Rumus Bunga Majemuk dan Tunggal Matematika


Rumus Bunga Majemuk dan Tunggal Matematika – Pada pembelajaran matematika, terdapat materi mengenai bunga yang dipelajari ketika memasuki materi deret aritmatika dan geometri. Pembahasan matematika tentunya akan berkaitan dengan rumus dasarnya, tidak terkecuali pada pemahaman mengenai bunga.

Istilah bunga bank biasanya diberikan bank untuk nasabah dan penghitungannya dilakukan berdasarkan persentase modal dan lamanya kegiatan berlangsung. Sistem bunga sendiri memiliki penghitungan yang mendasar dan di antara jenis bunga terhadap penghitungan yang berbeda satu sama lain.



Dalam praktiknya, bunga tunggal dan majemuk memiliki perbedaan dasar dan terdapat konsep masing-masing. Dari namanya, tunggal berarti satu yang dapat diartikan bahwa bunga tunggal hanya dihitung satu kali. Lain sisi pada majemuk yang dapat bermakna berkali-kali sehinga penghitungannya dapat dilakukan dengan beberapa kali sesuai dengan kesepakatan. Tentunya, hal ini berkaitan dengan penghitungan hasil yang didasarkan dengan beberapa rumus mendasarnya.

Baca Juga: Cara Membuat Slip Gaji Karyawan

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan

Baca Juga: Cara Menghitung Pajak Penghasilan PPH 21

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai rumus-rumus bunga tunggal dan bunga majemuk. Berikut pembahasannya.

Pemahaman mengenai bunga tunggal dan majemuk

Pembahasan bunga tentunya akan berkaitan dengan bank. Istilah bunga bank biasanya diberikan bank untuk nasabah dan penghitungannya dilakukan berdasarkan persentase modal dan lamanya kegiatan berlangsung. Terdapat dua sistem bunga yang dapat diterapkan di bank, yaitu sistem bunga tunggal dan bunga majemuk.

Bunga tunggal dapat dimaknai sebagai sebuah besaran bunga tabungan yang diberikan pihak bank kepada para nasabahnya setiap tahun. Artinya, bunga tunggal akan memberikan penghasilan berdasarkan besaran tabungan saat pertama kali uang diterima bank.

Di lain sisi, bunga majemuk adalah bunga yang dihitung berdasarkan pokok awal yang juga mencakup semua bunga akumulasi dari deposito atau pinjaman periode sebelumnya. Ketika menabung di bank dengan suku bunga majemuk maka penghitungan bunga yang akan diterima adalah modal awal tabunganmu. Kemudian hasilnya akan diakumulasi bunga dengan bunga yang didapatkan juga di setiap periodenya.

Perbedaan Bunga Majemuk dan Tunggal

1. Adanya bunga tunggal biasanya lebih baik untuk pembelian seperti pinjaman mobil, sedangkan pada bunga majemuk lebih baik dalam hal investasi atau tabungan karena pertumbuhan dana yang cepat meningkat.



Leave a Comment