Wednesday 3rd of July 2024
×

Teks Khotbah Mazmur 92: 1-4 Hidup Karena Percaya Bukan Karena Melihat, Klik Selengkapnya Di Sini

Teks Khotbah Mazmur 92: 1-4 Hidup Karena Percaya Bukan Karena Melihat, Klik Selengkapnya Di Sini

--

Teks Khotbah Mazmur 92: 1-4

Pada zaman modern yang yang penuh dengan guncangan emosional, ketidakpastian, dan godaan dari segala penjuru, penting bagi kita untuk memperkokoh fondasi iman kita dalam kepercayaan kepada Allah. Mazmur yang kita baca ini mengajak kita untuk memperkuat keyakinan kita terhadap-Nya, bahkan ketika segala sesuatu di sekitar kita mungkin tampak tidak pasti.

Hari ini dalam kehadiran, mari kita merenungkan sebuah panggilan yang mendalam dari Mazmur 92:1-4. Tema yang diangkat ini tidak hanya menjadi pijakan bagi iman kita, tetapi juga menggugah kita untuk meninjau kembali esensi hidup Kristen: hidup karena percaya, bukan karena melihat.


Baca juga: Download Video Viral TKI Hongkong dan Korea Full 24 Menit Tanpa Sensor, Bikin Syok Netizen Dengan Aksinya yang Brutal

Baca juga: Keberhasilan yang Dinanti! Lanjutan Link Baca Manhwa Nano Machine Chapter 213 English Indonesia Scan

Penjelasan Nas

Mazmur adalah sebuah kitab khusus dalam Alkitab. Kitab ini merupakan kumpulan dari madah atau puji-pujian yang berisi nyanyian dan kata-kata puitis yang digunakan sebagai ritual dalam ibadah-ibadah Yahudi dan sebagian denominasi Kristen, termasuk dalam misa Katolik dan Ortodoks.

Dalam kitab Mazmur, sajak dan nyanyian pujian merupakan penyembahan kepada Tuhan; doa mohon pertolongan; perlindungan, dan penyelamatan; doa mohon ampun; nyanyian syukur atas berkat Tuhan; permohonan supaya musuh dihukum; dan lain-lain. Doa-doa ini ada yang bersifat pribadi, ada pula yang bersifat nasional.

Beberapa di antaranya menggambarkan perasaan seseorang yang paling dalam, sedangkan lainnya menyatakan kebutuhan dan perasaan seluruh umat Allah. Beberapa mazmur ini juga dikutip oleh penulis-penulis Perjanjian Baru dan menjadi buku ibadah yang sangat dihargai oleh Gereja Kristen sejak pertama sekali. Sejumlah mazmur digubah menjadi nyanyian gereja dan hingga sekarang masih tetap dinyanyikan.

Pada Mazmur yang kita baca ini juga adalah nyanyian yang dinyanyikan ketika hari Sabat orang Yahudi (ay. 1). Nyanyian ini menjadi bagian dari ucapan syukur kepada Tuhan dengan memuliakan namaNya (ay. 2-3). Dinyatakan juga dalam nyanyian ini bahwa nyanyian pujian syukur ini dinyanyikan dengan alat musik (ay. 4). Dan bacaan yang kita baca ini merupakan Epistel yang dibacakan sebelum khotbah. Hal ini merupakan bagian dari tema yang akan kita renungkan untuk memperteguh pengertian kita tentang apa yang kita percaya melalui pujian pemazmur yang meninggikan Allah lewat nyanyiannya.

Renungan

Mazmur 92 memberikan kita pandangan yang indah tentang hidup dalam keyakinan yang dalam kepada Allah. Ketika kita hidup karena percaya, kita menyadari bahwa kebenaran dan kasih setia-Nya melingkupi hidup kita setiap hari. Dalam bacaan ini, kita diajak untuk memuji dan bersyukur kepada Allah, menyanyikan kebesaran-Nya dengan penuh kegembiraan, dan merespons dengan sukacita terhadap karya-Nya yang ajaib dalam hidup kita.

Bersyukur atas Kasih Setia Allah. Pertama-tama, kita diajak untuk memuji Tuhan atas kasih setia-Nya yang tiada henti. Setiap pagi, kasih setia-Nya menyertai kita, dan setiap malam, kesetiaan-Nya tak pernah pudar. Ini adalah panggilan bagi kita untuk menjalani setiap hari dengan penuh syukur atas kasih-Nya yang tidak terbatas dan kesetiaan-Nya yang tak tergoyahkan.

Source:

Update Terbaru

RELATED POST