Belajar Perkalian 1 Sampai 100 Dengan Mudah


Belajar Perkalian 1 Sampai 100 – Dalam matematika, kita belajar aritmatika. Di mana penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Untuk penjumlahan dan pengurangan harus bisa menghafal dan lancar.



Perkalian menjadi bagian dari operasi aritmatika matematika yang diwakili oleh simbol silang atau huruf serupa “x”. Perkalian juga bisa disebut menghitung benda-benda yang disusun dalam persegi panjang. Contoh: 2 x 7 = 14, operasi dibaca tujuh dua kali, atau angka 7 dikalikan 2 atau penambahan berulang berarti 7 + 7 = 14.

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Manusia

Baca Juga: Rantai Makanan di Sawah, Gambar, dan Contohnya

Baca Juga: Rumus Periode Getaran dan Frekuensi Getaran

Pada pembahasan kali ini akan diuraikan mengenai perkalian 1 sampai 100 yang merupakan dasar perkalian dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut pembahasannya.



Konsep Perkalian 

Perkalian menjadi salah satu operasi hitung matematika yang berhubungan dengan aritmatika. Pada aritmatika sendiri akan dibahas mengenai dasar-dasar operasi hitung, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Materi-materi menjadi pokok bahasan utama dalam matematika karena perannya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Perkalian sangat berhubungan denan penjumlahan karena perkalian adalah penjumlahan secara berulang. Secara umum, simbol pada operasi perkalian adalah “x” dan dapat kalian sebut dengan istilah cross sign. Selain simbol “x” kalian juga dapat menggunakan simbol tanda “.” untuk mempermudah penulisannya.

Jadi, pada dasarnya perkalian adalah operasi matematika penskalaan satu angka dengan angka lainnya. Operasi ini adalah salah satu dari empat operasi aritmatika dasar dasar seperti penambahan, pengurangan dan pembagian.

Perkalian di sekolah-sekolah pastinya diajarkan, terutama di Sekolah Dasar pasti diajarkan. Materi pelajaran matematika yang pertama kali diajarkan pastinya materi berhitung, seperti penjumlahan, pembagian, pengurangan, hingga perkalian.



Perkenalan Perkalian 1 –100

Sebelum menjelaskan lebih dalam mengenai perkalian, tentunya anak harus dikenalkan terlebih dahulu mengenai angka-angka. Dalam hal ini, anak harus mengetahui angka-angka dasar seperti 1 – 10 yang dapat ia temukan di mana saja. Mulai dari perkalian 0 dan 1 karena anak mungkin akan senang dan percaya diri untuk menguasai angka-angka tersebut. Lalu, berikan anak beberapa waktu untuk latihan. Setelah itu, Mama bisa meningkatkan level lainnya satu kali setiap kali secara bertahap. Misalnya, melanjutkan perkalian 2–5 dan 6–10 dan intinya selalu berikan anak waktu untuk berlatih, baik secara lisan maupun tertulis.

Baca Juga: Satuan Jumlah untuk Menghitung Kuantitas Barang

Baca Juga: Tata Cara dan Niat Puasa Weton

Baca Juga: Cara Membuat R Tabel Product Moment

Namun, setiap anak belum tentu dapat mencerna hal-hal abstrak seperti angka yang tidak dapat ia pegang. Dengan begitu, anak perlu diperkenalkan lebih dalam untuk menulis angka-angka sehingga nantinya tidak asing. Hal ini nantinya akan mempermudah anak dalam perkenalan mengenai operasi hitung dasar yang salah satunya adalah perkalian.





Leave a Comment