Jika Tautan Rusak atau Halaman Error,

Hubungi Halaman "Kontak Admin"

×

Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Kelas 8


ab + ac = a (b + c) sehingga a disebut faktor persekutuan.

Intinya, sifat aljabar akan memberikan sebuah penyederhanaan pada operasi matematika. Misalnya, ketika kita mengunjungi restoran bersama teman-teman tentunya akan memilih berbagai macam menu atau jenis makanan. Kita dapat mengategorikan makanan tersebut seperti burger (b), kentang (k), sandwich (s), dan minuman (m).



Ingat, jika ada beberapa jenis makanan yang sama akan mempermudah kita mengelompokkannya sehingga dapat disebut sebagai suku sejenis. Misalnya pesanan banyak dan sangat panjang apabila ditulis seperti b + s + s + b + k + m + m + k + b + s + m. Dengan begitu, kita dapat menulis aljabar dengan menyamakan sukunya menjadi b + b + b + s + s + s + k + k + m + m menjadi 3b + 3s + 2k +2m. Bagaimana, gampang bukan?

Baca juga: Contoh Soal Aljabar Kelas 7 SMP dan Jawaban

Contoh Operasi Aljabar

Operasi aljabar memiliki ruang yang sama dengan operasi bilangan, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Kali ini kita akan membahas operasi penjumlahan dan pengurangan terlebih dahulu sebagai berikut.

  1. Penjumlahan Aljabar

Ingat,  penjumlahan aljabar hanya diterapkan pada variabel sejenis.

Contoh 1:

Sederhanakanlah 3x +2y + 4x

Penyelesaian:

Hal pertama yang dilihat adalah variabelnya. Pada soal tersebut terdapat dua variabel, yaitu x dan y. Kemudian, kumpulkan suku-suku yang memiliki variabel sejenis seperti berikut.

3x +2y + 4x = (3x + 4x) + 2y

= 7x + 2y

Jadi, hasil sederhana dari 3x +2y + 4x adalah 7x + 2y.

  1. Pengurangan Aljabar

Syarat pengurangan pada aljabar sama dengan penjumlahan, yaitu hanya diterapkan pada variabel sejenis.

Contoh 2:

Tentukan hasil pengurangan dari 5x – 2x – y

Penyelesaian:

Sama seperti penjumlahan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah variabelnya dahulu. Cari suku-suku yang memiliki variabel sama lalu hitung hasilnya.