengelolaan data dalam penggunaan Microsoft Office yakni untuk perhitungan data, pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, mencari rata-rat, mencari nilai maksimum ataupun minimum suatu data.



  • Operasi Tabel

Microsoft Excel mempunyai jumlah baris yang mencapai 1.084.576 dengan jumlah kolom sebanyak 16.384. Dengan demikian Anda nantinya tidak akan mengalami kesulitan dalam menginput data jika membutuhkan jumlah kolom dan baris yang cukup banyak.

  • Kalkulasi Matematis

Salah satu manfaat yang didapatkan dari penggunaan Microsoft Excel adalah kalkulasi matematis yang biasa dipakai untuk mencari data dari hasil perkalian, pembagian, pengurangan, penjumlahan dan berbagai variasinya.



Leave a Comment