Rumus Konversi Celcius ke Kelvin


Rumus Celcius ke Kelvin Ditambah Berapa – Panas dan dingin yang kita rasakan setiap hari terjadi akibat adanya suhu. Suhu dapat dimiliki sebuah benda, apabila dingin berarti suhunya rendah dan apabila panas berarti suhunya tinggi. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa suhu merupakan sebuah besaran. Suhu dapat diartikan sebagai ukuran kuantitatif dari sebuah temperature.

Suhu dapat memiliki nilai dengan penerapan derajat. Umumnya, suhu dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis, yaitu Celsius (C), Farenheit (F), Reamur (R), dan Kelvin(K). Adapun skala suhu akan didasarkan pada dua titik tepat, yaitu titik tetap bawah dan titik tetap atas. Titik bawah menandakan titik beku, sementara itu titik atas menunjukkan titik didih.



Namun, dari klasifikasi suhu di atas, skala suhu Kelvin tidak menggunakan derajat. Hal ini karena suhu pada Kelvin menggunakan nol mutlak. Maksudnya, dalam pemahaman nol Kelvin dapat diartikan bahwa tidak ada energi panas sama sekali pada sebuah benda. Hal ini pula yang kemudian menjadikan Kelvin sebagai skala suhu pada Satuan Internasional atau SI.

Baca Juga: Cara Menghitung Akar Pangkat 3 Dengan Benar

Baca Juga: Rumus Gas Ideal, Pembahasan dan Contoh Soal

Baca Juga: Contoh Soal Reaksi Hidrokarbon dan Pembahasan

Pada kesempatan kali ini akan dibahas rumus dalam menghitung skala celcius ke kelvin. Berikut pembahasannya.

Konsep skala suhu Celcius dan Kelvin

Pada pembahasan mengenai skala suhu, terdapat empat macam skala suhu yang perlu diketahui. Pada pembahasan kali ini akan dibahas konsep skala Celcius dan Kelvin. Berikut uraiannya.

1. Celcius

Celcius menjadi bagian dari skala suhu yang paling sering dipakai, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Celcius memiliki satuan derajat C. Dalam melakukan perbandingan antara dingin dan panas, skala Celcius air membeku pada suhu 0 derajat Celcius, sedangkan skala celcius pada air mendidih adalah 100 derajat Celcius.



Leave a Comment