Sunday 6th of October 2024

Dinkes Cimahi Ambil Langkah Cepat Antisipasi Lonjakan Kasus DBD Saat Memasuki Musim Hujan

Dinkes Cimahi Ambil Langkah Cepat Antisipasi Lonjakan Kasus DBD Saat Memasuki Musim Hujan

--

Caraharian.com - Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Jawa Barat, mengimbau masyarakat untuk selalu mewaspadai potensi peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD). Pasalnya, saat ini Jawa Barat, termasuk Cimahi, sudah memasuki musim hujan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada musim hujan kasus DBD kerap mengalami lonjakan. Hal ini bisa terjadi karena musim hujan dapat membuat perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti menjadi lebih cepat.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Mulyati mengatakan, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi lonjakan kasus DBD.

Baca juga: Putri Tanjung Ulang Tahun Dapat Hadiah Selusin TTD Hybe Label, Netizen Malah Nyinyir

Baca juga: Calon Bupati Musi Banyuasin Lucianty Tidak Akan Ambil Gaji 100 Persen Jika Terpilih, Bukti Komitmen Kuat Bekerja Untuk Masyarakat

“Dari data yang kami miliki, kasus DBD hingga September 2024 mencapai 738 kasus,” katanya, Sabtu (5/10/2024).

Mulyati menjelaskan, pada Januari 2024 terdapat 142 kasus DBD di wilayahnya. Kemudian jumlah kasus DBD terus meningkat pada Februari sebanyak 154 kasus dan Maret sebanyak 160 kasus. Sementara itu, pada April 2024, jumlah kasus DBD tercatat 102 kasus. Kemudian pada Mei 2024 sebanyak 82 kasus dan Juni 45 kasus. Pada tiga bulan terakhir terus mengalami penurunan, yakni Juli 33 kasus, Agustus (15 kasus), dan pada September 5 kasus.

“Sementara itu, untuk kasus kematian akibat DBD di Cimahi ada 6 kasus. Namun, jika dihitung secara keseluruhan, ada penurunan,” katanya.

Mulyati menegaskan, meski secara umum terjadi penurunan kasus DBD, pihaknya tetap meminta masyarakat untuk selalu waspada dan melakukan pemberantasan sarang nyamuk. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan kasus DBD di Cimahi. Selain itu, wilayah Cimahi juga merupakan daerah endemis DBD.

Baca juga: Waspada Porn Revenge! Wanita di Palembang Polisikan Mantan Pacar Karena Sebar Foto Mesum

Baca juga: Eddy Santana Putra Klaim Unggul Suara 45 Persen di Pilgub Sumsel, Ini Seperti Anugerah Dari Langit

Mulyati mengimbau masyarakat untuk rutin melakukan gerakan 3M.

Jika diabaikan, pertumbuhan jentik nyamuk sulit dihindari.

Selain itu, ia menyarankan untuk menanam tanaman yang dapat mengusir nyamuk.

“Untuk mengantisipasi lonjakan kasus DBD di Cimahi, kami menyarankan agar masyarakat juga berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Source:

Update Terbaru

RELATED POST