Ketuk (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

Di CARAHARIAN

×

Mengetahui Perbedaan Char Dan Varchar


char varchar 1

Misalnya jika Anda mengalokasikan panjang CHAR (5) dengan nilai lima, maka MySQL akan menyesuaikannya dengan menetapkan alokasi dengan jumlah lima karakter.

Seperti yang sudah disinggung di atas, tipe data CHAR bisa menampung karakter huruf maupun angka. Akan tetapi jika dipakai untuk menyimpan data yang bermacam-macam seperti nama, alamat, dan informasi lainnya maka akan banyak kapasitas memori yang terpakai. Maka dari itu CHAR lebih cocok dipakai untuk menyimpan data dengan nilai tetap, seperti jenis kelamin, status pernikahan, dan lain-lain.



Untuk diketahui, bentuk dasar penulisan tipe data ini adalah:

CHAR(M) [BINARY]

Sebagai informasi, CHAR(1) hanya ditulis CHAR saja, dengan aturan 1<=M<=255. Apabila terdapat sisa maka sisa tersebut diisi dengan spasi. Contohnya nilai M adalah 12, namun data yang disimpan hanya mempunyai karakter 8. Maka 4 karakter sisanya diisi dengan spasi.

Spasi tersebut akan dihilangkan jika data dipanggil. Di samping itu nilai dari CHAR akan diurutkan dan dibandingkan dengan metode case-insensitive berdasarkan default character set yang tersedia. Kecuali jika atribut BINARY juga diikutkan.

Tipe Data String VARCHAR

Jika ingin menampung data yang panjangnya tidak tetap, maka akan lebih tepat jika menggunakan tipe data VARCHAR. Dengan menggunakan VARCHAR maka MySQL akan mengalokasikan data berdasarkan input yang diisikan oleh pengguna.

Contohnya Anda menentukan panjang data 20 karakter. Seandainya pengguna hanya mengisi sebanyak 10 karakter saja, maka data yang disimpan dalam database juga sebatas 10 karakter walaupun sudah ditetapkan sebelumnya sebanyak 20 karakter.