Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Rumus Konversi Celcius ke Kelvin


Perlu diketahui dalam penghitungan skala Celcius ke Kelvin memiliki rumus pokok. Nol dalam skala suhu Celsius sama dengan 273.15 K. Diketahui, dengan perbedaan temperatur 1 derajat Celsius sama dengan perbedaan dari 1 K. Hal ini berarti bahwa satuan dari setiap ukuran itu sama. Dalam 100 °C, sebelumnya telah ditetapkan sebagai titik didih dari air. Besaran ini sama dengan 373.15 K.

2. Kelvin

Skala pengukuran Kelvin merupakan jenis skala yang  tidak memiliki derajat. Satuan pada skala ini adalah Kelvin (K) dan sebagai perbandingan, pada air mendidih di suhu 373,15 Kelvin dan air membeku pada suhu 273,15 Kelvin.



Rumus dan contoh penghitungannya

Berdasarkan konsep pokok skala Celcius dan Kelvin dapat diketahui bahwa K = C + 273.15 dan
K – 273.15 = C. Ketetapan serta bukti eksperimen skala Celcius pada titik nol mutlak ialah -273.15 derajat C. Agar lebih jelas memahami konsep pokok penghitungannya, perhatikan beberapa soal berikut.

Diketahui, suatu suhu sebesar 50° Celcius. Konversikan suhu Celcius tersebut ke suhu Kelvin. Penyelesaiannya dengan memperhatikan konsep pokoknya yaitu K = C + 273. K = 50 + 273 sehingga menjadi Kelvin = 323 maka 50 ºC = 323 Kelvin.

Baca juga: Cara Menghitung Kalori Makanan Untuk Diet Sehat

Baca juga: Rumus dan Pembahasan Massa Jenis Zat Cair

Baca juga: Rumus Pemuaian Zat Padat dan Contoh Soal

Dalam penghitungan skala suhu, kalian perlu memperhatian temperatur yang ingin diubah. Dalam hal ini, temperatur Celcius menjadi Kelvin. Selanjutnya, ukur suhu dalam satuan derajat Celsius. Kemudian, tambahkan 273,15 ke angka tersebut. Kelvin dikategorikan sebagai 1/273,15 temperatur termodinamika dari titik rangkap tiga atau triple point air.

Contoh Soal

Soal 1

50oC = ….. K ?

Pembahasan