Penjumlahan Dan Pengurangan Bersusun Kelas 1 SD


Penjumlahan Dan Pengurangan Bersusun Kelas 1 SD – Pada artikel kali ini kita akan bahas lebih jauh mengenai penjumlahan dan pengurangan bersusun. Kalian tentu sudah tahu bahwa materi ini diajarkan di tingkat sekolah dasar kelas 1. Maka dari itu wawasan ini menjadi ilmu dasar yang wajib dipahami oleh semua orang.



Tujuan dari pelajaran ini tidak lain untuk mengetahui bagaimana cara mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan dengan cara bersusun. Di sisi lain metode ini juga terbagi menjadi beberapa macam yang pengerjaannya sedikit berbeda. Kita bahas selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Contoh Soal Jarak Dan Kecepatan Matematika SD

Sekilas tentang Penjumlahan dan Pengurangan

Sebelum masuk ke pembahasan cara pengerjaan, kita perlu mengetahui definisi dari penjumlahan dan pengurangan. Penjumlahan adalah cara menghitung dua bilangan atau lebih secara total. Atau juga diartikan sebagai operasi dasar aritmetika dalam penambahan sekelompok bilangan atau lebih. Penjumlahan dilambangkan dengan simbol plus atau “+”.

Sementara itu pengurangan merupakan operasi matematika dasar yang berguna untuk membuat sejumlah angka keluar dari kelompoknya. Berbeda dengan penjumlahan, lambang dari pengurangan adalah simbol minus atau “-”.

Penjumlahan Bilangan Bersusun

Sekarang kita bahas bagaimana cara melakukan penjumlahan bilangan bersusun. Perlu kalian ketahui bahwa dalam penjumlahan bilangan bersusun ini ada dua macam yang dapat kita pakai. Yaitu penjumlahan tanpa menyimpan dan penjumlahan 1x penyimpanan. Berikut penjelasan lebih lengkapnya mengenai masing-masing cara tersebut.



Baca juga: Contoh Soal Pembagian Bersusun Kelas 4 SD

Penjumlahan Tanpa Menyimpan

Sesuai dengan namanya, penjumlahan ini dilakukan tanpa menyimpan angka hasil penjumlahan angka sebelumnya. Tentu saja tidak semua penjumlahan bilangan bisa dilakukan dengan cara seperti ini. Contohnya bisa dilihat di bawah ini.

Contoh:

Pertandingan bola voli antar sekolah terjadi selama 2 hari. Pertandingan ini disaksikan oleh 510 orang di hari pertama. Kemudian ada lagi 420 orang yang menonton pertandingan di hari kedua. Tentukan jumlah penonton seluruhnya yang menonton pertandingan voli tadi?

Jawab.



Contoh soal penjumlahan bersusun ini dapat dilakukan dengan metode seperti berikut:

510

420  +

930

Penjumlahan 1x Penyimpanan

Berbeda dengan contoh di atas, pada penjumlahan bersusun ini kita perlu menyimpan angka hasil penjumlahan sebanyak 1 kali. Angka ini akan dijumlahkan pada penjumlahan dua angka berikutnya. Contohnya adalah sebagai berikut.



Contoh:

Hasil sensus penduduk di desa Bagas Waras menunjukkan penduduk di kelurahan tersebut berjumlah 1.250 orang. Sedangkan penduduk di kelurahan Sehat Selalu berjumlah 1.175 orang. Hitunglah jumlah penduduk seluruhnya?

Jawab.

Contoh soal penjumlahan bilangan bersusun di atas dapat dicari menggunakan metode seperti di bawah ini:

   1

1.250

1.175  +

2.425



Leave a Comment