Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Perkalian Bentuk Aljabar Kelas 8 SMP


Soal Perkalian Bentuk Aljabar  – Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai pembagian pada bentuk aljabar. Melanjutkan materi tersebut, kali ini akan dibahas mengenai bentuk operasi perhitungan yang lainnya yaitu perkalian pada bentuk aljabar.



Rumus perkalian aljabar pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan perkalian dalam operasi hitung perkalian bilangan bulat. Jika sudah mengetahui bagaimana prinsip perkalian bilangan, maka untuk mempelajari materi perkalian bentuk aljabar tidak akan sulit, karena memang tinggal mengaplikasinnya dalam bentuk aljabar.

Perkalian Bentuk Aljabar

Pembahsan mengenai materi perkalian bentuk aljabar ini akan kita mulai dengan dua cerita. Cerita pertama, Fikri memiliki 4 buku dan Tyas mempunyai 6 buku. Pada cerita ini, bagaimanakah bentuk matematika dari jumlah buku tersebut? Jawabannya sangat mudah, bentuk matematis dari jumlah bukunya adalah 4 + 6. Cerita pertama ini hanyalah sebagai cerita pengantar, karena yang paling penting adalah cerita kedua.

Baca Juga: Menyederhanakan Bentuk Aljabar Kelas 8 SMP

Dalam cerita yang kedua, pak Tono membawa dua kardus yang penuh dengan snack. Anaknya yang masih kecil membawa satu kardus penuh dengan buku ditambah tujuh buku di tangan karena kardusnya sudah penuh. Masih belum diketahui satu kardus itu ada berapa buku. Bagaimanakah bentuk matematis dari jumlah kardus?

Disinilah ilmu aljabar sangat dibutuhkan, meskipun masih belum diketahui jumlah buku dalam satu kardus namun bisa dibuat pemisalan jumlah satu kardus adalah x. Kita tidak tahu apakah jumlah buku dalam satu kardus tersebut sebanyak 10, 50 atau bahkan 100, pada intinya jumlahnya dianggap sebanyak x.

Jadi bisa bentuk matematika dari jumlah buku tersebut bisa dituliskan sebagai berikut:

(Milik Pak Tono) + (Milik Anaknya)

2x +1x +7

Atau 2x +x +7 (karena “1x”  cukup ditulis “x” saja)

Dengan cara seperti di atas, silahkan Anda buat bentuk aljabar dari cerita berikut ini:

  1. Pandu membawa satu kantung mangga dan satu mangga dibawa ditangan. Bagaimanakah bentuk matematis dari jumlah mangga?
  2. Yogi membawa dua kardus buku dan satu buku di letakkan di atas kepala. Sedangkan temannya Silvi membawa satu kardus buku dan 10 buku di atas kepala. Bagaimanakah bentuk aljabar dari jumlah buku tersebut?
  3. Oky membawa empat kotak yang penuh dengan bola. Temannya yang bernama Hari membawa tiga buah bola. Bagaimanakah bentuk aljabar untuk jumlah bola?
  4. Suatu hari, Andre membawa dua karung kecil dan satu karung besar yang dimana keduanya berisi beberapa sepatu. Sedangkan temannya Hilmi membawa satu karung kecil berisi sendal dan dua buah sepatu. Bagaimanakah bentuk aljabar untuk jumlah sepatu?
  5. Pak Abi memiliki lahan berbentuk persegi panjang dengan lebar mencapai 7. Apabila ukuran panjangnya x lebih panjang dibanding lebarnya maka bagaimanakah bentuk aljabar untuk kelilingnya?

Baca Juga: Penjumlahan dan Pengurangan Aljabar Kelas 8

Berikut ini adalah jawaban dari beberapa pertanyaan di atas:

  1. Apabila jumlah mangga dalam satu kantung = x, maka x + 1
  2. Apabila jumlah buku dalam satu kardus x, maka 2x +1 +x +10
  3. Apabila jumlah bola dalam kotak = x, maka 4x +3
  4. Apabila jumlah sendal dalam karung kecil adalah sebanyak x dan jumlah sendal dalam karung besar sebanyak y, maka 2x +y +2
  5. Apabila lebar lahan lebih panjang x lebar dari lebarnya dengan lebar 7, maka kelilingnya yaitu p + l + p + l = 7x +7 +7x +7

Contoh Perkalian Bentuk Aljabar

Secara umum, bentuk-bentuk soal perkalian aljabar tidak jauh-jauh dari :