Cara Membuat R Tabel Product Moment


Cara Membuat R Tabel Product Moment – Dalam pengolahan data yang menggunakan sebuah r tabel product moment biasanya akan berhubungan dengan statistik. Biasanya, nilai r tabel product moment dalam analisis korelasi korelasi atau analisis hubungan biasanya digunakan untuk membandingkan nilai r hitung atau nilai koefisien korelasi. Pembandingan nilai r hitung dengan r tabel dapat kita buat dengan sebuah keputusan atau kesimpulan dari hasil analisis yang kita lakukan.



Penggunaan r tabel biasanya memiliki fungsi utama dalam melakukan pengujian hasil validitas suatu penelitian. Hal ini berhubungan dengan validitas sendiri karena dapat dijadikan sebuah acuan tabel dengan model angka yang digunakan untuk menguji berbagai kemungkinan hasil validitas instrumen penelitian.

Sebuah data yang dihitung tentunya perlu dilakukan korelasi agar mengetahui hubungannya apakah timbal balik atau tidak. Hal ini dapat dijadikan sebagai tujuan penerapan tabel korelasi product moment pada perhitungan analisis data. Nilai r tabel product moment dalam sebuah analisis korelasi atau analisis hubungan biasanya digunakan untuk membandingkan nilai r hitung atau nilai koefisien korelasi. Pembandingan nilai r hitung dengan r tabel dapat kita buat dengan sebuah keputusan atau kesimpulan dari hasil analisis yang kita lakukan.

Baca juga: R Tabel dalam Statistika dan Contohnya

Pada pembahasan kali ini, kalian akan mempelajari mengenai cara pembuatan r tabel dalam product moment yang akan berhubungan dengan korelasi pada bidang statistik. Berikut pembahasannya.

Pengertian Tabel Korelasi Product Moment

Tabel korelasi product moment merupakan tabel yang berisi nilai r tabel dalam analisis korelasi atau analisis hubungan yang digunakan sebagai pembanding untuk nilai r atau nilai koefisien korelasi. R tabel merupakan tabel yang berisi mengenai angka-angka yang biasa dapat digunakan dalam menguji hasil suatu uji validitas pada instrumen penelitian. Dalam pembelajaran statistika, rumus r pada bentuk tabel ini dapat dijadikan media yang tepat untuk dapat melakukan berbagai macam perhitungan. Perhitungan pada tabel r memiliki tujuan untuk menguji berbagai kemungkinan hasil validitas instrumen penelitian. Uji yang dipakai adalah uji validitas sehingga termasuk dalam aspek penting dalam instrumen penelitian.

Korelasi pada statistik dapat dinyatakan dengan derajat hubungan linier atau searah dan bukan timbal balik di antara dua variabel. Tabel korelasi product moment dapat digunakan untuk melihat variabel dengan data yang berskala interval. Kegunaannya dapat dilaksanakan dalam uji validitas pada instrumen penelitian.



Beberapa perbandingan nilai korelasi product moment akan menghasilkan perhitungan dengan memerlukan nilai r tabel dengan jumlah sampel yang tidak ditemukan di berbagai metode. Nilai-nilai signifikan pada korelasi product moment biasanya ditampilkan pada tabel berikut.



Leave a Comment