Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Mengetahui Perbedaan Char Dan Varchar


char varchar 1

Sebenarnya VARCHAR ini sudah digantikan oleh VARCHAR2 oleh Oracle. Jika Anda amati, pada saat Anda mencoba membuat tipe data VARCHAR, maka Oracle akan mengubahnya secara otomatis menjadi VARCHAR2. Akan tetapi tidak perlu bingung, sebab keduanya mempunyai fungsi yang sama saja. Yakni untuk menyimpan data-data dengan tipe alfanumerik sesuai panjang data yang ditetapkan.

Bentuk penulisan dasar data string ini adalah:



VARCHAR (M) [BINARY]

Ukuran dari tipe data ini adalah L+1 byte dengan L<=M dan 1<=M<=255. Panjang data ini bisa bervariasi. Apabila nilai M adalah 20, sementara data yang disimpan hanya sebanyak 10 karakter saja, maka lebar data tersebut juga hanya 10 karakter saja dan tidak ada tambahan spasi seperti pada CHAR.

Perbedaan CHAR dan VARCHAR

Berdasarkan penjelasan di atas sudah dapat diketahui apa perbedaan kedua tipe data tersebut. Tipe CHAR mempunyai panjang nilai yang bersifat tetap. Artinya saat panjang data ditetapkan sebanyak 10 karakter, maka yang disimpan nantinya tetap 10 karakter meskipun yang dimasukkan hanya 5 karakter.

Berbeda dengan VARCHAR yang sifatnya tidak tetap. Jika panjang data yang ditetapkan adalah 10 karakter, maka saat pengguna memasukkan 5 karakter yang tersimpan juga hanya sebanyak 5 karakter saja.

Selain itu tipe data CHAR umumnya dipakai untuk field-field yang panjang nilainya bersifat tetap. Contohnya bisa jenis kelamin, kode barang, nomor induk kependudukan, dan lain sebagainya.

Lalu untuk tipe data VARCHAR lebih sesuai dipakai untuk nilai data atau field yang panjangnya tidak selalu sama. Contohnya adalah nama, alamat, hobi, dan lain sebagainya.