Belajar Rumus Excel Dan Fungsinya Lengkap


Kumpulan Rumus Dasar Excel – Sebagian besar orang tentunya sudah tidak asing lagi jika mendengar kata Microsoft Excel. Hal ini karena Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang akan selalu dibutuhkan oleh kebanyakan orang.

Dengan adanya Microsoft Excel maka akan memudahkan pengguna dalam melakukan perhitungan, sehingga tak heran jika  aplikasi ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan terutama pelajar dan pekerja kantoran.

rumus excel

Meskipun sekarang ini software spreadsheet lainnya sudah semakin bertambah, tetapi Excel tetap tak pernah tergoyahkan dan bahkan sudah menjadi standar software spreadsheet. Tetapi karena Microsoft Excel mempunyai banyak rumus yang masih belum diketahui oleh kebanyakan orang, maka disini kami akan menjelaskan mengenai Microsoft Excel beserta rumusnya secara lengkap.

Tentang Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi lembar kerja atau spreadsheet software. Microsoft Excel atau yang saat ini biasa disebut dengan office excel merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office. Jika di dalam PC atau komputer yang Anda miliki sudah dilengkapi dengan Office Word (Powerpoint) tentunya Microsoft Excel juga sudah terinstall.

Microsoft Excel memiliki fungsi utama sebagai aplikasi pengolah angka, dimana aplikasi ini sudah tersedia untuk dekstop ataupun mobile. Dapat dikatakan bahwa Microsoft Excel merupakan sebuah kalkulator cerdas dan modern. Selain digunakan untuk melakukan perhitungan, excel juga dapat digunakan untuk automatisasi pekerjaan-pekerjaan yang tertentu.

Dalam Microsoft Excel ada banyak sekali fitur yang tersedia dan bisa digunakan seperti tabel, kalkulasi, grafik dan lain sebagainya. Jelas saja aplikasi menarik yang satu ini menjadi pilihan bagin kebanyakan orang karena memang manfaat Microsoft Excel dari berbagai bidang sangat banyak.

Kegunaan Microsoft Excel  Di Berbagai Bidang

Manfaat Microsoft Excel

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan Microsoft Excel, yaitu:

  • Bidang Akutansi

Penggunaan Microsoft Excel dalam bidang akutansi bisa dibilang cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah memudahkan dalam melakukan perhitungan jumlah laba atau rugi sebuah perusahaan, menghitung gaji karyawan, mencari besar keuntungan dalam satu periode, dan masih banyak lainnya.

  • Pengelolaan Data

Manfaat yang didapatkan dari pengelolaan data dalam penggunaan Microsoft Office yakni untuk perhitungan data, pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, mencari rata-rat, mencari nilai maksimum ataupun minimum suatu data.

  • Operasi Tabel

Microsoft Excel mempunyai jumlah baris yang mencapai 1.084.576 dengan jumlah kolom sebanyak 16.384. Dengan demikian Anda nantinya tidak akan mengalami kesulitan dalam menginput data jika membutuhkan jumlah kolom dan baris yang cukup banyak.

  • Kalkulasi Matematis

Salah satu manfaat yang didapatkan dari penggunaan Microsoft Excel adalah kalkulasi matematis yang biasa dipakai untuk mencari data dari hasil perkalian, pembagian, pengurangan, penjumlahan dan berbagai variasinya.

  • Pembuatan Grafik

Manfaat Microsoft Excel yang terakhir adalah untuk membuat grafik. Sama dengan grafik perkembangan jumlah penduduk dalam waktu satu tahun, grafik kunjungan para siswa ke perpustakaan dalam waktu satu tahun, grafik kelulusan siswa dalam waktu enam tahun, grafik perkembangan jumlah siswa dalam waktu tiga tahun, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Rumus Terbilang Excel Manual

Rumus Excel

Rumus Excel adalah suatu persamaan matematika yang pada umumnya melibatkan fungsi excel, operator excel, kontanta, operator excel, serta referensi sel atau range untuk melakukan perhitungan nilai-nilai tertentu yang memiliki tujuan utama agar bisa mendapatkan hasil sesuai harapan pada aplikasi Microsoft Excel.

Dengan menggunakan rumus-rumus yang ada dalam Microsoft Excel maka penyelesaian pekerjaan Anda sudah pasti akan menjadi lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa rumus Microsoft Excel yang paling populer dan harus Anda ketahui.

RUMUS EXCEL UNTUK DUNIA KERJA
RUMUS KETERANGAN
SUM Menjumlahkan
AVERAGE Mencari Nilai Rata-Rata
AND Mencari Nilai dengan Perbandingan Dan
NOT Mencari Nilai Dengan Pengecualian
OR Mencari Nilai dengan Perbandingan Atau
SINGLE IF Mencari Nilai Jika Kondisi BENAR/SALAH
MULTI IF Mencari Nilai Jika Kondisi BENAR/SALAH Dengan Banyak Perbandingan
AREAS Menampilkan Jumlah Area (range atau sel)
CHOOSE Menampilkan Hasil Pilihan Berdasarkan Nomor Indeks
HLOOKUP Mencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar
VLOOKUP Mencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak
MATCH Menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan
COUNTIF Menghitung Jumlah Cell dalam Suatu Range dengan kriteria tertentu
COUNTA Menghitung Jumlah Cell Yang Terisi
DAY Mencari Nilai Hari
MONTH Mencari Nilai Bulan
YEAR Mencari Nilai Tahun
DATE Mendapatkan Nilai Tanggal
LOWER Merubah Huruf Teks Menjadi Huruf Kecil
UPPER Merubah Huruf Teks Menjadi Huruf Besar
PROPER Merubah Karakter Awal Teks Menjadi Huruf Besar

Untuk lebih jelasanya mengenai praktek fungsi Microsoft Excel diatas, mari langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini beserta contohnya.

