Rumus Luas Permukaan Balok Dan Volume Balok


Rumus Luas Permukaan Balok Dan Volume Balok – Balok merupakan bangun ruang yang sekilas tampak mirip dengan kubus. Dilihat dari sifat-sifatnya keduanya memang memiliki kemiripan. Walaupun demikian balok tetap saja tidak bisa disamakan dengan kubus. Tak terkecuali dengan rumus-rumusnya.

Pada artikel kali ini kita bahas lebih lanjut seputar rumus balok. Baik rumus volume balok, rumus permukaan balok, dan rumus-rumus lainnya. Silakan simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.



Apa itu Balok

Balok dapat diartikan sebagai bangun ruang tiga dimensi yang disusun oleh tiga buah segi empat, baik persegi atau persegi panjang. Balok juga mempunyai paling sedikit satu pasang sisi segi empat yang memiliki bentuk yang berbeda.

Jika diperhatikan balok mempunyai beberapa bagian. Selain memiliki tiga pasang sisi yang sama, balok juga mempunyai 12 rusuk dimana rusuk-rusuk yang sejajar memiliki ukuran yang sama. Balok juga mempunyai 4 diagonal bidang, dan 4 diagonal ruang yang semuanya mempunyai ukuran yang sama besar. Balok juga mempunyai bidang diagonal yang berbentuk persegi panjang.

Baca juga: Menghitung Jaring Jaring Balok

Rumus Balok

Selanjutnya kita bahas rumus dari balok. Dalam bangun ruang balok kita bisa mencari beberapa hal. Seperti volume, luas permukaannya, hingga diagonal bidang, sisi, atau ruangnya. Dari luas permukaan atau volumenya kita juga bisa menghitung berapa panjang, lebar, ataupun tinggi dari balok. Lebih jelasnya lihat rumus balok di bawah ini.



Penjelasan Rumus Volume Balok

Supaya lebih jelas kita bahas singkat soal cara menghitung volume balok. Sebab hal ini sering dijadikan soal, di samping mencari luas permukaan balok. Dalam menghitung volume balok ada beberapa informasi yang harus kita ketahui. Yakni panjang, lebar, dan tingginya.

Setelah semuanya diketahui, jangan lupa untuk memastikan bahwa satuan dari ketiga komponen tersebut sama. Contohnya jika dinyatakan dalam satuan cm, maka semuanya juga harus dinyatakan dalam satuan tersebut. Dan perlu diingat bahwa hasil perhitungan volume dinyatakan dalam satuan panjang pangkat tiga atau kubik. Seperti m3 atau meter kubik, cm3 atau centimeter kubik, dan lain sebagainya.

Penjelasan Rumus Luas Permukaan Balok

Dibandingkan dengan menghitung volume, menghitung luas permukaan tampak sedikit rumit karena rumusnya lebih panjang. Akan tetapi jika kita pahami sebenarnya rumus tersebut juga tak kalah sederhana. Sama seperti menghitung volume, untuk menghitung luas permukaan kita perlu mengetahui panjang, lebar, dan tinggi.



Jika memperhatikan rumus menghitung luas permukaan kita bisa melihat angka 2. Angka tersebut berasal dari sifat dari balok itu sendiri. Di mana balok mempunyai tiga pasang bangun datar yang berukuran sama. Itulah kenapa kita perlu mengalikannya dengan 2.

Penjelasan Rumus Diagonal Balok

Balok mempunyai beberapa diagonal. Seperti diagonal sisi, diagonal bidang, dan diagonal ruang. Misalnya untuk menghitung panjang diagonal ruang balok kita perlu menghitung panjang sisi segitiga dengan memanfaatkan teorema pythagoras.

Baca juga: Rumus Luas Permukaan Kubus Dan Volume Kubus

Contoh Soal

Di atas sudah kita bahas bersama hal-hal seputar balok, khususnya rumus-rumus yang bisa kita pakai untuk mengerjakan soal perhitungan balok. Berikut adalah beberapa contoh soal yang bisa kalian pelajari.

Soal 1

Diketahui suatu balok mempunyai panjang 10 cm, dengan lebar 7 cm, dan tinggi 5 cm. Hitung berapa volume dan luas permukaannya.



Jawab:

L = 2 x (p.l + p.t + l.t)

L = 2 x (10×7 + 10×5 + 7×5)

L = 2 x 155

L = 310 cm2

Jadi luas permukaan balok tersebut adalah 310 cm2.

V = p x l x t

V = 10 x 7 x 5

V = 350 cm3

Dari perhitungan tersebut bisa kita ketahui volume balok tersebut sebesar 350 cm3.

Soal 3

Terdapat sebuah balok kayu yang volumenya mencapai 280 cm3. Panjang dari balok kayu tersebut 8 cm, sedangkan lebarnya 7 cm. Hitung berapa lebar dari balok kayu itu.

Jawab:

Kita gunakan rumus volume balok untuk menghitung berapa lebar balok tersebut:

V = p x l x t

280 = 8 x 7 x t

t = 280 / 56

t = 5 cm

Soal 4

Terdapat sebuah akuarium yang memiliki bentuk menyerupai balok. Saat terisi penuh air di dalam akuarium tersebut mempunyai volume 60 liter. Jika air di dalamnya dikurangi sampai tersisa ⅓ bagian, maka berapa kedalaman air yang tersisa di akuarium jika luas alas kolam tersebut adalah 0,2 m2.

Jawab:

Volume = 60 liter

Sisa volume = ⅓ x 60 = 20 liter

Selanjutnya kita konversi ke dalam satuan m3:

20 liter = 0,02 m3

L alas = 0,2 m2

Kedalaman air sama dengan tinggi, maka kita hitung dengan rumus volume:

V = p x l x t

V = (luas alas) x t

0,1 = 0,2 x t

t = 0,1 / 0,2

t = 0,5 m

t = 50 cm

Baca juga: Sifat Sifat Kubus Dan Balok

Sekian materi seputar cara menghitung luas permukaan balok dan volume balok yang bisa kami sampaikan. Walaupun sebenarnya rumus balok tergolong mudah, namun soal-soalnya bisa dibuat bervariasi.



Leave a Comment