Cara Menghitung Gaji Karyawan Dengan Tepat


Perhitungan Gaji – Kali ini kita akan membahas mengenai cara menghitung gaji pegawai atau karyawan berdasarkan hari kerja dengan memakai rumus excel date & time NETWORKDAYS.



Ini merupakan rumus yang sering digunakan untuk menghitung jumlah hari kerja dengan ketentuan 5 hari kerja selama satu pekan dan apabila ada tambahan libur lain apabila bertepatan dengan libur nasional.

Rumus Excel NETWORKDAYS komputer dapat menentukan tanggal dihari sabtu dan minggu dengan otomatis dan dengan begitu kita bisa menghitung hari kerja secara dengan lebih cepat dan mudah tanpa ribet.

Memang bagi karyawan mengetahui gaji merupakan hal yang harus dilakukan karena tidak hanya sekedar memperoleh upah saja namun juga harus bisa menghitung gaji apa saja yang akan diterima mulai dari gaji pokok, tunjangan, lembur dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Menghitung Pesangon

Di Indonesia ada beberapa jenis gaji yang biasa dikenal oleh masyarakat diantaranya :

• Gaji Pokok
Gaji pokok merupakan gaji dasar yang ditentukan sesuai dengan posisi atau tugas pekerjaan yang di emban.



• Tunjangan
Tunjangan merupakan pelengkap dari gaji pokok. Tunjangan sebenarnya lebih dikenal sebagai gaji sosial dan juga insentif dengan besaran yang berbeda-beda tergantung jenis pekerjaan apa yang anda lakukan.

• Potongan
Potongan adalah pengurangan gaji pokok dari perusahaan kepada karyawan atau pekerja akibat kesalahan yang sudah dilakukan.

• Uang Lembur
Uang lebih bisa dikatakan adalah uang tambahan yang diperoleh setelah gaji pokok sebagai hadiah ataupun intensif karena masih bekerja melewati batas jam kerja yang ditentukan.

Untuk bisa mengetahui cara menghitung lebih jelasnya bisa dilihat tabel dibawah ini :



 

Yang pertama kita hitung jumlah hari kerja lebih dulu berdasarkan tanggal mulai kerja setiap bulannya, silahkan lihat metode pengunaan dibawah ini.

Sytank penulisaan = NETWORKDAYS(start_date;end_date;holidays)

Keterangan :



start_date : Tanggal Mulai kerja

end_date : Taggal akhir kerja

holidays : untuk menambahkan hari libur diluar hari sabtu minggu (libur nasional setiap bulannya jika ada )

Pada cell E4 ketikan rumus = NETWORKDAYS(C4;D4;C11)

C4 : tanggal mulai kerja

D4 : tanggal akhir kerja

C11 : hari libur nasional conoth diatas 25/12/14 hari natal

Selanjutnya kita tambahkan simbol alamat cell absolute ($) pada cell hari libur $C$11 karena setiap karyawan libur pada tanggal merah supaya ketika kita drag rumusnya akan tetap.

Rumusnya menjadi = NETWORKDAYS(C4;D4;$C$11)

Kemudian untuk mempermudah pengerjaan rumus karyawan lain tinggal kita drag rumusnya.

Lalu masukan gaji perharinya masing-masing karyawan



Leave a Comment