  1. SUM

Rumus SUM memiliki fungsi utama untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan. Rumus ini juga biasa digunakan untuk menyelesaiakan suatu pekerjaan atau tugas agar lebih cepat. Disamping itu, rumus SUM juga memiliki fungsi untuk menambahkan data per cell, data dalam sebuah range ataupun data dalam banyak range sekaligus.

  • Cara menggunakan rumus SUM, pertama Anda harus membuat tabel penjumlahan dan kemudian masukkan rumus SUM berikut ini. Seperti misalnya =SUM(D2:E2) atau seperti contoh gambar di bawah ini.

mencari rumus SUM

  • Setelah itu, jika Anda sudah memasukkan rumus SUM tersebut silahkan langsung saja tekan enter untuk mengetahui berapakah jumlahnya.

Hasil rumus SUM

  1. AVERAGE

Rumus AVERAGE mempunyai fungsi utama untuk mencari nilai rata-rata sebuah variabel. Adapun cara menggunakan rumus AVERAGE adalah sebagai berikut ini:

  • Silahkan Anda buat terlebih dahulu sebuah tabel untuk nilai-nilai siswa. Setelah itu Anda bisa langsung memasukkan rumus AVERAGE untuk dapat mengetahui nilai rata-rata siswa. Misalnya saja =AVERAGE(D2:F2) atau seperti pada contoh gambar berikut ini:

Cara Mencari Rumus AVERAGE

  • Apabila Anda sudah memasukkan rumus AVERAGE tersebut silahkan Anda tekan enter. Dengan demikian maka akan langsung muncul berapakah hasilnya.

Hasil Rumus AVERAGE

  1. AND

Fungsi utama dari penggunaan rumus AND adalah untuk dapat menghasilkan nilai TRUE apabila semua argumen yang telah diuji tersebut nilailnya BENAR dan FALSE jika misalnya semua atau salah satu dari argumen nilainya SALAH.

  • Untuk menggunakan fungsi rumus AND, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat tabel dengan memasukkan rumus AND untuk dapat mengetahui TRUE atau FALSE. Seperti misalnya =AND(D2>G2).

Cara Menghitung Rumus AND

  • Selanjutnya jika rumus AND sudah Anda masukkan lalu tekan enter. Dengan demikian bisa langsung diketahui hasilnya apakah TRUE atau FALSE.

Hasil Menghitung Rumus AND

  1. NOT

Kebalikan dari rumus AND, fungsi dari rumus NOT adalah untuk menghasilkan TRUE apabila kondisi yang telah diuji SALAH dan FALSE apabila yang diuji sudah benar.

  • Untuk penggunaan rumus ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat sebuah tabel dan masukan rumus NOT untuk dapat mengetahui hasilnya. Misalnya saja =NOT(G2<G3) seperti gambar berikut ini.

Rumus NOT

  • Langkah kedua, apabila Anda sudah memasukkan rumus NOT selanjutnya tekan enter untuk mengetahui hasilnya.

Hasil Perhitungan rumus NOT

  1. OR

Rumus OR memiliki fungsi untuk menghasilkan TRUE apabila beberapa argumen nilainya BENAR dan FALSE apabila semua argumen SALAH. Berikut ini adalah contoh penulisan rumus OR yang benar:

  • Contoh Penulisan OR

Rumus OR

  • Hasil Akhir dari penulisan OR

Hasil Rumus OR

  1. SINGLE IF

IF memiliki fungsi untuk mengembalikan sebuah nilai apabila kondisi yang telah dicek BENAR atau SALAH serta mengembalikan nilai yang lainnya apabila kondisi yang telah dicek SALAH (FALSE). IF SINGLE merupakan rumus excel yang paling sering digunakan.

  • Contoh Penulisan IF

Rumus Single IF

  • Hasil akhir dari rumus single IF

Hasil Rumus Single IF

  1. MULTI IF

MULTI IF memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan SINGLE IF, namun diambil dari dua kondisi atau dapat ditumpuk oleh beberapa perintah.

  • Contoh penulisan rumus MULTI IF yang benar

Rumus Multi IF

  • Hasil akhir dari penulisan rumus MULTI IF

Hasil Rumus Multi IF

  1. AREAS

AREAS memiliki fungsi untuk dapat menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam sebuah referensi (alamat sel atau range yang telah disebutkan). Berikut ini kami akan berikan contoh kasusnya.

Rumus Areas

  1. CHOOSE

CHOOSE memiliki fungsi untuk dapat menampilkan hasil pilihan yang berdasarkan nomor indeks atau urutan pada sebuah referensi (VALUE) yang isinya data teks, formula (nama range), dan numeric.

  • Contoh penulisan rumus CHOOSE

Penulisan Rumus CHOOSE

  • Hasil akhir rumus CHOOSE

Hasil akhir rumus CHOOSE

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai rumus excel yang paling populer beserta contohnya. Semoga bermanfaat.



Loading...

Leave a Comment