Cara Mengubah Persen Ke Desimal


Misalnya kita ingin mencari bentuk desimal dari 373%. Maka kita perlu membagi 373 dengan 100, jadi:



373/100 = 3,73

Cara 2 – Menggeser Tanda Koma

Cara kedua ini hampir sama dengan cara pertama. Yang kita lakukan hanya menggeser koma dua digit ke kiri. Apabila angkanya merupakan bilangan bulat, maka kita geser koma dari sisi paling kanan.

Contohnya kita ingin mengubah 50% menjadi desimal.

Karena angka 50 = 50,0 maka kita geser koma tersebut dua digit ke kiri sehingga kita peroleh 0,50 atau 0,5. Perlu dicatat, dalam penulisan koma 0 tidak perlu ditulis sehingga dari contoh tersebut kita hanya perlu menulis 0,5 saja.

Cara 3 – Mengubah ke Pecahan

Cara selanjutnya adalah dengan mengubah persen ke dalam bentuk pecahan. Langkahnya bilangan persen kita bagi dengan 100, lalu kita sederhanakan sampai pembilang dan penyebutnya tidak bisa disederhanakan lagi. Baru kita bagi keduanya untuk menghasilkan bilangan desimal. Contohnya adalah sebagai berikut:



50% = …

50/100 = 25/50 = 5/10 = ½

½ = 0,5

Baca juga: Cara Menghitung Bilangan Biner

Mengubah Persentase Desimal

Jika kalian pernah mengamati, persentase tidak harus ditulis dalam bilangan bulat. Dalam beberapa kasus persentase bisa ditulis dalam bentuk desimal. Contohnya adalah 20,5%, 39,9%, 49,99%, dan lain sebagainya.



Tidak perlu terburu-buru bingung. Sebab pengerjaan soal semacam ini sama saja dengan persentase dengan bilangan bulat. Cara yang paling mudah mengubah persentase ini ke dalam bentuk desimal adalah dengan menggeser komanya saja. Penasaran seperti apa caranya? Berikut contoh soal dan pengerjaannya.

75,3% = …

Untuk mengubahnya ke dalam bentuk desimal kita perlu membaginya dengan 100. Atau dengan kata lain menggeser koma dua digit ke kiri. Jadi:

75,3% = 0,753

Apabila kita diminta untuk membulatkan menjadi dua digit di belakang koma, maka kita perlu membulatkannya ke angka terdekat. Contohnya 0,753 jika ditulis hanya dua angka di belakang koma menjadi 0,75 saja.



Perlu diingat, ketika kita mengubah persen ke desimal maka tanda persen harus dihilangkan dari angka desimal hasil perhitungan. Sebab nilai tersebut sudah dibagi 100 sehingga tidak perlu diberi tanda % (per seratus).

Di samping itu jangan terkecoh dengan soal yang terlihat sulit. Dalam mengerjakan soal semacam ini kuncinya kita hanya perlu menggeser koma dua angka ke kiri. Apabila tidak ada angka, maka kita isi dengan 0. Contohnya 3% itu sama dengan 0,03. Sampai di sini sudah paham kan? Sekarang kita coba mengerjakan soal latihan di bawah ini.

Baca juga: Cara Menghitung Persen

Contoh Soal

Soal 1

25% = ….



Leave a Comment